Menghilangkan Tanda Headset di HP, Inilah Caranya!

Menghilangkan Tanda Headset di HP
Ilustrasi Menghilangkan Tanda Headset di HP, Foto: Ist/net

Ternyata, cara menghilangkan tanda headset di HP sangat kita butuhkan. Sebab, tanda headset yang masih muncul padahal sudah terlepas, justru menjadi sebuah permasalahan dan gangguan.

Seiring maraknya penikmat musik, penggunaan headset sudah sangat familiar dan begitu populer. Mendengarkan musik maupun melakukan aktivitas panggilan telepon dengan menggunakan headset memberikan kemudahan tersendiri.

Bahkan bagi sebagian orang menggunakan headset merupakan hal yang wajib. Berkaitan dengan penggunaan headset ini, ternyata terdapat satu masalah yang sering terjadi.

Baca juga: Logitech G733 Lightspeed, Headset Nirkabel untuk Para Gamers

Terutama pada penggunaan HP Android, yaitu ketika headset sudah terlepas dari HP, lambang headset tidak mau hilang. Hal tersebut bukanlah masalah yang sepele.

Pasalnya, mengakibatkan suara HP menjadi tidak keluar karena HP mengira jika headset tersebut masih tersambung. Padahal tidak demikian, dengan artian sudah terlepas.

Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP

Tanda headset yang masih terlihat meskipun sudah terlepas ternyata terdapat faktor penyebabnya. Seringnya menggunakan speaker aktif untuk mengeluarkan suara pada HP anda menjadi salah satu penyebabnya.

Seperti halnya memutar MP3 karena suara yang terdengar masih kurang besar. Selain itu, juga karena penggunaan speaker aktif dengan volume berlebihan.

Sehingga menyebabkan IC atau post headset mengalami kerusakan. Penyebab lainnya juga karena tidak menggunakan headset original bawaan HP.

Parahnya lagi karena faktor penggunaan headset yang sudah berkarat. Karat tersebut akhirnya menempel pada port headset dan HP menganggapnya sebagai headset yang masih menempel.

Untuk menghindari permasalahan HP yang satu ini, ada baiknya anda memperhatikan penyebab-penyebabnya. Akan tetapi, bila sudah terlanjur terjadi demi penggunaan ponsel yang lebih baik, segera hilangkan tanda headset tersebut.

Berikut inilah cara menghilangkan tanda headset di HP.

Membersihkan Lubang Jack dengan Cotton Bud

Ketika menggunakan HP dalam waktu yang lama, tidak menutup kemungkinan debu yang tak kasat mata masuk ke dalam lubang jack. Apabila dalam waktu yang lama anda tidak membersihkannya, maka akan menimbun debu tersebut semakin banyak.

Baca juga: Screenshot HP Samsung, Simak Cara Mudahnya Berikut Ini!

Malah, HP anda akan mengira bahwa timbunan debu tersebut adalah earphone atau headset yang tertancap, padahal bukan. Maka dari itulah, coba untuk membersihkannya secara perlahan pada lubang jack HP dengan menggunakan cotton bud.

Tentunya agar seluruh kotoran serta debu dapat hilang dari lubang jack dan bersih kembali. Ini dapat menjadi salah satu cara menghilangkan tanda headset di HP yang sangat efektif.

Reconnect Jack Headset

Cara berikutnya dapat anda lakukan dengan memasang headset kembali dan kemudian mencabutnya. Cara tersebut anda lakukan secara berulang kali.

Meskipun demikian, pastikan bahwa anda melakukannya dengan pelan dan perlahan-lahan. Sehingga tidak akan terjadi kerusakan yang lebih parah lagi.

Pengulangan cara ini sampai menghilangkan tanda headset di HP. Untuk cara terbaiknya, jangan lupa menggunakan headset original. Sebab terdapat beberapa kasus berhasil menggunakan cara satu ini.

Mematikan HP dan Cabut Baterai

Mematikan HP dan mencabut baterai ternyata dapat menjadi cara selanjutnya yang bisa anda lakukan. Simbol headset dapat hilang dengan menggunakan cara ini.

Pada umumnya, ketika ponsel mengalami kerusakan ringan (tanda headset hilang), selain merestart juga bisa dengan mencabut baterainya juga.

Bukan tanpa alasan, pengguna HP banyak menggunakan cara yang satu ini. Pertama, matikan HP anda terlebih dahulu. Setelah itu, kartu memori, kartu SIM, dan juga cabut baterai. Tunggulah beberapa menit, kemudian pasang kembali semuanya.

Baca juga: Mematikan Getar Keyboard Xiaomi, Begini Cara Mudahnya!

Setelah itu, nyalakan kembali HP anda seperti biasanya. Akan tetapi, cara menghilangkan tanda headset di HP ini hanya dapat anda lakukan pada HP removable battery.

Menggunakan Aplikasi Headset Toggle

Cara lainnya yang dapat anda gunakan adalah dengan mendownload aplikasi headset toggle melalui Google Play Store.
Aplikasi ini dapat anda gunakan untuk mematikan mode headset ke mode spiker normal.

Akan tetapi, cara ini memiliki kelemahan yaitu ketika melakukan panggilan atau menerima telepon anda tetap harus menggunakan load speaker.

Cara menggunakannya yaitu anda hanya perlu menekan logo headset pada cakram apabila ingin menggunakan speaker HP.

Bila ingin menggunakan mode headset, cukup menekannya kembali. Cara menghilangkan tanda headset di HP satu ini terbilang lebih simpel bukan? (R10/HR-Online)

Loading...