Ingin Sukses Membangun Karier dalam Pekerjaan? Jauhi 5 Pantangan Ini!

Ingin Sukses Membangun Karier dalam Pekerjaan? Jauhi 5 Pantangan Ini!
Ilustrasi membangun karier dalam pekerjaan. Foto: Ist/Net

Membangun karier dalam pekerjaan hingga sukses tentunya merupakan dambaan setiap orang. Apalagi jika karier dalam pekerjaan yang memulai dari bawah hingga memberikan kebanggaan yang tak ternilai harganya.

Saat kondisi sulit mendapatkan pekerjaan, memiliki karier yang bagus tentunya akan menjadi investasi masa depan yang cerah. Apalagi untuk Anda yang bekerja di perusahaan besar dan mapan bisa memberikan jaminan yang lebih jelas.

Apa pun pekerjaan dan profesi yang sedang Anda jalani, karier yang bagus menjadi target saat bekerja di suatu lembaga, instansi, atau perusahaan.  Namun karier yang bagus itu harus melalui prestasi kerja yang cemerlang.

Pantangan Saat Membangun Karier dalam Pekerjaan

Sukses membangun karier dalam pekerjaan bukan hanya akan memberikan jaminan masa depan yang lebih baik, namun juga penghargaan penghasilan yang sepadan. Namun meraih karier cemerlang dalam pekerjaan ternyata bukanlah perkara mudah.

Baca juga: Peluang Usaha Pembuatan Plakat yang Tak Pernah Sepi Pesanan

Untuk yang sedang bekerja pada perusahaan sebaiknya memperhatikan beberapa pantangan yang harus Anda hindari. Hal ini jika Anda ingin memiliki karier dalam pekerjaan yang bagus dan cemerlang, berikut penjelasannya.

Pantang Berhenti Belajar

Belajar biasanya dilakukan anak sekolah dan kuliah. Namun belajar juga proses yang berlangsung sepanjang hayat. Termasuk untuk membangun karier dalam pekerjaan. Bahkan bekerja pada era digital saat ini harus mampu menerima setiap perubahan.

Dengan selalu menimba ilmu baru akan membuat Anda mampu menghadapi tantangan yang ada. Jika malas atau malah berhenti belajar, maka sama saja sedang menghadapi kematian karier yang sedang Anda bangun.

Pantang Cepat Puas

Untuk membangun karier dalam pekerjaan Anda juga seharusnya menghindari rasa puas. Sebab, rasa cepat puas mencerminkan kesombongan dan keangkuhan yang menutup potensi untuk melakukan inovasi.

Orang yang cepat puas juga memperlihatkan karakter yang lebih berorientasi pada kekuasaan dan materi daripada prestasi. Tipikal orang semacam ini juga akan tertutup terhadap kritik atau masukan orang lain.

Pantang Bersikap Plin-Plan

Untuk berhasil membangun karier dalam pekerjaan juga harus menjauhi sikap plin-plan. Sikap yang sering berubah-ubah atau plin-plan pada dasarnya memperlihatkan sifat atau karakter inkosistensi, oportunis, dan cenderung suka menjilat.

Meskipun ada kasus orang dengan karakter seperti ini yang berhasil memiliki karier bagus, namun pada dasarnya rapuh dan lemah karena bukan berdasarkan prestasi. Jika ada tantangan sedikit, karakter orang semacam ini pasti akan gagal.

Pantang Larut dalam Rutinitas

Kalau Anda ingin membangun karier dalam pekerjaan perlu menjauh dari rutinitas. Orang yang senang dengan rutinitas, atau bahkan menenggelamkan diri di dalamnya tidak mencerminkan karakter kreatif atau pemimpin.

Rutinitas biasanya lebih cocok untuk orang yang suka dengan kemapanan dan menjauhi tantangan. Orang yang senang dengan rutinitas justru sulit membangun prestasi.

Baca juga: Cara Menjadi Dropship Bagi Pemula, Tanpa Modal Dijamin Sukses

Sebaliknya, Anda justru harus kreatif jika ingin memiliki karier yang cemerlang. Anda juga perlu selalu berusaha menemukan dan memberikan solusi yang inovatif dalam pekerjaan Anda. Ini akan menjadi kontribusi besar Anda untuk karier yang lebih baik.

Pantang Kuper atau Kurang Pergaulan

Pantangan lain yang juga harus Anda hindari saat membangun karier dalam pekerjaan adalah untuk tidak kuper alias kurang pergaulan. Kuper berbeda dengan karakter pendiam.

Baca juga: Cara Jualan Online untuk Pemula Tanpa Modal Bisa Jadi Peluang Usaha

Terlebih jika Anda bekerja secara tim, kemampuan bergaul dan membangun komunikasi sangat penting untuk menunjang pekerjaan. Menjauh dari pergaulan justru akan membuat renggang hubungan kerja.

Itulah berbagai pantangan yang harus Anda hindari jika ingin membangun karier dalam pekerjaan yang cemerlang. Dengan makin beratnya tantangan kerja dan persaingan dengan rekan kerja lainnya, Anda harus memiliki karakter yang kreatif dan inovatif. (R11/HR-Online)

Loading...