Minat Masyarakat Tinggi, BPPD Ciamis Usulkan Penambahan Bus Gatrik

Minat Masyarakat Tinggi, BPPD Ciamis Usulkan Penambahan Bus Gatrik
Bus Gatrik Ciamis. Foto: Ferry/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Minat masyarakat Ciamis terhadap bus wisata Gatrik (Galuh Tour Kota Klasik terus meningkat.

Saking antusiasnya, para wisatawan rela mengantri untuk menunggu giliran menggunakan Gatrik keliling seputaran kota Ciamis.

Seiring banyaknya minat tersebut, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Ciamis sedikit kewalahan karena kurangnya moda transportasi.

Saat ini bus wisata Gatrik yang ada di Ciamis hanya dua unit.

Maka dari itu, BPPD Kabupaten Ciamis melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ciamis mengajukan penambahan unit bus wisata Gatrik kepada Pemerintah Daerah Ciamis.

Hal tersebut, sebagai upaya untuk menggeliatkan kembali pariwisata kabupaten Ciamis.

Ketua BPPD Kabupaten Ciamis, H. Endang Haris Juandana melalui Direktur Riset Kelembagaan, Kerjasama dan SDM, Syarif mengatakan, memang ada wacana kalau tahun depan akan ada penambahan unit untuk bus wisata Gatrik.

“Memang kami mengusulkan untuk adanya tambahan unit Gatrik, karena melihat dengan banyaknya minat masyarakat Ciamis terhadap bus wisata Gatrik,” ujar Syarif, Kamis (17/9/2020).

Menurutnya, penambahan unit Gatrik saat ini memang dibutuhkan sekali. Pasalnya, antusias masyarakat sangat tinggi untuk menggunakan jasa Gatrik dalam mengunjungi obyek wisata Kabupaten Ciamis.

Terlebih, lanjutnya, BPPD Ciamis saat ini mempunyai terobosan baru untuk meningkatkan daya tarik masyarakat untuk mengunjungi destinasi wisata di Kabupaten Ciamis dengan adanya program Gatrik saba lembur.

“Jadi, saat ini kami mempunyai program Gatrik saba lembur, yang memperkenalkan Gatrik kepada masyarakat di daerah untuk mengunjungi potensi wisata yang berada di setiap daerah kabupaten Ciamis,” tuturnya.

Maka dari itu, kata Syarif, otomatis bus wisata Gatrik saat ini dibagi menjadi Dua trip atau perjalanan wisata.

Karena, Ciamis hanya mempunyai 2 unit jadi satu unit untuk Gatrik Saba Lembur di daerah, dan satu unit lagi di Kota Ciamis.

“Kita bagi dua, karena di Ciamis juga masyarakatnya sangat antusias, jadi kita gak mungkin semua bus Gatrik berada di daerah untuk Gatrik saba lembur,” katanya.

Baca Juga: Promosikan Wisata Daerah, BPPD Ciamis Luncurkan Gatrik Saba Lembur

Bus Gatrik Ciamis Saba Lembur

Syarif menambahkan, minat masyarakat di daerah Ciamis juga sangat antusias sekali.

Terbukti, saat pekan lalu Gatrik Saba Lembur ke Kecamatan Kawali selama satu pekan, animo masyarakat sangat membludak.

“Alhamdulilah, kemarin juga animo masyarakat kepada Gatrik sangat banyak. Mudah-mudahan saat ini Gatrik Saba Lembur yang masih berlangsung di Kecamatan Rajadesa juga sama meriahnya dengan di Kawali,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Ciamis, H. Wasdi Ijudin membenarkan, pihaknya saat ini telah mengusulkan untuk adanya penambahan unit bus wisata Gatrik kepada pemerintah daerah Ciamis.

“Iya benar, kami usulkan penambahan unit Gatrik kepada Pemda Ciamis. Tapi, karena saat ini pemerintah sedang fokus terhadap penanganan Covid-19, mungkin bisa terealisasi tahun depan,” bebernya.

Penambahan unit Gatrik memang perlu dilakukan, pasalnya minat masyarakat Ciamis terhadap adanya bus wisata ini sangat antusias sekali. Hal tersebut, sangat berpengaruh terhadap geliat pariwisata di Ciamis.

“Ini sebagai ikhtiar dan usaha kami untuk meningkatkan geliat wisata di Ciamis. Mudah-mudahan dengan nanti bertambahnya Gatrik bisa meningkatkan kembali pariwisata Ciamis,” pungkas Wasdi. (Ferry/R8/HR Online)

Loading...