Manfaat Mencuci Mobil Sendiri Dibanding Menggunakan Jasa Cuci

Manfaat Mencuci Mobil Sendiri Dibanding Menggunakan Jasa Cuci
Ilustrasi manfaat mencuci mobil. Foto ist/net

Manfaat cuci mobil cukup banyak bagi kendaraan. Perawatan pada kendaraan adalah hal utama untuk membuat semua komponen pada mobil bisa lebih awet.

Banyak alasan mengapa mobil perlu dicuci dengan rutin apalagi jika dalam kondisi hujan. Mobil menjadi alat transportasi yang tidak murah.

Jadi, tidak ada salahnya anda perlu melakukan perawatan yang tepat. Jaga kebersihan mobil, baik dari segi komponen terkecil hingga keseluruhan.

Setidaknya jika perawatan anda lakukan secara rutin, mobil akan lebih tahan lama dan bisa berfungsi secara maksimal. Mobil berjalan tanpa kenal lelah bahkan meski pemiliknya menggunakannya dalam waktu berhari-hari.

Alat transportasi ini juga sering melewati berbagai medan jalan. Biasanya dari yang terjal, kubahan air, becek, hingga kondisi hujan sekalipun.

Baca juga: Ingin Menjalankan Usaha Cuci Motor? Baca Ini Dulu!

Hal ini berarti kendaraan ini tidak bisa terlepas dari yang namanya kotoran atau debu di sekujur badan mobil. Itulah alasan manfaat mencuci mobil yang sering anda lakukan.

Manfaat Mencuci Mobil Sendiri di Rumah

Siapa yang tidak senang ketika melihat mobil dalam keadaan bersih dan kinclong? Apalagi saat ini mencuci mobil tidak perlu anda lakukan di rumah.

Bagi anda yang tidak memiliki waktu luang untuk membersihkannya, saat ini sudah banyak penyedia jasa cuci mobil. Saat ini sudah banyak ragam cara mencuci kendaraan pada pencucian umum.

Ada yang menggunakan mesin otomatis dan ada juga yang manual (menggunakan tenaga manusia). Cuci kendaraan dengan jasa pencucian umum memang membutuhkan biaya, namun manfaat mencuci mobil besar.

Dari segi tenaga memang tidak perlu susah payah membersihkan setiap bagiannya. Namun, jika anda memiliki waktu senggang, tidak ada salahnya mencuci mobil sendiri.

Terkadang tidak anda sadari jika mencuci mobil menggunakan jasa cuci bisa saja efek sampingnya cukup banyak. Berikut ini ada beberapa alasan mengapa lebih baik membersihkan mobil sendiri.

Anti Baret

Alat untuk membersihkan saat mencuci mobil otomatis menggunakan material yang halus. Sehingga tidak akan membuat cat mobil rusak.

Namun, nyatanya alat pembersih tersebut jika sering bekerja akan berakibat berbeda. Debu dan kotoran yang menempel pada alat pembersih berpotensi membuat cat baret halus.

Jika anda sering menggunakannya, kemungkinan besar baret tersebut bisa semakin terlihat jelas. Sedangkan jika menggunakan tenaga manusia atau manual, biasanya menggunakan spons dan satu ember.

Tekanan Sesuai

Jika anda memilih menggunakan jasa cuci, biasanya memberikan tekanan air yang extra kencang. Tujuan hal ini untuk merontokkan debu dan kotoran yang menempel.

Baca juga: Jasa Cuci Motor & Helm Peluang Usaha Menjanjikan

Padahal jika tekanan air terlalu kencang, justru dapat merusak cat bahkan mengelupas. Hal ini jika sering terjadi bisa-bisa bodi mobil penyok.

Manfaat mencuci mobil sendiri tekanan airnya pun bisa anda sesuaikan. Jika menggunakan kompresor, sebaiknya cek dulu tekanannya. Jangan terlalu kencang agar tidak merusak cat dan bodinya.

Sabun yang Sesuai

Saat mencuci mobil, tentunya anda tidak tahu apa merk dan jenis sabun yang biasa digunakan jasa cuci. Anda juga tidak tahu apakah pH-nya seimbang atau justru dapat melunturkan kilap warna mobil.

Sebenarnya sabun/shampo khusus untuk melindungi cat memiliki harga yang tinggi. Gunakan sabun/shampo khusus dengan tingkat pH mendekati 7 untuk manfaat mencuci mobil yang benar.

Anda juga bisa memanfaatkan cairan poles atau wax untuk membersihkan seluruh bagian mobil. Sehingga mencuci mobil sendiri bisa menjaga keamanan mulai dari alat yang anda gunakan.

Cara Cuci Mobil yang Benar

Saat anda menggunakan jasa cuci mobil, biasanya menggunakan hidrolik. Kendaraan akan bersih dari segala arah, termasuk bagian bawah yang paling kotor.

Baca juga: Penyebab Klakson Mobil Bunyi Terus, Segera Cabut Sekringnya

Sebenarnya cara mencuci mobil yang benar yaitu dari arah atas ke bawah. Tidak hanya itu saja, membersihkan mobil pada tiap bagian bisa menggunakan spon yang berbeda.

Hal ini untuk memastikan kotoran tidak tersebar seluruh bodi. Sehingga tidak perlu membersihkan secara berulang-ulang. Kotoran bisa bersih secara sempurna.

Membersihkan mobil dari komponen satu dengan yang lain bisa lebih detail dan tentunya bersihnya merata. Sehingga komponen sekecil apapun bisa anda bersihkan dengan baik.

Mencuci mobil memang tidak bisa anda lakukan dengan sembarangan. Sebaiknya lakukan sendiri dengan lebih teliti agar manfaat mencuci mobil bisa benar-benar anda dapatkan. (R10/HR-Online)