Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya
Ilustrasi manfaat teh hijau. Foto: Ist/net

Banyak orang mengenal manfaat teh hijau untuk kesehatan utamanya untuk diet menurunkan berat badan. Padahal, khasiat teh hijau untuk kesehatan juga sangat banyak. Namun di balik keistimewaan teh hijau ini ternyata terdapat efek sampingnya.

Minuman teh merupakan jenis minuman paling populer di dunia. Minuman ini juga telah menjadi konsumsi sejak jaman kuno. Bahkan sejumlah negara menjadikannya tradisi yang terpelihara hingga kini. Namun ada dua jenis teh yang paling terkenal, yaitu teh hitam dan teh hijau.

Namun tahukah Anda apa perbedaan kedua jenis minuman ini? Teh hijau maupun teh hitam sama-sama merupakan jenis minuman yang terbuat dari daun tanaman teh (Camellia sinensis).

Yang membedakan kedua jenis minuman teh ini adalah pada proses pembuatannya. Jika pengolahan teh hitam dengan proses pengeringan dan fermentasi, namun tidak demikian dengan teh hijau.

Proses pembuatan dan pengolahannya yang berbeda inilah yang menyebabkan hasilnya juga berlainan. Baik menyangkut aroma, cita rasa, maupun kandungan nutrisinya. Bahkan waktu untuk menikmatinya juga bisa berlainan.

Dibandingkan teh hitam, ada banyak keunggulan dan manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh. Antara lain teh hijau lebih rendah kandungan kafein dan kadar fluoride-nya ketimbang teh hitam.

Teh hijau juga mengandung beragan nutrisi penting lainnya. Seperti asam folat, vitamin B, C, K, kalsium, magnesium, flour, natrium, kalium, seng, dan mangan. Teh hijau juga rendah kafein, namun tinggi antioksidan dari jenis polifenol.

Yang menarik, dalam teh hijau terkandung senyawa katekin yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Katekin yang tersedia dalam bentuk molekul epigallocatechin-3-gallate (EGCG) ini efektif mencegah kerusakan oksidatif pada sel-sel tubuh sehingga mencegah tumor.

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Minum tak hanya nikmat namun juga menyegarkan. Ada berbagai manfaat teh hijau untuk kesehatan, diet, atau perawatan rambut. Berikut ini berbagai khasiat lainnya minum teh jenis ini yang sebaiknya Anda tahu.

Mengatasi Kanker

Senyawa polifenol yang terdapat dalam teh hijau bersifat antioksidan yang efektif untuk menangkal radikal bebas dan benda asing yang memicu kanker. Bahkan polifenol ampuh dalam mengatasi kanker ovarium dan kanker endometrium.

Mengontrol Tekanan Darah          

Minum teh hijau juga baik untuk mengontrol tekanan darah. Hal ini karena kandungan fitokimia dalam daun tanaman ini mampu menurunkan tekanan darah dan mengatasi hipertensi.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat teh hijau juga baik untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Kandungannya mampu merangsang kinerja insulin sehingga baik untuk menurunkan naiknya kadar gula darah dan mencegah penyakit diabetes.

Melancarkan Pencernaan

Seperti halnya teh hitam, minum teh hijau juga efektif untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti diare atau sembelit. Hal ini karena kandungan kafeinnya yang berkhasiat dalam melancarkan sistem pencernaan.

Menangkal Serangan Flu

Manfaat teh hijau juga baik karena kandungan vitamin C yang berkhasiat dalam menguatkan sistem imunitas tubuh. Saat Anda merasakan tanda adanya serangan flu, segera minum teh hijau hangat.

Menurunkan Kolesterol

Teh hijau yang kaya dengan kandungan polifenol sangat baik untuk menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol. Senyawa ini mampu menghalangi penyerapan kolesterol ke dalam usus.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat teh hijau untuk diet atau menurunkan berat badan sangat populer khususnya bagi para wanita yang ingin memiliki tubuh ideal. Zat katekin dalam minuman ini berkhasiat dalam melancarkan metabolisme tubuh dan membakar lemak.

