Manfaat Rebusan Daun Suji untuk Kesehatan, Atasi Stroke Hingga Sipilis

Manfaat rebusan daun suji untuk kesehatan. Foto: Ilustrasi/Net.
Manfaat rebusan daun suji untuk kesehatan. Foto: Ilustrasi/Net.

Manfaat rebusan daun suji untuk kesehatan tubuh bisa Anda dapatkan jika mengolahnya dengan benar. Daun suji bisa menjadi obat herbal alami untuk membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Banyak yang beranggapan bahwa daun suji adalah daun pandan wangi. Jika melihat dari bentuknya memang keduanya hampir sama. Tapi sebenarnya ada beberapa perbedaan.

Daun suji punya karakteristik berbeda dengan daun pandan. Selain ukuran daunnya lebih pendek, daun suji juga memiliki tekstur yang agak tajam karena sedikit bergerigi.

Merangkum dari berbagai sumber, Sabtu (05/09/2020), banyaknya nutrisi yang terkandung dalam daun tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh. Seperti polifenol, tannin, saponin, alkaloid, flavonoid, dan lainnya.

Tingginya kandungan nutrisi sehingga manfaatnya tak diragukan lagi. Berikut ini sederet manfaat dari rebusan daun suji untuk kesehatan.

Sederet Manfaat Rebusan Daun Suji

Baca Juga : Mengonsumsi Telur Rebus Ternyata Banyak Manfaatnya bagi Kesehatan

Membantu Mengobati Stroke

Penyebab seseorang terkenastroke akibat tekanan darah tinggi, atau bisa juga tingginya kadar kolesterol. Penyakit tersebut bisa membuat penderitanya mengalami kelumpuhan.

Guna membantu mengatasi masalah tersebut, rebus daun saji dan minum air rebusannya sebanyak 2 kali dalam sehari. Cara ini bisa membantu memfungsikan kembali anggota tubuh yang lumpuh, seklaligus mempercepat dalam proses penyembuhannya.

Menurunkan Kolesterol

Manfaat rebusan daun suji berikutnya yaitu untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi dalam darah yang menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit berbahaya. Seperti penyakit jantung dan stroke.

Penyebab kolesterol tinggi biasanya akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jahat tinggi.

Tapi, Anda tak perlu khawatir lantaran semua masalah tersebut dapat teratasi dengan memanfaatkan rebusan daun suji. Zat saponin yang terkandung dalam daun suji mampu menurunkan tingginya kadar kolesterol dalam darah.

Menurunkan Gula Darah

Rebusan daun suji juga bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar gula darah tinggi yang bisa menyebabkan munculnya penyakit berbahaya, dalam hal ini diabetes.

Namun, masalah tersebut bisa Anda cegah dengan rajin mengonsumsi air rebusan daun suji. Ramuan tradisional ini berfungsi untuk membantu menstabilkan kadar gula darah.

Agar bisa mendapatkan hasil secara maksimal, konsumsi air rebusan daun suji sedikitnya dua kali sehari. Minum saat pagi dan malam hari.

Membantu Redakan Batuk

Manfaat rebusan daun suji yang selanjutnya adalah membantu mengobati penyakit batuk, baik batuk berdahak maupun batuk kering. Untuk mendapatkan manfaatnya sangat mudah. Caranya, rebus daun suji, lalu minum airnya.

Pengobatan alami ini bisa lebih efektif jika Anda mengonsumsi air rebusan daun tersebut saat pagi hari, kemudian minum lagi menjelang tidur.

Dengan rutin mengonsumsi air rebusan daun suji secara teratur, maka cara pengobatan alami ini bisa bekerja maksimal ketika tubuh Anda sedang beristirahat.

Baca Juga : Manfaat Air Rebusan Kulit Pisang untuk Kesehatan, Salah Satunya Cegah Kanker

Mengobati Sipilis

Rebusan daun suji juga bermanfaat untuk membantu mengobati sipilis. Penderita penyakit ini akan mengeluarkan cairan nanah ketika buang air kecil.

Adapun yang menjadi penyebab munculnya penyakit sipilis yaitu adanya virus atau bakteri yang menyebar akibat melakukan hubungan badan yang berisiko atau tidak aman.

Daun suji bisa membantu mengobati masalah tersebut. Caranya, rebus daun suji, lalu minum air rebusannya secara rutin satu hingga dua gelas sehari. Pengobatan tradisonal ini dapat membantu menghentikan nanah yang keluar pada saat buang air kecil.

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat rebusan daun suji juga bisa Anda rasakan jika punya masalah dengan kesehatan kulit. Kandungan flavonoid dan polifenol dalam daun tersebut berfungsi mengontrol dan melembapkan kadar minyak yang ada pada kulit wajah.

Untuk menjaga kesehatan kulit, gunakan daun suji ini sebagai lulur atau masker. Caranya, tumbuk daun suji sampai halus hingga bubuk. Lalu, oleskan pada bagian wajah atau kulit lainnya.

