Manfaat Sehat Bunga Kenanga, Bisa Atasi Hipertensi Hingga Stres

Manfaat sehat bunga kenanga, mulai dari mengatasi masalah kecemasan hingga hipertensi. Foto: Net/Ist.
Manfaat sehat bunga kenanga, mulai dari mengatasi masalah kecemasan hingga hipertensi. Foto: Net/Ist.

Manfaat sehat bunga kenanga, mulai dari mengatasi masalah kecemasan hingga hipertensi. Mungkin belum banyak yang tahu kalau bunga kenanga memiliki sejumlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Bunga kenanga cananga odorata bisa dengan mudah kita dapatkan, karena Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan kesuburan tanahnya. Termasuk untuk tanaman jenis bunga kenanga ini.

Bunga tersebut memiliki warna hijau kekuningan dengan aroma wangi yang khas. Bahkan, bunga kenanga juga identik dengan pemakaman atau kematian.

Tanaman ini terkenal dengan nama ylang ylang. Selain Indonesia, bunga kenanga juga tumbuh subur di sejumlah negera Asia lainnya, seperti Filipina, Malaysia, Madagaskar, Polinesia, serta Kepulauan Komoros.

Manfaat sehat bunga kenanga juga bisa Anda dapatkan melalui hasil penyulingan, yang kemudian menjadi minyak esensial untuk aromaterapi. Dua produknya yakni cananga oil dan ylang ylang oil, masing-masing memiliki ketajaman aroma yang berbeda.

Minyak dari bunga kenanga juga sering menjadi bahan campuran untuk pembuatan parfum. Seperti halnya parfum legendaris, yakni Chanel nomor 5 yang menggunakan ekstrak bunga kenanga sebagai campurannya.

Mungkin belum banyak orang yang tahu kalau bunga kenanga ini memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan. Manfaat bunga kenanga juga sudah terbukti melalui beberapa penelitian.

Anda juga bisa membeli bunga ylang ylang secara online, baik dalam bentuk kering atau yang sudah berupa minyak atsiri.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini ulasan lengkapnya mengenai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari bunga kenanga atau ylang ylang.

Baca Juga : Penderita Hipertensi Boleh Makan Daging Kambing, Ini Penjelasan Dokter

6 Manfaat Sehat Bunga Kenanga untuk Kesehatan

Mengatasi Gangguan Kecemasan

Sebuah penelitian telah membuktikan bunga kenanga mampu mengatasi gangguan kecemasan serta meningkatkan tingkat kepercayaan diri seseorang.

Anda dapat merasakan manfaatnya setelah menghirup atau mengoleskan minyak atsiri yang terbuat dari bunga kenanga ke kulit.

Sebuah riset lainnya juga telah membuktikan kalau bunga kenanga dapat meningkatkan mood atau suasana hati. Tapi sayangnya, manfaat yang satu ini belum dapat terbukti nyata secara ilmiah.

Meredakan Stres

Manfaat sehat bunga kenanga berikutnya yaitu dapat meredakan stres akibat rutinitas pekerjaan. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup menghirup aroma minyak atsiri dari bunga kenanga.

Menurut Phytotherapy Research, mengoleskan minyak essential bunga ylang-ylang pada kulit, atau bisa juga dengan cara menghirupnya bisa meredakan stres.

Baca Juga : Ritual Mandi Kembang Berkhasiat Bikin Awet Muda

Menenangkan Pikiran

Bunga kenanga juga bermanfaat untuk menangkan fikiran. Dalam International Journal of Neuroscience menyebutkan, khasiat tersebut sudah berdasarkan hasil sebuah penelitian.

Untuk bisa merasakan khasiat tersebut caranya sangat mudah, Anda juga cukup menghirup aroma dari minyak atsirinya.

Mengatasi Hipertensi

Manfaat sehat bunga kenanga selanjutnya yaitu bisa mengatasi hipertensi. Selain itu, bunga tersebut juga memiliki khasiat baik untuk kesehatan fisik secara menyeluruh. Termasuk meningkatkan kesehatan mental.

Kemampuan dari bunga ylang ylang dalam menurunkan hipertensi ini telah terbukti, dan sudah terekspose dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine.

Dalam penelitian tersebut, sebanyak 83 pasien penderita hipertensi menghirup berbagai jenis minyak atsiri. Salah satunya ylang ylang oil.

Hasilnya, hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi turun, serta hormon kortisol (stres) bisa berkurang. Tetapi, para peneliti pun masih belum meyakini akan kemampuan minyak tersebut dalam mengatasi hipertensi.

Menurut para peneliti, mereka belum menyakini kemampuannya jika tidak mencampurnya dengan minyak atsiri yang lain.

Baca Juga : Manfaat Bunga Wijaya Kusuma di Balik Mitos dan Keunikannya

Mengobati Infeksi Jamur

Untuk mengatasi masalah infeksi jamur, oleskan bunga kenanga pada bagian kulit yang berjamur, khususnya candida albicans.

Karena bunga kenanga ini mengandung linalool, yakni senyawa yang punya efek anti-jamur, anti-inflamasi, dan anti-bakteri. Sebuah penelitian juga sudah membuktikan manfaat bunga kenanga mampu mengatasi infeksi jamur.

Mengatasi Kulit Kepala Kering

Tahukah Anda bahwa minyak atsiri dari bunga kenanga juga bisa mengatasi masalah kulit kepala yang kering. Khasiat ini telah terbukti melalui penelitian dan sudah tersekspose melalui Indian Journal of Dermatology.

Bunga kenanga mampu merangsang untuk memproduksi sebum. Caranya, campurkan minyak atsiri dari bunga kenanga sebanyak lima tetes dengan minyak zaitun hangat atau almond sebanyak dua sendok teh.

Setelah itu, oleskan campuran minyak tersebut ke bagian kulit kepala yang kering. Jangan lupa tutup kepala Anda menggunakan handuk, dan biarkan selama 30 menit. Lalu bilas pakai air hingga bersih.

Itulah sederat manfaat sehat bunga kenanga untuk kesehatan. Meski begitu, tidak semua manfaat tersebut sudah terbukti secara ilmiah oleh penelitian. Karena, sebagian manfaat dari bunga tersebut adalah keyakinan masyarakat. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...