Mencuci Tas Kulit Dilakukan dengan Tepat untuk Menjaga Kualitasnya

Mencuci Tas Kulit Dilakukan dengan Tepat untuk Menjaga Kualitasnya
Ilustrasi mencuci tas kulit. Foto ist/net

Mencuci tas kulit memang perlu perhatian yang cukup serius. Hal ini karena tas kulit memiliki kualitas yang bagus dan harganya pun cukup tinggi.

Kebutuhan tas semakin hari semakin bertambah. Apalagi kebutuhan tas tidak hanya untuk wanita saja. Hampir semua kalangan sering menggunakan aksesoris yang satu ini untuk berbagai aktivitas.

Tas memiliki ragam bentuk dan jenis sesuai fungsinya. Salah satu yang paling banyak jadi pilihan yaitu jenis tas bahan kulit. Tas mampu memberikan penampilan semakin maksimal dan fashionable.

Tidak jarang jika sebagian besar wanita mengeluarkan biaya yang banyak untuk mendapatkan tas kulit. Tas kulit mampu memberikan tampilan yang fashionable dan mempesona.

Baca juga: Desain Tas Professional dari Oscas, Bisa Desain Sesuai Selera

Apalagi kini tas kulit hadir dengan banyak pilihan bentuk dan desain menarik. Sesuai dengan kualitasnya, cara perawatan tas kulit pun tidak mudah. Anda harus berhati-hati agar tidak merusak tekstur yang ada.

Mencuci tas kulit asli maupun sintetis memang sedikit merepotkan. Hal ini semata-mata hanya untuk menjaga warna asli tas tersebut agar tidak pudar. 

Jika perawatan anda lakukan dengan tepat, tas kulit yang harganya mahal akan terjaga dengan baik. Sebaiknya jangan hanya membeli tas kulit saja, anda juga harus tahu bagaimana cara merawatnya.

Tips Mencuci Tas Kulit dengan Tepat

Tas menjadi komponen wajib saat wanita bepergian. Selain untuk membawa berbagai barang, tas juga mampu memberikan penampilan semakin fashionabble.

Fungsinya yang cukup penting membuat aksesoris yang satu ini sering menemani aktivitas sehari-hari. Jenis bahan kulit bisa terlihat pada beberapa aksesoris, termasuk tas.

Tas kulit mampu menambah gaya penampilan semakin menarik. Tas yang sering terpakai tidak lepas dari yang namanya kotoran atau debu.

Baca juga: Tas Pesta Unik, Mampu Memberikan Kesan Glamour dan Berkelas

Sehingga membuat tas terlihat kusam dan jelek. Sebaiknya lakukan perawatan pada semua jenis tas, termasuk yang berbahan kulit. Setip bahan dasar pembuatan memiliki cara mencuci atau perawatan yang berbeda-beda.

Bagi anda yang suka koleksi tas kulit, sebaiknya cari tahu juga bagaimana perawatan yang baik dan benar. Berikut ini ada beberapa cara mencuci tas kulit yang tepat.

Mencuci Tas Bahan Kulit dari Noda

Saat tas kulit anda terkena noda atau kotoran, sebaiknya segera cuci agar tidak berjamur. Perawatan tas kulit memang lebih susah daripada jenis bahan lainnya.

Sebab, jika caranya salah, maka tas bisa berujung rusak bahkan warnanya pudar. Tips mencuci tas bahan kulit yaitu persiapkan campuran air bersih dengan sabun berbahan lembut.

Anda bisa gunakan sabun muka dengan perbandingan 8 : 1. Tuangkan campuran tersebut dalam botol spray. Semprotkan pada kain atau spon yang bersih. Jika tidak, sebaiknya gunakan kain microfiber.

Jangan semprotkan cairan tersebut langsung ke bagian yang ada nodanya. Sebab, jika penyemprotan langsung justru membuat tas terlalu basah. Lap noda dengan kain yang sudah anda basahi dengan perlahan.

Lakukan pengelapan satu arah agar tidak menabrak serat bahan kain tersebut. Setelah noda hilang, biarkan tas mengering secara alami.

Jangan biarkan tas terkena sinar matahari secara langsung. Ketika tas kulit kering, anda bisa poles dengan pelembab khusus bahan kulit.

Mencegah Tas Kulit dari Jamur

Penyimpanan tas pada ruangan berAC ternyata mampu mengakibatkan tas berjamur. Hal ini sangat mengganggu kualitas dari tas tersebut.

Baca juga: Tas Anak SD, Pilih yang Tepat Agar Nyaman Saat Digunakan

Selain membuat tas penampilannya semakin buruk, jamur juga memiliki aroma yang tidak sedap. Selain ada perawatan cara mencuci tas kulit dari debu dan kotoran, ada juga cara mengatasi jamur.

Jamur yang menempel pada tas kulit bisa teratasi dengan tips yang tepat. Lakukan beberapa cara agar tas anda terhindar dari jamur. Sebaiknya selalu periksa kondisi tas dari penyimpanan kurang lebih dua kali sebulan.

Selanjutnya gantung tas selama beberapa jam ke luar ruangan. Lakukan pada siang hari, namun tetap jauhkan dari sinar matahari secara langsung.

Jika tas anda sudah berjamur, sebaiknya segera bersihkan secara tepat. Simpan kembali tas yang sudah bersih. Jangan lupa masukkan silica gel dalam tas kain.

Mencuci tas kulit cukup sulit, sebaiknya lakukan perawatan yang tepat dan hati-hati. Hal ini semata-mata untuk menjaga kualitas tas dan warnanya tidak pudar. (R10/HR-Online)