Cara ini untuk membantu mengembalikan sekaligus menjaga kesehatan kulit dari paparan sinar UV atau matahari secara langsung.

Mengobati Leukemia

Leukemia atau kanker darah putih menyerang bagian sumsum tulang. Penyakit ini sangat berbahaya, karena sumsum tulang berfungsi untuk memproduksi sel darah merah.

Daun suji ternyata mampu membantu mengobati penyakit tersebut. Caranya juga tidak sulit, Anda cukup mengonsumsi air rebusannya secara rutin.

Mengobati Disentri

Manfaat rebusan daun suji berikutnya yaitu untuk membantu mengobati disentri. Kandungan saponim yang ada dalam daun tersebut sangat baik untuk pencernaan.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, Anda cukup mengonsumsi rebusan air daun suji satu atau dua gelas sehari pada pagi dan malam menjelang tidur.

Mengobati Sakit Gigi

Rebusan daun suji juga bisa membantu mengobati sakit gigi. Banyak faktor yang menjadi penyebab sakit gigi, seperti gigi keropos, berlubang, atau akibat infeksi bakteri pada mulut.

Untuk mengobatinya, Anda bisa memanfaatkan rebusan air daun suji untuk obat kumur. Atau bisa juga dengan cara menumbuknya, kemudian campurkan hasil tumbukan daun tersebut dengan air.

Gunakan air dari tumbukan daun suji minimalnya tiga kali sehari, maka sakit sakit gigi yang Anda rasakan akan segera mereda. Cara ini juga akan mempercepat dalam proses penyembuhannya.

Melancarkan Aliran Darah

Manfaat utama daun suji salah satunya untuk membantu memperlancar aliran darah. Kandungan spolifenol dalam daun suji mampu melebarkan pembuluh darah.

Dengan begitu, maka peredaran darah pun menjadi lancar. Jika aliran darah dalam tubuh berjalan lancar, secara otomatis tubuh Anda pun akan terasa sehat, segar dan bugar.

Baik untuk Jantung

Manfaat rebusan daun suji untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, bahwa daun suji bisa melancarkan aliran darah. Hal ini tentunya berdampak terhadap kesehatan jantung.

Selain itu, mengonsumsi air dari hasil rebusan daun suji setelah operasi jantung juga bisa membantu mempercepat proses memulihkan kondisi badan seperti sebelum operasi.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Jika Anda punya masalah pencernaan, misalnya sembelit, manfaatkan daun suji ini sebagai obat alternatif untuk mengatasinya. Karena, tannin yang terkandung dalam daun suji berfungsi untuk melancarkan sekaligus mengatasi masalah penyakit pencernaan.

Meredakan Sakit Perut

Manfaat rebusan daun suji yang selanjutnya yaitu dapat membantu mengobati sakit perut akibat masuk angin, atau perut kembung. Untuk mengatasi masalah tersebut, konsumsi air rebusannya sebanyak satu atau dua kali sehari.

Mengobati Penyakit Beri-beri

Beri-beri adalah penyakit yang muncul akibat kekurangan vitamin B yang berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh. Daun suji mengandung saponin yang dapat membantu mengobati penyakit beri-beri.

Cara mengobatinya juga sangat simpel, Anda cukup merebus daun suji. Kemudian, minum air rebusannya secara rutin setiap hari.

Baca Juga : Manfaat Air Rebusan Jagung, Turunkan Kolesterol Hingga Darah Tinggi

Sebagai Penawar Racun

Daun suji ternyata berfungsi juga sebagai penawar racun yang ada dalam tubuh. Hal itu berkat alkaloid yang terkandung dalam daun suji yang mana kandungan alkaloid berfungsi menangkal racun.

Dengan begitu, daun suji sangat efektif membantu mengobati berbagai masalah keracunan, baik keracuanan  makanan mapun akibat keracunan lainnya.

Menangkal Radikal Bebas

Manfaat rebusan daun suji selain sebagai penawar racun, juga sebagai penangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit. Dari penyakit ringan hingga penyakit yang berbahaya seperti kanker.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup mengonsumsi rebusan air dari daun suji yang berfungsi untuk menetralisir dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Mencegah Kerusakan Sel Tubuh

Daun suji mampu membantu mencegah terjadinya kerusakan sel pada tubuh manusia. Penyebabnya bisa berbagai fator, seperti pola hidup tak sehat, serta radikal bebas.

Kandungan polifenol dan flavonois dalam daun suji bermanfaat membantu mencegah terjadinya kerusakan sel, sekaligus juga membantu memperbaikinya.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Air rebusan daun suji juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga bisa terhindar dari serangan berbagai macam penyakit.

Cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh menggunakan daun suji sangat mudah. Anda cukup rutin mengonsumsi air rebusannya satu sampai dua kali sehari.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Daun suji juga bermanfaat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya sangat mudah, cukup minum air seduhan atau rebusan daun suji ini minimalnya sekali dalam sehari. Namun, jika tekanan darahnya sudah normal lagi, sebaiknya Anda kurangi mengonsumsinya. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...