Motor Irit Bensin, Ada Beberapa Cara untuk Mengatasinya

Motor Irit Bensin, Ada Beberapa Cara untuk Mengatasinya
Ilustrasi motor irit bensin. Foto istimewa

Motor irit bensin terbilang penting karena kendaraan ini cukup sering bermanfaat untuk transportasi. Motor merupakan alat transportasi utama yang banyak memiliki peranan cukup penting saat seseorang ingin bepergian.

Saat ini pemilik sepeda motor hampir merata. Menggunakan kendaraan umum maupun pribadi sama-sama harus mengeluarkan biaya. Salah satu biaya yang wajib terpenuhi yaitu bahan bakar atau BBM.

Semua kendaraan membutuhkan BBM untuk dapat berjalan. Saat anda menggunakan kendaraan umum, mengeluarkan biaya untuk pembelian BBM tidaklah terasa.

Namun, saat anda mengendarai kendaraan pribadi, tentunya cukup mengeluarkan biaya yang lumayan banyak. Sebagian besar orang memang memikirkan bagaimana cara agar BBM motor irit.

Sebenarnya saat ini sudah banyak kendaraan roda dua ini yang cukup irit bahan bakarnya. Namun, bagi pemilik kendaraan yang masih boros BBM, cukup sulit untuk mengatasinya.

Banyaknya bensin yang akan anda gunakan memang tergantung dari berapa jauh kendaraan tersebut melaju. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya anda harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak.

Motor irit bensin mampu mengatasi pengeluaran yang cukup besar bagi pemilik kendaraan. Sehingga anda bisa lebih menghemat biaya.

Cara Mudah Agar Motor Irit Bensin

Sebagai pemilik kendaraan sepeda motor, untuk hemat bensin mungkin masih sulit. Apalagi penggunaan roda dua ini cukup sering berfungsi untuk aktivitas sehari-hari.

Misal untuk sekolah, bekerja, pergi ke swalayan, hingga kebutuhan sehari-hari lainnya. Ketika sepeda motor sering berfungsi untuk aktivitas sehari-hari, maka anda perlu menyiapkan biaya yang cukup untuk bahan bakarnya.

Baca Juga : Motor Injeksi Susah Hidup, Segera Cari Tahu Apa Penyebabnya

Jika tidak anda lakukan dengan teliti justru dapat menguras dompet. Sebenarnya ada beberapa tips menarik untuk menghemat bahan bakar. Berikut ini beberapa tips menarik untuk dapat menghemat bensin motor anda:

Atur Kerapatan Klep

Klep (katup atau valve) merupakan komponen yang penting dalam kendaraan roda dua ini. Fungsi klep yaitu untuk mengatur campuran udara dengan bahan bakar dalam ruangan bahan bakar mesin.

Sebaiknya anda atur klep agar bukaannya lebih sempit. Sehingga semburan bahan bakar lebih sedikit konsumsinya pun lebih irit. Namun, jika terlalu sempit, kendaraan roda dua tidak memiliki tenaga.

Posisi klep yang ideal membuat motor irit bensin. Pengaturan klep hanya berlaku untuk sepeda motor 4 tak saja.

Atur Pelampung Karburator

Karburator berfungsi untuk menampung bahan bakar sebelum masuk ruang bahan bakar. Pada bagian karburator ada yang namanya pelampung karburator.

Baca Juga : Pelumas Rantai Motor Terbaik Berkualitas dengan Beragam Pilihan

Pelampung ini memiliki fungsi untuk mengatur banyak sedikitnya bensin yang masuk ke dalam reservoir. Sempitnya ruang bahan bakar yang timbul karena adanya pelampung tersebut dapat memperirit bahan bakar.

Cara ini bisa anda gunakan agar motor irit bensin. Turunkan pelampung karburator sejauh kurang lebih 1-2 mm.

Jangan biarkan posisinya terlalu sempit agar pasokan berkurang. Namun, jika terlalu lebar, bahan bakar akan banjir dan justru lebih boros.

Oli Berkualitas

Cara untuk membuat motor anda lebih hemat bensin yaitu dengan penggunaan oli yang berkualitas. Jika oli kualitasnya baik, mampu membuat gesekan antar komponen menjadi lebih minimal.

Justru kinerja mesinlah yang akan lebih optimal. Gunakan oli berkualitas dengan sesuai spesifikasinya untuk membantu motor anda irit bensin. Lakukan penggantian oli secara berkala agar berfungsi dengan baik.

Busi Berkualitas

Busi merupakan pematik api dalam sistem pembakaran. Jika kualitasnya baik, tentunya api akan mudah keluar dan pembakaran bisa lebih sempurna.

Pastikan busi yang anda gunakan berkualitas dan ganti busi saat kondisinya sudah buruk. Hal ini juga mampu membantu agar kinerja mesin semakin optimal.

Pakai BBM Oktan yang Sesuai

Bahan bakar dengan oktan yang sesuai sehingga anda harus tahu berapa rasio kompresi mesin. Sebaiknya cari tahu jenis BBM yang sesuai pada kendaraan.

Apakah pertalite, pertamax, pertamax plus, dan yang lainnya. Penggunaan bahan bakar yang sesuai membuat mesin lebih irit bensin.

Selain itu, kerak yang menempel pada dinding mesin akan hilang. Pembakaran yang sempurna mampu membuat mesin menjadi lebih awet.

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membuat motor irit bensin. Anda bisa memperhatikan beberapa komponen agar kinerja mesin juga semakin optimal. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Penyebab Karburator Motor Nembak, Suara Keluar dari Knalpot
Loading...