Mengubah Tampilan Menu Android, Simak Berikut Ini Cara Mudahnya!

Mengubah Tampilan Menu Android, Simak Berikut Ini Cara Mudahnya!
Ilustrasi Mengubah Tampilan Menu Android, Foto: Istimewa

Faktanya, mengubah tampilan menu Android ternyata bisa kita lakukan dengan mudah tanpa menggunakan aplikasi. Meskipun saat ini begitu banyak aplikasi yang bisa kita gunakan.

Namun, bila anda ingin menggunakan cara lain pun bisa. Tentu hasilnya tak kalah keren bila anda bandingkan dengan menggunakan aplikasi.

Sebagai pengguna Android, pastinya anda ingin tampilan menu yang menarik dan tidak monoton. Selain lebih betah berlama-lama menggunakan HP, juga lebih memberikan kemudahan.

Bahkan tampilan menunya pun juga bisa tertata dengan rapi. Anda pun tidak akan mudah jenuh karena manajemen menu yang berantakan.

Baca juga: Ciri Charger Oppo Original, Berikut Cara Membedakannya!

Tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini adalah cara yang bisa anda lakukan. Pastikan anda mencermati cara-cara berikut ini dengan seksama agar bisa mempraktekkannya dengan baik.

Cara Mengubah Tampilan Menu Android

Bagi sebagian pengguna Android yang belum memanfaatkan fungsi menunya dengan baik, mungkin saja akan lebih memilih menggunakan aplikasi. Aplikasi untuk mengubah tampilan ini memang memiliki kelebihan.

Selain terdapat banyak konsep yang ditawarkan, terbukti lebih simpel dan juga praktis. Bahkan, ada pula aplikasi yang bisa membuat tampilan menu seperti iPhone.

Agar anda tidak hanya menggunakan aplikasi yang ada, tak ada salahnya untuk mempraktekkan cara satu ini. Kali ini adalah tampilan menu yang dapat kita geser ke samping atau horizontal maupun ke bawah atau vertikal.

Meskipun terbilang sederhana, tetapi ini dapat membuat tampilan menu jauh lebih menarik agar anda semakin asyik menggunakan HP Android.

Mengubah Tampilan Menu Android Geser ke Samping atau ke Bawah

Sebenarnya, setiap HP Android sudah mempunyai tampilan menunya masing-masing. Satu Android dengan Android yang lainnya tentu saja berbeda-beda.

Seperti halnya HP Android dari Xiaomi, LG, Samsung, Vivo, Oppo, dan merek lainnya. Umumnya, terdapat tampilan menu dengan geser ke bawah.

Baca juga: Gagal Update Perangkat Lunak Samsung, Beginilah Cara Mengatasinya!

Akan tetapi, juga ada HP Android yang memiliki tampilan menu dengan geser ke samping. Bagi anda yang tidak menyukai geser ke bawah, anda bisa mengubah tampilan menu Android menjadi geser ke samping.

Begitu pula sebaliknya, bila anda tidak suka karena geser ke samping, anda bisa mengubahnya agar geser ke bawah. Bila anda tertarik dengan perubahan tampilan menu semacam ini, dengan senang hati kami akan memberikan cara mudahnya untuk anda.

Akan tetapi, ada satu catatan, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan cara untuk HP Android Sony Xperia. Mari simak langkah-langkah berikut ini!

  1. Pastikan bahwa anda sudah berada di halaman utama menu
  2. Silahkan anda tekan icon titik tiga
  3. Setelah itu klik “Settings”
  4. Setelah itu, anda masuk ke pengaturan “App Drawer”
  5. Bila muncul tampilan lagi, silahkan anda pilih saja “Drawer Style & Settings”
  6. Langkah selanjutnya, anda geser ke bawah
  7. Lalu, anda pilih “Drawer Style”
  8. Anda bisa memilih horizontal maupun vertikal.
  9. Bila anda ingin menampilkan menu dengan geser ke bawah, maka silahkan pilih vertikal
  10. Jika anda ingin menampilkan menu dengan geser ke samping, maka pilihlah horizontal
  11. Terakhir untuk merubah tampilan menu Android, silahkan kembali ke tampilan menu Android.
  12. Ketika anda pertama kali membukanya akan terjadi lag dalam beberapa waktu
  13. Bila cara ini berhasil tampilan menu sudah berubah, baik itu vertikal maupun horizontal, sesuai dengan keinginan anda

Tampilan Menu Android

Pada dasarnya, tidak semua pengguna Android memperhatikan tampilan menu mereka. Namun, tak jarang pula yang berupaya untuk mengubahnya agar tampil beda.

Menjadi pembahasan yang cukup penting sebelum anda memutuskan untuk mengubah tampilan menu Android. Menu adalah komponen antarmuka pengguna yang dianggap lazim dalam banyak tipe aplikasi.

Baca juga: HP Vivo OS Oreo, Fitur Lengkap dan Spesifikasi Mumpuni

Agar dapat menyediakan pengalaman penggunaan menu yang sudah akrab dan juga konsisten, anda tetap harus memperhatikan penggunaan API Menu. Dengan demikian, dapat menyajikan tindakan serta pilihan lain dalam menjalankan aktivitas kepada setiap penggunanya.

Ini merupakan informasi tambahan terkait menu yang ada pada Android. Selain anda dapat mengubah tampilan menu Android, ada baiknya juga mengerti akan fungsi dan kegunaan menu tersebut. Sehingga manajemen penggunaan HP Android anda akan jauh lebih baik lagi. (R10/HR-Online)