Anda Ingin Modal Usaha Gratis? Lakukan Cara Mudah Ini!

Anda Ingin Modal Usaha Gratis? Lakukan Cara Mudah Ini!
Ilustrasi Modal Usaha Gratis. Foto: Ist/net

Tak banyak orang yang tahu jika ada modal usaha gratis yang telah tersedia. Padahal untuk bisa mendapatkan modal usaha ini tidak sulit. Anda tak perlu menyediakan uang atau harus memiliki kenalan pejabat.

Bagi kebanyakan orang, modal memiliki peran penting untuk menjalankan suatu usaha. Tanpa adanya modal, banyak orang yang tidak berani menjadi pebisnis. Apalagi banyak orang beranggapan bahwa modal usaha hanya dalam bentuk uang saja.

Memilih jalan sebagai wirausahawan sebenarnya merupakan alternatif terbaik untuk mendapatkan uang. Tanpa harus dengan latar pendidikan yang tinggi, siapapun bisa menjadi pengusaha. Apalagi untuk mendapatkan pekerjaan bukan hal yang mudah.

Untuk merangsang tumbuhnya wirausahawan baru inilah yang mendorong pemerintah menyediakan modal usaha gratis. Melalui Program PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) pemerintah juga mendorong BUMN maupun kalangan swasta dalam mendukung tumbuhnya usaha baru.

Baca juga: Cara Jualan Online untuk Pemula Tanpa Modal Bisa Jadi Peluang Usaha

Selain untuk mendapatkan uang, hadirnya wirausahawan juga penting untuk memperkuat struktur sistem sosial masyarakat. Kemajuan sebuah bangsa salah satunya ditunjang oleh jumlah wirausahawan yang cukup banyak dan kuat.

Jenis dan Bentuk Modal Usaha Gratis

Ada banyak jenis modal usaha tanpa mengeluarkan uang sendiri untuk menumbuhkan wirausahawan baru. Yang namanya modal bisnis tak melulu dalam bentuk uang tunai. Berikut ini berbagai bentuk dan jenis modal usaha gratis yang perlu Anda tahu.

Pameran Gratis

Pemerintah melalui berbagai departemen dan instansi lainnya juga telah menyediakan fasilitas pameran gratis bagi pelaku usaha yang membutuhkan. Bahkan banyak lembaga pemerintah yang telah membuat scedule pameran setahun.

Pameran penting untuk pemasaran produk pelaku usaha, khususnya kalangan usaha kecil. Melalui even pameran yang bisa Anda ikuti secara gratis Anda akan lebih mudah memasarkan produk usaha Anda.

Modal Alat Produksi

Modal usaha gratis juga berupa peralatan produksi untuk mendukung proses pembuatan produk. Jika Anda ingin menjadi penjahit, maka mesin jahit adalah alat produksi yang Anda butuhkan.

Begitu juga jika Anda ingin membuat souvenir dari kayu, maka peralatan semacam tatah, bor, dan sejenis tentunya sangat penting Anda miliki. Harga peralatan produksi tidak murah membuat banyak orang kesulitan untuk memulai usaha.

Pelatihan Gratis

Untuk meningkatkan ketrampilan para calon wirausahawan, pemerintah juga telah menyediakan modal usaha gratis berupa fasilitas pelatihan. Dari pelatihan menjahit, elektronik, membuat kue, hingga pelatihan digital marketing.

Baca juga: Ide Bisnis Makanan, Usaha Modal 1 Jutaan yang Mudah dan Menjanjikan

Apalagi dengan perkembangan internet yang pesat saat ini, kemampuan usaha kecil dalam bidang pemasaran digital sangat penting. Tak hanya pemerintah, banyak lembaga swasta maupun berbagai kalangan yang sering menyediakan pelatihan gratis semacam ini.

Modal Hibah Bergulir

Selain dalam bentuk peralatan produksi, pameran, atau pelatihan, pemerintah juga menyediakan modal usaha gratis dalam bentuk hibah bergulir. Namun nilai uang ini umumnya kecil dan tidak selalu tersedia.

Baca juga: Deretan Peluang Bisnis Tahun 2020 yang Menjanjikan!

Selain itu modal ini tidak bersifat gratis karena Anda harus mengembalikan jika usaha Anda telah berkembang meskipun tanpa bunga. Hal ini agar modal tersebut bisa dimanfaatkan usaha kecil lainnya. Karena itulah bernama hibah bergulir.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Gratis

Setelah mengetahui adanya berbagai jenis modal usaha yang bisa Anda dapatkan secara gratis, lantas bagaimana cara untuk mendapatkannya? Jika Anda berminat, berikut ini cara mendapatkan modal usaha gratis yang bisa Anda lakukan.

  1. Untuk mendapatkan informasi tentang modal dan fasilitasi gratis dari pemerintah, Anda perlu datang langsung ke instansi pemerintah di daerah. Baik Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM, atau dinas yang menangani program PKBL.
  2. Setelah itu Anda harus mengisi formulir yang tersedia tentang data usaha Anda. Termasuk jenis bantuan yang Anda butuhkan. Lampirkan juga fotokopi surat izin yang Anda miliki.
  3. Selanjutnya instansi terkait akan melakukan kunjungan dan survei lapangan untuk melihat bahwa usaha Anda memang ada.

Itulah informasi tentang modal usaha gratis yang bisa Anda dapatkan. Menjalankan usaha tak perlu menunggu modal karena yang lebih utama adalah tekad dan mental untuk memiliki usaha sendiri. (R11/HR-Online)