Musim Pancaroba Rawan Bencana, Ini Pesan BPBD Ciamis untuk Warga

Musim pancaroba rawan bencana, ini pesan BPBD Ciamis untuk warga. Foto: Ilustrasi/Net.
Musim pancaroba rawan bencana, ini pesan BPBD Ciamis untuk warga. Foto: Ilustrasi/Net.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Musim pancaroba rawan bencana, oleh karena itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengimbau kepada seluruh warga Ciamis untuk selalu waspada.

Kepala BPBD Kabupaten Ciamis, Dadang, mengatakan, dengan adanya pergantian musim dari kemarau ke musim penghujan, maka semua pihak harus terus mewaspadai bersama. Karena bisa saja terjadi bencana alam.

“Musim pancaroba rawan bencana. Biasanya bencana alam terjadi pada saat pergantian musim dari kemarau ke musim hujan, seperti tanah longsor maupun banjir bandang. Hal tersebut yang harus kita waspadai bersama. Terutama daerah yang rawan bencana,” katanya, kepada HR Online, Rabu (23/09/2020).

Baca Juga : Bencana Alam Melanda Kabupaten Tasikmalaya

Lanjut Dadang, pihaknya juga sudah melakukan himbauan ke setiap kecamatan. Nantinya himbauan tersebut disampaikan oleh kecamatan ke setiap desa.

Pihaknya juga berharap, dengan adanya pemberitahuan mengenai kebencanaan saat musim pancaroba tersebut, warga masyarakat bisa senantiasa selalu waspada.

Seperti pada musim kemarau tahun sebelumnya, BPBD selalu memberitahukan kondisi rumah, terkait bahaya kebakaran. Baik kebakaran lahan hutan maupun rumah.

Saat ini masih pada fase musim kemarau, namun tetap semua pihak perlu berjaga-jaga terhadap musim penghujan. Karena musim pancaroba rawan bencana, dan bencana kapan saja bisa terjadi.

“Kita waspadai seperti daerah Tambaksari maupun Panumbangan. Kedua lokasi tersebut masuk kategori rawan bencana alam. Tidak hanya itu, semua kecamatan juga harus terus kita waspadai,”  tandasnya.

Dadang menambahkan, keberadaan Kabupaten Ciamis yang cukup luas dengan 27 kecamatan, secara otomatis setiap daerah memiliki kultur daerah masing-masing. Seperti tanah misalkan, sebab hampir semua kecamatan wilayah Kabupaten Ciamis terdapat tanah rawan longsor

“Maka dari itu kami mengajak kepada seluruh warga Kabupaten Ciamis untuk senantiasa waspada terhadap bencana alam. Sehingga, dengan pemberitahuan secara dini bisa terhindar dari bencana,” katanya. (es/R3/HR-Online)