Memindahkan Kontak Ke HP Baru Cepat Tanpa Ribet

Memindahkan Kontak Ke HP Baru Cepat Tanpa Ribet
Ilustrasi Memindahkan Kontak Ke HP Baru. Foto Istimewa

Memindahkan kontak ke HP baru bisa dengan berbagai cara. Ketika anda mengganti HP, tentunya juga harus memindahkan semua data-data ke HP baru. Sama halnya dengan data pada kontak HP anda.

Kontak HP merupakan salah satu data yang sangat penting. Apalagi jika kontak HP berisi nomor orang-orang penting. Seperti keluarga, teman, hingga klien perusahaan.

Baca Juga : GPS HP Tidak Akurat, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bila anda harus menyimpan ulang kontak satu per satu akan sangat merepotkan. Anda dapat melakukan pemindahan ini dengan beberapa cara yang praktis. Cukup dengan beberapa langkah, anda bisa memindahkan kontak dengan cepat.

Cara Memindahkan Kontak Ke HP Baru Paling Praktis

Seperti yang telah anda ketahui, daftar telepon pada HP merupakan sesuatu yang berperan penting. Anda akan merasa kesulitan untuk menghubungi teman atau keluarga bila kehilangan kontak tersebut.

Apalagi saat ini cukup banyak aplikasi chatting dengan menghubungkan kontak. Seperti contohnya aplikasi WhatsApp. Maka dari itu, penting sekali menyimpan kontak dengan benar agar tidak hilang.

Menambahkan kontak dari HP lama ke yang baru secara manual tentu akan sangat merepotkan. Namun jangan khawatir anda bisa melakukannya dengan beberapa cara yang lebih cepat. Untuk mengetahui caranya lebih lanjut, anda bisa simak langkah-langkah berikut.

Memindahkan Kontak Melalui Akun Google

Anda bisa memindahkan kontak ke HP baru dengan menggunakan akun Google. Ini merupakan salah satu cara yang paling mudah dan cepat. Hanya cukup dengan mengganti setelan pada akun Google anda.

Yang pertama kali harus anda lakukan adalah menyinkronkan kontak ke akun Google. Dengan cara buka menu Pengaturan atau Settingan HP anda. Kemudian pilihlah menu Synch atau Sinkron dan klik akun Google anda. Langkah selanjutnya adalah klik opsi Kontak.

Baca Juga : HP Tidak Bisa Menerima SMS, Inilah Cara Mengatasinya!

Setelah memilih opsi kontak tersebut, proses sinkronisasi telah berjalan dan tunggulah hingga selesai. Jika telah selesai, maka kontak HP anda telah tersimpan di akun Google. Anda bisa melewati proses ini bila telah menyinkronkan kontak ke akun Google sebelumnya.

Sedangkan untuk memindahkannya, login akun Google tersebut pada HP yang baru. Kemudian pilih menu Pengaturan, lalu pilih Menyiapkan & Memulihkan. Langkah terakhir pilih opsi Pulihkan Kontak. Nah, setelah proses ini, secara otomatis kontak anda telah ada pada HP baru.

Memindah Kontak Melalui Kartu SD

Selain menggunakan cara sebelumnya, anda bisa menggunakan kartu SD untuk memindahkan kontak ke HP baru. Caranya dengan ekspor terlebih dahulu data kontak ke dalam kartu SD menggunakan HP lama. Kemudian keluarkan kartu SD yang telah berisi data tersebut dari HP lama dan pindahkan ke HP baru.

Setelah itu, buka menu, lalu pilih kontak dan menu import. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk berikutnya. Secara otomatis kontak anda akan ditransfer. Dengan menggunakan cara ini, memanglah terbilang sangat mudah.

Memindah Kontak Melalui Memori Internal Perangkat

Bila anda tidak berkenan untuk menggunakan dua cara sebelumnya, anda bisa melalui memori internal perangkat. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah simpan informasi kontak ke memori internal telepon. Anda bisa menghubungkan perangkat komputer untuk menyimpan file kontak.

Kemudian anda bisa langsung mentransfer data kontak dari PC ke HP baru. Selain menggunakan cara ini, anda juga bisa memindahkan kontak ke HP baru melalui Bluetooth. Caranya hanya dengan cari file tersebut, kemudian anda bisa mengirimkannya secara langsung melalui Bluetooth.

Memindah Kontak Melalui Kartu SIM

Jika anda membeli HP baru namun masih tetap menggunakan kartu SIM yang lama, anda bisa memindahkan kontak lebih mudah dengan menggunakan kartu SIM lama. Cukup dengan menyalin seluruh kontak ke kartu SIM, maka akan secara otomatis data kontak anda tersimpan.

Setelah itu, pindahkan kartu SIM anda ke HP yang baru. Namun perlu anda ingat meskipun terlihat sangat mudah, tentu saja cara ini memiliki kekurangan. Anda hanya dapat menyimpan data kontak tidak lebih dari 200 kontak.

Memindahkan kontak ke HP baru dengan menggunakan cara-cara di atas cukup mudah. Kini anda bisa memindahkannya tanpa perlu menguras banyak waktu dan tenaga. Karena dengan menggunakan cara tersebut, mungkin hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit. (R10/HR-Online)

Baca Juga : HP Tidak Dapat Memutar Video, Bagaimana Cara Mengatasinya?