Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh
Ilustrasi Manfaat Kacang Merah. Foto: Ist/net

Manfaat kacang merah tak hanya lezat sebagai aneka masakan dan camilan, namun juga kandungan gizinya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kacang jenis ini merupakan salah satu bahan makanan yang sangat populer di kawasan Asia, khususnya Korea, China, hingga Jepang.

Kacang merah (Phaseolus vulgaris) merupakan keluarga tanaman semak merambat yang cocok berkembang di perbukitan yang dingin. Buahnya berbentuk polong dengan setiap polong umumnya terdapat 2-3 biji kacang yang berwarna merah hati.

Kacang yang banyak tumbuh di Himalaya dan sekitar Asia Timur ini juga terkenal dengan sebutan kacang azuki. Biji kacang ini biasanya untuk bahan pasta maupun sup, kari, sajian salad, hingga untuk topping es.

Bukan hanya dari rasa masakannya yang lezat, manfaat kacang merah juga dari kandungan nutrisinya yang sangat banyak dan bervariasi. Dalam secangkir kacang merah (256 gram) terkandung kalori yang cukup tinggi, yaitu 215 kalori.

Juga terdapat protein sebanyak 13,4 gram, serat (13,6 gram), vitamin B1 (20 persen), vitamin C, vitamin K, vitamin B6, zat besi (17 persen), mangan (22 persen), dan asam folat (23 persen).

Kacang merah juga mengandung lemak tak jenuh, kalsium, kalium, tembaga, dan lainnya. Kacang jenis ini juga banyak mengandung fitokimia yang sangat berfaedah untuk tubuh.

Segudang Manfaat Kacang Merah

Kacang merah termasuk jenis kacang-kacangan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Berikut ini segudang manfaat kacang merah untuk kesehatan maupun perawatan kecantikan tubuh.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Selain kandungan antioksidan, kacang merah juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena terdapat kandungan asam amino dasar yang berkhasiat dalam melindungi tubuh terhadap serangan penyakit.

Menangkal Radikal Bebas

Tubuh sangat rentan terhadap radikal bebas dari lingkungannya. Kacang merah banyak mengandung zat antioksidan dan antikanker yang sangat berguna untuk melindungi kesehatan tubuh.

Kandungan kacang merah juga mampu melakukan detoksifikasi terhadap radikal bebas dan zat pemicu kanker dari dalam tubuh. Karena itu penting sekali makan kacang satu ini secara rutin.

Kaya Protein

Manfaat kacang merah juga dari kandungan proteinnya yang tinggi. Makanan ini bisa menjadi makanan alternatif untuk menggantikan susu atau daging. Karena itulah makanan ini sering tersaji pada menu vegetarian karena nutrisinya yang lengkap.

Makanan Sumber Energi

Tingginya kandungan kalori dalam kacang merah menjadikannya makanan sumber energi yang baik untuk tubuh. Kandungan zat besi dan mangan juga berguna untuk memulihkan tenaga setelah berolahaga atau bekerja keras.

Menurunkan Gula Darah

Kacang merah kaya kandungan seratnya yang sangat berkhasiat untuk mengendalikan dan menurunkan kadar gula darah. Sebuah riset terhadap penderita diabetes tipe 2 yang mengonsumsi nasi dan kacang merah tidak menimbulkan lonjakan gula darah.

Baik untuk Penderita Diabetes

Kacang merah memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga sangat baik untuk penderita diabetes. Selain mampu menurunkan gula darah, kandungan senyawa polifenol berguna mencegah penyerapan gula sehingga baik untuk diabetes.

Menurunkan Berat Badan

Selain merupakan sumber energi, manfaat kacang merah juga sangat baik untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Hal ini karena kandungan kacang merah bisa menghambat kelenjar saliva, intraduodenal dan intraileal yang menghasilkan enzim alfa-amilase.

Hal ini pula yang akan menghalangi dan memperlambat penyerapan karbohidrat dari makanan. Anda yang menjalankan diet, sebaiknya memasukkan kacang merah dalam menu wajibnya.

Melancarkan Pencernaan

Mengonsumsi kacang merah secara berkala juga sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Kandungan serat dalam kacang merah cukup tinggi dan sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Mengobati Kanker

Manfaat kacang merah juga dari kandungan mangan dan vitamin K dalam makanan yang berkhasiat dalam mengurangi dan mencegah terjadinya kerusakan oksidatif pada DNA mitokondria.

Sebuah riset menemukan bahwa nutrisi dalam kacang merah juga mempunyai efek apoptosis dan antiproliferatif pada sel kanker. Karena itu sangat penting untuk mengonsumsi kacang merah secara rutin, khususnya penderita kanker.

Kandungan serat tak larut dalam kacang merah juga penting untuk proses fermentasi serat makanan dalam usus besar. Serat ini berguna menjaga bakteri baik dalam saluran pencernaan dan mencegah penyakit kanker usus besar.

Mencegah Osteoporosis

Manfaat kacang merah juga dapat meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang. Kandungan mangan dan kalsiumnya sangat baik untuk tulang sekaligus mencegah osteoporosis. Karena itu kacang ini perlu masuk menu gizi khususnya yang berusia lanjut.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan zinc atau seng dalam kacang merah berguna untuk meningkatkan kesehatan mata. Jenis kacang berwarna merah ini bahkan mampu mencegah katarak dan meningkatkan ketajaman mata.

Mengatasi Jerawat

Selain meningkatkan kesehatan kulit, kacang merah juga bisa menghilangkan jerawat. Kandungan zinc dan asam folat sangat penting dalam proses regenerasi sel-sel kulit. Anda bisa membuat masker dari kacang merah untuk mengatasi jerawat.

Membuat Kulit Sehat dan Awet Muda

Manfaat kacang merah juga karena kandungan fitokimia yang sangat baik sebagai antiaging untuk membuat kulit lebih cerah, lebih kencang, dan lebih sehat. Mengonsumsi kacang merah secara rutin dapat membuat kulit selalu tampak awet muda.

Mencerdaskan Otak dan Saraf

Kandungan vitamin K dalam kacang merah berguna sangat baik untuk menguatkan sel saraf dalam otak. Dalam proses sintesis sphingolipids membutuhkan vitamin K sebagai unsur utama membran myelin dari sel saraf.

Selain itu kacang merah juga mengandung thiamin dalam jumlah yang tidak sedikit. Sel otak sangat membutuhkan Thiamin untuk meningkatkan fungsi kognitif dan berguna untuk mencerdaskan otak.

Menurunkan Kolesterol

Manfaat kacang merah juga memiliki khasiat dalam menekan kadar kolesterol jahat (LDL). Kacang merah yang terfermentasi dalam kolon akan menghasilkan propionat dan asam butirat yang menurunkan kolesterol LDL dalam darah.

Mencegah Penyakit Jantung

Selain menurunkan kolesterol jahat, kandungan vitamin B9 atau asam folat juga berkhasiat dalam menekan risiko penyakit jantung. Hal ini karena bisa mencegah potensi peradangan pada dinding arteri yang memicu serangan jantung.

Mencegah Penyakit Rematik

Kandungan zat tembaga dalam kacang merah berguna untuk mencegah rematik atau peradangan pada rheumatoid arthritis. Mineral ini juga berguna untuk menjaga elastisitas persendian dan ligamen.

Itulah berbagai manfaat kacang merah yang sangat baik untuk kesehatan maupun kecantikan tubuh. Mengonsumsi kacang merah secara rutin dapat membantu melindungi tubuh dari serangan penyakit. (R11/HR-Online)

Loading...