Menjaga Ekosistem, Wagub Jabar Tebar Benih Ikan di Sungai Cibarani

Menjaga Ekosistem Perairan, Wagub Tebar Benih Ikan di Sungai Cibarani
Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum menebar benih ikan di Sungai Cibarani, Rajapolah, Tasikmalaya, Selasa (1/9/2020). Tujuannya untuk menjaga ekosistem perairan Jabar. Foto: Humas Jabar

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum menebar benih ikan di Sungai Cibarani, Rajapolah, Tasikmalaya, Selasa (1/9/2020). Tujuannya untuk menjaga ekosistem perairan Jabar.

Uu Ruzhanul Ulum menjelaskan penyebaran benih ikan ke Sungai Cibarani karena alirannya melintasi tiga desa. Yakni Desa Sukanagalih, Desa Mangunjaya dan Desa Sukaraja. Menurutnya, kelestarian ekosistem perairan sangat perlu, karena semua mahluk hidup saling terkait.

“Harapan kami, warga bisa menjaga ekosistem perairan untuk Sungai Cibarani ini. Setelah menebar benih ikan ini jangan dulu ada yang mengambilnya. Minimal tiga bulan, supaya berkembang biak, kalau sekarang pasti habis. Saya ingatkan untuk tidak ada yang mengambil dulu ikannya,” ujar Uu Ruzhanul Ulum.

Penebaran benih ikan ini, Uu berharap masyarakat sekitar untuk bersama-sama menjaga sungai. Karena ketika benih ini telah bertambahbanyak setelah berkembang biak maka akan menjadi potensi juga untuk masyarakat. Menjadi sumber pangan yang terus berkelanjutan.

“Potensinya akan menambah sumber pangan dan protein bagi masyarakat. Yang tidak punya kolam silahkan mancing ke sungai, tapi harus tunggu nanti,” katanya.

Dalam menjaga ekosistem perairan sungai, Uu meminta masyarakat jangan membuang sampah dan limbah ke sungai. Bila perlu menerapkan sanksi bagi warga yang seenaknya membuang sampah sembarangan ke sungai. Sehingga warga berpikir dua kali untuk melakukannya.

Camat Rajapolah Yana meminta agar warga khususnya pemuda untuk ikut menjaga ekosistem perairan sungai dan menjaga kelestariannya. Benih ikan tersebut jangan ada yang mengambilnya sekarang. Supaya ke depan semakin banyak dan besar dan akan berpotensi sebagai sumber pangan nantinya.

“Kepada pemuda sekitar dan masyarakat harus kerjasama menjaganya. Supaya kelestarian ikan sungai tetap terjaga,” pungkasnya. (R9/HR Online)

Loading...