Nissan 400Z 2021, Mendapatkan Mesin 3.0 Liter 300 hp dari Infiniti Q60?

Nissan 400Z 2021
Ilustrasi Nissan 400Z 2021. Foto: Istimewa

Nissan 400Z 2021 akan menjadi wajah baru dalam segmen pasar otomotif dengan serangkaian bekalan spesifikasi canggihnya. Saat ini, mobil sport tengah mengalami momen yang sangat berharga.

Yang mana dapat kita saksikan, Toyota Supra hidup kembali beserta Corvette bermesin tengah. Keduanya memulai debutnya pada tahun yang lalu.

Baca Juga : Toyota Starlet 2020, Hidup Kembali dengan Basis Suzuki Baleno

Itulah salah satu alasan menjadi waktu paling tepat bagi Nissan untuk mendesain ulang coupe Z yang sudah tua. Tak salah lagi, mobil tersebut akan menyandang nama 400Z.

Nissan sendiri telah merahasiakannya dengan detail mengenai 400Z, akan tetapi sekarang ini kita tahu bahwa mobil sport tersebut mendapat pembaharuan. Nissan 400Z 2021 ini akan datang dengan V-6 twin turbo.

Kemungkinan ini merupakan hasil pinjaman dari Infiniti Q60 coupe dan juga transmisi manual enam kecepatan. Untungnya, Z akan menerima pembaruan teknologi dengan infotainment layar sentuh baru.

Bukan hanya itu saja, terdapat tampilan pengukur digital dan juga kemungkinan sejumlah fitur bantu pengemudi baru. Sementara itu, 370Z generasi terakhir akan bersaing dengan mobil sport yang lebih terjangkau.

Seperti halnya Mazda Mx-5 Miata serta Toyota 86 dalam hal harga dan performanya. Sedangkan untuk mobil generasi berikutnya ini, telah mendapat perkiraan akan sedikit naik ke pasar. Terutama untuk menempatkan Supra pada garis bidiknya.

Spesifikasi Nissan 400Z 2021

Mobil Z ikonik Nissan akan serba baru untuk tahun 2021. Hal tersebut ditinjau dari mobil konsep Z Proto. 400Z baru menarik inspirasi desain dari mobil Z masa lalu.

Akan tetapi, memberi kita pandangan sekilas ke masa depan dengan teknologi terkini dan modernisasi interior yang setiap pengguna kendaraan roda empat butuhkan.

Baca Juga : Daihatsu DN Multisix, Membawa Mesin KR- VET 1.000 cc 3 Silinder?

Tak ada salahnya kita berharap, 400Z yang akan debut tahun depan ini sebagai coupe hardtop, tetapi konvertibel bisa menyusul nantinya.

Apa saja yang baru dari spesifikasinya ini, tentu membuat siapa saja merasa penasaran. Untuk itu, mari kita simak bersama ulasan selengkapnya berikut ini!

Desain

Nissan 400Z 2021 akan mengusung konsep tradisional yang sangat elegan dan juga berkelas. Setelah serangkaian teaser, Z Proto meluncur dengan desain yang sangat terinspirasi dari warisan budaya.

Meskipun demikian, tetap setia pada enam generasi sebelumnya dari Z car. Dimensi dan juga bentuk secara keseluruhannya mirip dengan 370Z, berukuran panjang 172,5 inci, serta lebar 72,8 inci.

Belum lagi adanya lampu depan tetesan air mata yang terinspirasi oleh Datsun 240Z asli. Begitu juga dengan cat pearlescent dan desain bagian belakang diturunkan dari 300ZX yang lebih ke era modern dengan elemen LED.

Sentuhan modern hadir dengan lampu LED daytime running light dan aksen serat karbon. Selain itu, juga membawa cluster instrumentasi digital dan sistem infotainment layar sentuh yang luas.

Mesin, Transmisi, dan Performa

Sama seperti saudaranya yaitu Nissan GT-R, Nissan 400Z 2021 memberikan harapan akan mendapat sumber tenaga dari V-6 twin turbocharged. Namun, alih-alih mesin berkapasitas 565 hp 3.8 liter yang ada pada bawah kap GT-R.

Baca Juga : Toyota Land Cruiser Prado, Memiliki Kekuatan Mesin Sebesar 204 PS

Kemungkinan 400Z akan mendapatkan mesin 3.0 liter 300 hp dari Infiniti Q60. Mungkin juga varian NISMO berperforma tinggi dapat memperoleh versi 400 hp dari mesin yang saat ini eksklusif.

Terutama untuk Q60 Red Sport 400. Meskipun penggerak semua roda tersedia pada Infiniti, kita berharap Nissan akan tetap menggunakan penggerak roda belakang.

Tentu saja ini adalah khusus untuk 400Z. Nissan telah menjanjikan transmisi manual enam kecepatan sebagai standar. Meskipun pada kenyataannya kita berharap otomatis tujuh kecepatan juga akan 400Z tawarkan sebagai opsi.

Interior

Nissan sendiri belum mengubah tata letak kabin Nissan 400Z 2021 ini. Mobil ini tetap menjadi coupe dua tempat duduk tanpa jok belakang sisa ala Porsche 911.

Terlihat dalam gambar kendaraan konsep Z Proto, Z baru akan menerima kabin yang modern dengan bahan terbaru. Ini merupakan peningkatan yang kita sambut baik dari interior kuno 370Z sekarang.

Sah-sah saja jika kita berharap Nissan menggunakan jok kulit asli, kursi yang dapat disesuaikan daya, dan juga kontrol iklim otomatis zona ganda. Ruang kargo tetap menjadi misteri. Akan tetapi, kita tidak berharap ini juga akan berubah pada Nissan 400Z 2021. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Nissan 400Z 2021, Mendapatkan Mesin 3.0 Liter 300 hp dari Infiniti Q60?