Mobil Pintu Geser, Gunakan Perawatan yang Tepat Secara Rutin

Mobil Pintu Geser, Gunakan Perawatan yang Tepat Secara Rutin
Ilustrasi mobil pintu geser. Foto: istimewa

Mobil pintu geser menjadi salah satu jenis pintu yang ada pada kendaraan roda empat. Mobil dengan sliding door populasinya belum terlalu banyak pada pasar otomotif Indonesia.

Hal ini karena masyarakat Indonesia kurang suka dengan jenis pintu mobil yang satu ini. Padahal kendaraan dengan model pintu sliding ini mampu membuat kesan mewah dan keren.

Selain mampu membuat tampilan semakin menarik, sliding door juga memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya yaitu memudahkan saat parkir pada area yang sempit.

Jika parkir berada pada tempat yang tidak luas, maka lebih mudah untuk akses keluar masuk penumpang. Sliding door kini pun juga sudah amat canggih dengan mengusung sistem elektrik.

Pengoperasian pintu ini pun cukup mudah, anda hanya cukup menekan tombol atau menyentuh handle pintu. Dengan begitu, pintu akan membuka dan menutup secara otomatis.

Anda juga tidak perlu takut akan terjepit, sebab tersedia sensor sehingga mampu meminimalisir insiden terjadi. Selain itu, masih banyak kelebihan yang terdapat pada mobil pintu geser.

Cara Merawat Mobil Pintu Geser

Mobil memang terdiri dari berbagai tipe dan produk yang berbeda. Saat ini anda bisa dengan mudah memilih berbagai model dan fitur yang ada pada setiap produk kendaraan roda empat ini.

Setiap jenis kendaraan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah satu fitur yang tersedia menjadi keunggulan dari kendaraan tersebut.

Baca Juga : Oli Gardan Mobil, Memiliki Batas Pemakaian Hingga 40.000 Km

Salah satunya yaitu terletak pada jenis pintunya. Pintu mobil bervariasi bentuk dan cara pengoperasiannya. Jika anda sebagai salah satu pemilik mobil dengan sliding door, sebaiknya harus pintar dari segi perawatan.

Selalu cek dan rawat pintu mobil anda secara rutin. Hal ini hanya bertujuan untuk membuat pintu mampu beroperasi dengan baik.

Berikut ini ada beberapa tips atau cara untuk merawat pintu pada mobil. Tips ini mampu membuat mobil pintu geser lebih awet dan tentunya tidak mudah rusak.

Perhatikan Rel atau Bearing

Cara pertama dalam merawat pintu geser yaitu selalu perhatikan kondisi rel atau bearingnya. Kedua bagian pada pintu ini kerap terjadi masalah sehingga dengan memperhatikan kondisinya mengurangi resiko pintu rusak.

Hal ini bisa karena pintu yang sering buka tutup sesering mungkin. Sebaiknya berikan pelumas atau grease tanpa kandungan oli secukupnya.

Pastikan Area Rel Bersih

Perawatan sliding door berikutnya tetap pada bagian yang sama. Pastikan juga rel dalam keadaan bersih. Jika area rel dalam kondisi kotor, sering mengakibatkan pintu geser macet.

Agar tidak terjadi hal ini, bersihkan area rel pintu menggunakan lap bersih, sapu kecil, atau kompresor kecil. Selanjutnya semprotkan cairan khusus untuk membuat roller tetap bersih.

Karet Pintu

Mobil pintu geser akan tetap awet dalam penggunaannya jika perawatannya tepat dan rutin. Cara merawat pintu geser berikutnya yaitu perhatikan bagian karet pintunya.

Baca Juga : Volume Air Aki Mobil, Jangan Sampai Kurang Akibatnya Cukup Serius

Karet pada pintu mobil berfungsi sebagai penghalang air yang masuk dan mencegah hawa panas. Selain itu, karet pintu juga mampu menepis kotoran.

Sayangnya, bagian ini sering retak dan getas ketika penggunaannya sudah cukup lama. Oleh karena itu, sering memperhatikan komponen ini juga menjadi cara yang tepat merawat pintu mobil.

Buka Pintu Sesuai Kebutuhan

Merawat mobil pintu geser memang susah-susah gampang. Sebaiknya jangan terlalu lama membuka pintu agar debu dan kotoran tidak masuk. Jika menempel, pintu akan sulit bergeser. Bahkan pintu tidak bisa terbuka secara maksimal.

Hindari Benturan Keras

Jika pintu geser terkena benturan keras, dapat mengalami kerusakan. Beberapa kerusakan yang bisa terjadi misalnya pengait rel rusak, pengait pintu, dan yang lainnya. Hal ini terjadi karena tidak pas atau mengalami pergeseran.

Keringkan Jika Terkena Air

Air memang bisa masuk pada celah-celah meski volume hanya sedikit. Hal ini bisa terjadi ketika hujan atau saat mobil dicuci. Gunakan lap kering untuk membersihkannya. Pastikan lap ini juga dalam keadaan bersih.

Mobil pintu geser memang memiliki tampilan keren dan kece. Oleh karena itu, sebaiknya berikan perawatan yang tepat. Pintu geser bisa lebih terjaga dan tentunya bisa beroperasi secara maksimal. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Fungsi Spoiler Mobil Beragam, Termasuk Berpengaruh pada Penampilan
Loading...