Modifikasi Stang Motor, Kenali Jenisnya Sebelum Membeli

Modifikasi Stang Motor, Kenali Jenisnya Sebelum Membeli
Ilustrasi modifikasi stang motor. Foto: Istimewa

Modifikasi stang motor sebenarnya sudah bukan hal yang aneh. Hal ini sudah banyak terlihat pada motor saat ini, bahkan milik para kaum muda.

Modifikasi mampu membuat kendaraan terlihat lebih keren dan sporty. Pada sepeda motor ada beberapa bagian yang sering berubah atau modif, namun tetap masih dalam standar.

Sebagian besar orang pilih melakukan hal ini untuk memaksimalkan performa kendaraan dan membuat tampilan yang semakin kece. Salah satu yang banyak terlihat modifikasinya yaitu bagian stang kendaraan.

Baca Juga : Ukuran Bearing Motor, Berbeda Pada Setiap Jenis Kendaraan

Jika anda lihat lebih teliti, setiap jenis sepeda motor memiliki model stang yang bervariasi. Misalnya saja pada stang motor sport berbeda dengan jenis motor traill, bahkan jenis cruiser.

Perbedaan ini terjadi semata-mata untuk memberikan kenyamanan pada pengendara. Selain itu, berfungsi untuk memberikan rasa nyaman saat mengendalikan kendaraan.

Alasan inilah mengapa sebagian besar orang melakukan modifikasi stang motor dengan komponen after market.Apalagi adanya modifikasi stang kendaraan memiliki tampilan keren dan kece.

Jenis Modifikasi Stang Motor

Pada bagian modifikasi yang sering terjadi perubahan yaitu bagian stang. Stang menjadi komponen penting pada kendaraan yang satu ini.

Sebab, dari stang tersebut motor bisa terlihat jenisnya. Misalnya saja pada jenis clip-on identik dengan gaya cafe racer dan stang ape hanger dengan chopper.

Baca Juga : Motor Irit Bensin, Ada Beberapa Cara untuk Mengatasinya

Bagi anda yang ingin modifikasi stang pada kendaraan, alangkah baiknya ketahui dulu nama-nama jenis stang kendaraan roda dua ini. Sehingga saat membelinya, anda tidak bingung untuk bertanya jenis stang pada penjualnya.

Jika berbicara tentang jenis-jenis stang motor, ternyata ada banyak jenisnya. Namun, jenis stang yang paling sering dan umum meliputi tracker, clip-on, moto, dan clubman.

Berbagai jenis tang motor tersebut menempel pada gaya modifikasi yang sering terlihat. Semua tergantung dari pilihan pemilik kendaraan.

Berikut ini ada berbagai jenis stang motor yang bisa anda gunakan untuk modifikasi. Beberapa jenis tersebut meliputi:

1. Ape Hangers

Jenis pertama yang biasa terlihat pada motor-motor custom yaitu ape hangers. Stang satu ini mampu memberikan kesan yang lain pada motor gilmoters. Masih ada beberapa kelebihan dari stang ape hangers.

Desain unik ini justru menjadi pilihan sebagian besar pemilik sepeda motor. Modifikasi stang jenis ini memang tidak menonjol pada sisi kenyamanan, namun dari sisi stylenya.

2. Stang Jepit

Pilihan stang berikutnya yaitu stang jepit. Model stang yang satu ini juga memiliki nama stang clip on. Ciri khas jenis stang ini yaitu dijepit ke suspensi depan dan menjorok pada bagian dalam kendaraan. Motor sportlah yang biasa memiliki jenis stang yang satu ini.

3. Beach Bar

Bagi anda yang ingin memiliki stang modifikasi motor yang nyaman, bisa pilih beach bar. Jenis stang yang satu ini memang berbeda dari jenis sebelumnya.

Desain lingkaran yang terlihat mampu memberikan rasa nyaman saat berkendara. Dengan demikian, pengendara tidak akan merasa kesulitan untuk menjangkaunya. Anda bisa pilih sesuai dengan jenis kendaraan yang anda miliki.

4. Motocross Bar

Jenis motocross bar biasa terlihat untuk modifikasi kendaraan pada area jalan offroad. Namun sayangnya, jenis stang yang satu ini tidak akan nyaman saat berada pada wilayah jalan yang sempit.

Model stang yang satu ini biasa memiliki modifikasi dengan gaya minor fighter. Bentuknya yang lebar dan panjang banyak terlihat dengan gaya minor fighter yang satu ini.

5. Chumps

Modifikasi stang motor berikutnya yaitu jenis chumps. Jenis stang ini biasa umum terlihat untuk motor sport. Namun, sering juga terlihat pada jenis motor cruiser. Desainnya memang sederhana, namun stang ini mampu memberikan kenyamanan bagi pengendara.

6. Drag

Drag menjadi jenis stang yang bisa membantu modifikasi kendaraan anda lebih menarik. Jenis yang satu ini menjadi stang paling sederhana.

Meski demikian, jenis stang sepeda motor yang satu ini paling banyak menjadi pilihan. Alasannya yaitu karena simpel dan membuat kendaraan lebih berkarakter.

Modifikasi stang motor sering terjadi hanya untuk membuat kendaraan ini terlihat lebih stylish. Anda bisa memilih berbagai jenis stang sesuai dengan jenis motor itu sendiri. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Kunci Motor Hilang, Jangan Panik Lakukan Langkah Berikut Ini
Loading...