Mengatasi Radang Gusi

Teh hijau juga mengandung fluoride meski dalam kadar yang lebih rendah ketimbang teh hitam. Senyawa ini berkhasiat dalam menguatkan dan menjaga kesehatan gusi, dan mengatasi radang gusi.

Menghaluskan Wajah

Manfaat teh hijau untuk kecantikan juga karena kandungannya yang baik untuk kulit tubuh dan wajah. Minum teh hijau secara berkala berkhasiat untuk meningkatkan elastisitas kulit, menghilangkan noda atau bekas luka, dan mengatasi peradangan.

Menghilangkan Mata Panda

Kandungan tanin dan antioksidan dalam teh hijau berkhasiat dalam mengatasi mata bengkak. Senyawa ini juga efektif untuk mengatasi mata panda atau lingkaran hitam pada sekitar mata.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat teh hijau juga efektif untuk mencegah timbulnya kerutan wajah maupun penuaan dini. Kandungan polifenol dalam minuman ini berguna untuk menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit.

Meningkatkan Memori Otak

Kandungan L-teanin dalam daun teh hijau ternyata juga bermanfaat dalam meningkatkan daya ingat dan memori otak. Minum teh hijau secara berkala juga baik untuk mencegah terjadinya kepikunan akibat usia.

Mengatasi Jerawat

Senyawa katekin dalam minuman teh hijau bersifat anti bakteri dan anti inflamasi. Karena itu manfaat teh hijau juga efektif untuk menjaga keseimbangan hormon dan mengatasi jerawat pada wajah.

Melembutkan dan Mencerahkan Kulit

Kandungan polifenol dan nutrisi dalam teh hijau juga berguna untuk melembutkan dan mencegah terjadinya kekeringan kulit. Herbal ini juga berkhasiat mengecilkan pori dan membersihkan kotoran yang menempel pada kulit wajah.

Mencegah Kebotakan Rambut

Manfaat teh hijau untuk rambut juga tidak kecil, khususnya dalam mencegah terjadinya kebotakan rambut. Nutrisi yang terdapat dalam teh hijau selain baik untuk kulit juga mampu merangsang pertumbuhan dan menguatkan rambut.

Meredakan Stres

Minum teh hijau tak hanya menyegarkan namun juga mampu meredakan stres. Hal ini karena zat L-teanin dalam minuman herbal ini mampu memberikan efek relaksasi yang menenangkan sehingga meredakan stres.

Efek Samping Teh Hijau dan Cara Mengonsumsinya

Selain manfaat teh hijau untuk kesehatan yang begitu banyak, minuman ini juga dapat memberikan dampak yang kurang baik. Efek samping teh hijau ini terutama kandungan senyawa dan fitokimia-nya yang cukup tinggi.

Karena itu dalam mengonsumsi minuman ini sebaiknya jangan berlebihan atau terlalu sering. Anda tak harus minum teh hijau setiap hari dalam waktu yang lama untuk mendapatkan manfaatnya.

Baca juga: Hati-hati! Bahaya Mengintai Dibalik Nikmatnya Teh Hijau

Selain itu cara mengonsumsi teh hijau juga tidak boleh sembarangan. Sebaiknya hindari minum teh hijau sebelum makan, terlebih untuk Anda yang mengalami gangguan lambung. Hal ini karena akan menyebabkan terganggunya lambung dan pencernaan.

Bagi sebagian orang, minum teh hijau pada malam hari terasa nikmat. Namun karena efek samping minuman ini dapat memberikan efek semangat mungkin akan menyebabkan kesulitan untuk tidur.

Demikianlah manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh yang begitu besar. Selain untuk menjaga kesehatan, minuman herbal ini juga baik untuk perawatan kecantikan. Namun kenali efek samping teh hijau agar manfaatnya optimal. (R11/HR-Online)