Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Manfaat vitamin B kompleks untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Foto: Net/Ist.
Manfaat vitamin B kompleks untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Foto: Net/Ist.

Manfaat vitamin B kompleks untuk mengatasi masalah kulit tak bisa diragukan lagi. Termasuk untuk kecantikan kulit wajah. Penggunaan vitamin B3 atau niacinamide paling poluler sebagai key ingredients skincare.

Vitamin B3 sudah terbukti secara ilmiah mampu meningkatkan produksi kolagen, serta membantu memudarkan noda hitam pada wajah.

Bukan hanya vitamin B3 saja yang ampuh bagi kecantikan kulit, tapi juga vitamin B lainnya yang meliputi B1, vitamin B2, B5, vitamin B6, B9, dan vitamin B12.

Merangkum dari berbagai sumber, dermatolog, dr. Ruri Pamela, SpKK., menyebutkan, secara ilmiah manfaat vitamin B kompleks sudah terbukti ampuh mengatasi masalah kulit.

Kulit yang bermasalah akan terlihat kusam, mudah mengalami iritasi atau peradangan, serta penuaan dini apabila asupan vitamin B kompleks kurang.

Baca Juga : Skincare Multifungsi Wajib Punya saat Pandemi! Hemat Tapi Tetap Cantik

Ia juga mengatakan, jangan menggunakan secara bersamaan skincare yang bahannya vitamin B kompleks dengan kandungan BHA, AHA, vitamin C atau retinol. Karena itu bisa  menyebabkan terjadinya kulit kemerahan, iritasi, dan kandungan vitamin B kompleks menjadi kurang efektif.

Jadi sebaiknya kamu gunakan skincare yang memiliki kandungan vitamin B kompleks saat pagi hari. Sementara, pada malam harinya gunakan skincare yang mengandung BHA, AHA, vitamin C, dan retinol.

Setidaknya terdapat 7 jenis vitamin B dengan memiliki fungsi yang sama, yaitu mengatasi masalah kulit. Berikut ini penjelasannya.

Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kesehatan & Kecantikan Kulit

Vitamin B1 (Thiamin)

Peran dari vitamin B1 ini sebagai antioksidan agar sirkulasi darah bisa meningkat. Karena, jika sirkulasi darah lancar akan membawa nutrisi dan oksigen ke dalam sel tubuh, termasuk juga kulit.

Dengan begitu, maka sel kulit pada tubuh kita akan terus mengalami regenerasi, sehingga kulit pun akan menjadi lebih sehat dan lebih muda.

Vitamin B2 (Riboflavin)

Manfaat vitamin B kompleks berikutnya berasal dari vitamin B2 yang merupakan jenis vitamin untuk menjaga agar kulit tetap sehat.

Termasuk mencegah terjadinya peradangan kulit yang rentan menjadikan kulit berjerawat. Karena kekurangan tubuh asupan vitamin B2 berkaitan dengan jerawat yang meradang.

Vitamin B2 juga berperan dalam sekresi mukus dalam jaringan kulit. Peran tersebut membuat kelembutan kulit tetap terjaga. Selain itu, juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan pada kulit, seperti dermatitis dan eksim.

Baca Juga : Ampuh Nih! Bahan Alami Pengusir Nyamuk

Vitamin B3 (Niacinamide)

Vitamin B3 memiliki peran untuk memperbaiki lapisan kulit paling atas, yaitu lapisan epidermis untuk menahan kelembaban.

Lapisan teratas kulit juga dapat menghambat pemindahan pigmen ke sel kulit sebagai penyebab flek hitam dapat diminimalisir. Produksi kolagen juga bisa meningkat, sehingga kulit akan semakin kenyal.

Vitamin B5 (Pantothenis acid)

Manfaat vitamin B kompleks juga bisa didapat dari vitamin B5. Kandungan asam pantothenat sudah terbukti ampuh mengurangi pembentukan jerawat dan minyak berlebih.

Vitamin B5 ini mempunyai efek moisturizing. Ini penting untuk memelihara barrier kulit yang membuat kulit lebih sehat, kenyal, sekaligus mampu menyamarkan tanda penuaan.

Vitamin B6 (Pyridoxine)

Asupan vitamin B6 bisa membantu proses pembentukan zat asam amino yang sangat penting untuk memelihara barrier kesehatan pada kulit.

Tapi sayangnya, pyridoxine ini bisa menjadi penyebab kulit menjadi sensitif terhadap kandungan alergi/iritan, atau mengalami peradangan.

Baca Juga : Vitamin B Kompleks untuk Anak Bantu Pertumbuhan Fisik serta Perkembangan Otak

Vitamin B9 (Folic Acid)

Kandungan antioksidan dalam vitamin B9 bisa mencegah terjadinya penimbunan radikal bebas. Jika radikal bebas terakumulasi secara terus menerus dapat merusak kulit, serta menyebabkan terjadinya penuaan dini.

Vitamin B12 (Cobalamin)

Fungsi vitamin B12 untuk mencegah terjadinya peradangan atau kemerahan pada kulit. Peradangan ini terjadi melalui mekanisme yang menghambat terbentuknya radikal bebas.

Hal tersebut menjadi salah satu manfaat vitamin B kompleks dalam mengatasi kesehatan kulit. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, pilihlan skincare berkualitas yang mengandung vitamin B kompleks. (Eva/R3/HR-Online)