Mematikan Getar Keyboard Xiaomi, Begini Cara Mudahnya!

Mematikan Getar Keyboard Xiaomi, Begini Cara Mudahnya!
Ilustrasi Mematikan Getar Keyboard Xiaomi, Foto: Ist/net

Mematikan getar keyboard Xiaomi ternyata menjadi hal yang sangat penting bagi sejumlah pengguna HP. Terutama bagi mereka yang kini menggunakan HP-HP Xiaomi.

Seperti yang sudah kita tahu bahwa Xiaomi merupakan salah satu perusahaan ponsel asal negeri Tirai Bambu yang sangat terkenal. Tak tanggung-tanggung, hampir semua produk Xiaomi mampu menguasai segmen pasar global, termasuk juga Indonesia.

Masyarakat Indonesia sendiri pun, sangat gemar menggunakan HP dari Xiaomi. Bukan hanya karena alasan harga yang terbilang murah dan terjangkau saja.

Baca juga: HP Android Bergetar Terus, Cara Cerdas Mengatasinya

Akan tetapi, HP Xiaomi juga menawarkan bekalan spesifikasi hardware yang sangat menarik dengan kegunaan canggih. Salah satu yang menjadi daya tariknya yaitu berkat kehadiran ROM MIUI pada HP Xiaomi.

Cara Mematikan Getar Keyboard Xiaomi

Spesifikasi yang satu ini memberikan tampilan antarmuka yang lebih menarik serta adanya fitur-fitur modifikasi luar biasa. Sayangnya meskipun kita dapat mengetik dengan nyaman, terdapat getaran serta bunyi pada keyboard HP Xiaomi.

Penting untuk kita ketahui bahwasanya setiap HP Android apapun itu mereknya umumnya memiliki setelah getar maupun suara. Terutama pada saat kita menyentuh papan keyboard atau sedang mengetik.

Pada dasarnya, bunyi maupun getaran ini sudah menjadi default bawaan HP, tak terkecuali HP Xiaomi. Bagi sebagian pengguna, hal tersebut sangatlah mengganggu.

Maka dari itulah, tak heran bila mematikan getar keyboard Xiaomi menjadi pilihan. Getaran yang ada pada HP Xiaomi ini sebenarnya memiliki fungsi yang cukup penting.

Dimana dapat menjadi penanda apakah huruf pada layar berhasil kita sentuh atau tidak. Namun, ternyata getaran pada keyboardnya ini memberikan pengaruh pada tingkat ketahanan daya baterai HP Xiaomi.

Dengan kata lain getaran pada keyboardnya ini dapat lebih cepat dalam menguras baterai. Semakin kita sering menggunakan keyboard pada HP Xiaomi yang aktif getaran dan suaranya, maka sudah dapat kita pastikan.

Semakin cepat pula daya baterai yang akan terkuras. Pasalnya, terdapat daya tambahan yang HP Xiaomi butuhkan untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Untuk itulah, cara yang paling baik adalah dengan mematikan getar keyboard Xiaomi tersebut bila anda tidak terlalu membutuhkannya. Caranya pun cukup mudah, anda dapat memperhatikan ulasan berikut ini.

Langkah Pertama

Pertama yang harus dilakukan adalah anda nyalakan HP Xiaomi terlebih dahulu. Selanjutnya yaitu anda dapat membuka menu atau aplikasi Settings (Setelan).

Langkah Kedua

Pada halaman Settings atau Setelan ini terdapat berbagai macam menu yang dapat anda gunakan. Mengingat kita akan mematikan getar keyboard Xiaomi, maka pilihlah menu “Additional Settings atau Setelah Tambahan”.

Selanjutnya, pada halaman Additional Settings atau Setelan Tambahan ini anda dapat memilih menu “Language & Input atau Bahasa & Masukkan”. Pada halaman “Language & Input atau Bahasa & Masukan”, anda dapat secara langsung untuk memilih “Google Keyboard”

Baca juga: Lenovo Chromebook Duet 2 in 1 Laptop, Performa Tidak Bisa Diremehkan

Biasanya “Google Keyboard” ini sudah menjadi menu bawaan pada HP Xiaomi. Selain menu ini, anda dapat juga memilih “Gboard Keyboard”.

Langkah Ketiga

Setelah itu, masuk ke langkah selanjutnya yaitu dengan memilih menu “Preferences atau Preferensi”. Di dalam halaman “Preferences atau Preferensi ini, anda hanya cukup dengan menonaktifkan “Vibrat on Keypress atau Getar Jika Tombol Ditekan”

Menu yang satu ini memiliki fungsi untuk menghilangkan getaran pada keyboard. Kemudian terdapat pilihan menu satu lagi untuk kita nonaktifkan yaitu “Sound on Keypress atau Berbunyi Jika Tombol Ditekan”. Menu ini berfungsi untuk menghilangkan suara pada keyboard.

Langkah Keempat

Tak cukup sampai di situ saja, cara mematikan getar keyboard Xiaomi. Masih ada langkah terakhir yang kita gunakan. Terakhir, anda hanya perlu meninggalkan atau keluar dari menu.

Baca juga: Tombol Power Rusak pada HP, Begini Cara Mengatasinya!

Lalu silahkan anda mencoba pada aplikasi yang membutuhkan keyboad untuk menulis. Bila getaran serta suara tidak terasa atau muncul lagi, maka langkah yang kita lakukan telah berhasil.

Itulah tadi cara menonaktifkan getaran pada keyboard Xiaomi yang dapat kita lakukan. Dengan tidak adanya bunyi maupun getaran ini, maka anda tidak perlu lagi merasa terganggu.

Sebenarnya cara mematikan getar keyboard Xiaomi ini dapat kita lakukan pada HP merek lainnya. Anda hanya cukup menyesuaikan saja menu-menu yang ada. (R10/HR-Online)

Loading...