Obat Herbal Demam Berdarah yang Murah dan Bisa Buat Sendiri

Obat Herbal Demam Berdarah yang Murah dan Bisa Buat Sendiri
Ilustrasi Obat Herbal Demam Berdarah. Foto: Ist/net

Pemanfaatan obat herbal demam berdarah merupakan warisan nenek moyang yang sudah berlangsung secara turun temurun. Apalagi Indonesia kaya dengan berbagai bahan herbal yang berkhasiat, termasuk dalam mengatasi penyakit demam berdarah.

Demam berdarah merupakan salah satu jenis penyakit yang mudah mewabah. Meskipun demam berdarah bukan termasuk jenis penyakit berbahaya, namun jika tidak segera mendapat penanganan bisa berakibat fatal.

Penyakit demam berdarah yang populer dengan sebutan demam dengue (DBD) penyebabnya adalah virus dengue. Virus ini menularkan melalui nyamuk jenis Aedes Aegypti. Karena itulah jenis nyamuk ini identik dengan DBD.

Penyakit demam berdarah menyebabkan terjadinya gangguan infeksi pada pembuluh darah manusia. Namun gejala penyakit ini biasanya belum terlihat sejak gigitan nyamuk. Gejala baru terlihat sekitar 3 hingga 14 hari sejak terpapar virus dengue.

Kalaupun terlihat, gejala demam berdarah umumnya berupa gejala ringan seperti demam biasa. Bahkan jika menyerang anak-anak, gejalanya akan terlihat seperti gejala pilek biasa sehingga sering orang menganggap sepele.

Jenis Obat Herbal Demam Berdarah yang Efektif

Untuk menekan risiko akibat penyakit ini, Anda bisa memanfaatkan bahan tradisional yang telah lama masyarakat kita gunakan. Selain murah, obat herbal demam berdarah ini juga bisa Anda buat sendiri di rumah.

Baca juga: Kenali Penyebab Trombosit Turun dan Dampaknya bagi Kesehatan

Demam berdarah bukanlah penyakit yang bisa dianggap sepele. Apabila tidak segera mendapat penanganan bisa menyebabkan kematian bagi penderitanya. Karena itu sangat penting untuk segera memberikan pertolongan pertama pada penderita.

Nah, untuk membantu Anda dalam mengatasi serangan penyakit demam berdarah yang sewaktu-waktu bisa menyerang anggota keluarga, berikut ini beragam jenis bahan yang bisa menjadi obat untuk menangani penyakit ini.

Daun Jambu Biji

Jenis obat herbal demam berdarah yang efektif adalah daun jambu biji. Selain mudah memperolehnya serta murah, juga telah lama menjadi obat demam berdarah yang sudah turun temurun.

Memang sudah lama pula daun jambu biji identik sebagai bahan obat tradisional untuk penyakit demam berdarah. Daun tanaman ini rupanya mengandung antibiotik sehingga memiliki khasiat dalam mengobati penyakit demam berdarah.

Untuk membuatnya Anda bisa merebus beberapa lembar daun jambu biji yang telah dicuci bersih. Setelah mendidih dan airnya menyusut setengahnya, lalu saring dan minum airnya hingga penyakitnya sembuh.

Jambu Biji

Selain daunnya, buah jambu biji juga berkhasiat sebagai obat tradisional demam berdarah dan mempercepat penyembuhannya. Buah ini kaya dengan vitamin C, vitamin A, dan vitamin B6 yang sangat baik untuk imunitas tubuh.

Buah ini juga tinggi kalori, karbohidrat, potasium, dan serat. Kandungan nutrisi dalam buah ini sangat berguna untuk meningkatkan trombosit darah dan mempercepat proses penyembuhan penyakit.

Daun Dewa

Banyak sekali obat herbal demam berdarah dari jenis dedaunan yang bisa Anda pilih. Salah satu yang sudah populer sebagai ramuan tradisional adalah daun dewa. Daun herbal ini bisa mengobati berbagai macam penyakit.

Untuk membuatnya Anda tinggal merebus beberapa lembar daun dewa hingga airnya tinggal setengahnya. Setelah saring airnya lalu minum tiga kali sehari hingga penyakitnya hilang. Herbal ini juga berkhasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Meniran

Meniran adalah salah satu dari jenis bahan obat alami demam berdarah yang berkhasiat mengatasi penyakit ini, khususnya untuk anak-anak. Buah ini mengandung antivirus terbaik yang ampuh mengobati penyakit demam berdarah.

Untuk cara menggunakannya adalah dengan merebus meniran dan menyaring airnya. Air rebusan meniran inilah yang kemudian minum secara berkala untuk dapat menaikkan trombosit tubuh.

Beras Angkak

Apabila Anda sudah jenuh meminum berbagai macam jenis ramuan obat herbal demam berdarah, Anda bisa menggunakan beras angkak. Anda bisa mengolahnya dengan membuat menu sup untuk mengobati penyakit demam berdarah.

Agar terasa lebih enak sebaiknya sup yang memakai beras angkak bisa campur dengan daging ayam. Protein ini akan membantu untuk segera memulihkan tenaga penderita.

Air Kelapa

Air kelapa memiliki khasiat yang mujarab untuk kesehatan tubuh. Nenek kita sering memberikan air kelapa sebagai obat herbal demam berdarah yang efektif untuk meredakan dan mengatasi gejala yang timbul dari penyakit ini.

Untuk membuatnya Anda bisa mencampurkan air kelapa dengan perasan air jeruk nipis. Setelah itu tinggal minum secara rutin kepada anak atau anggota keluarga yang menderita demam berdarah agar lekas sembuh.

Daun Pepaya

Daun pepaya juga sangat efektif sebagai obat herbal demam berdarah. Para orang tua sangat menyukai lalapan sayur ini. Namun kandungan nutrisi dalam ekstrak daun herbal ini ampuh meningkatkan trombosit darah.

Baca juga: Rekomendasi Buah Penurun Panas, Penanganan Alami yang Aman dan Enak

Sejumlah riset membuktikan ekstrak daun pepaya dapat merangsang produksi trombosit dan mengatasi serangan virus penyakit ini. Anda tinggal merebus daun ini lalu saring. Tambahkan madu dan minum airnya.

Buah Pepaya

Pepaya juga merupakan jenis buah untuk obat demam berdarah. Kandungan asam folat (vitamin B9) buah ini penting untuk merangsang produksi trombosit darah. Trombosit penting bagi penderita demam berdarah agar cepat sembuh.

Buah pepaya juga mengandung banyak nutrisi penting yang orang sakit butuhkan. Seperti kalori, protein, karbohidrat, vitamin C, A, B1, B3, B5, E, dan K, kalsium, dan magnesium.

Buah Pisang

Makan buah pisang bagi orang yang sakit demam berdarah juga sangat penting. Buah yang sangat kaya nutrisi ini bisa melengkapi pemberian obat herbal demam berdarah.

Buah pisang banyak mengandung vitamin C, asam folat, beta karoten, dan potasium yang sangat baik untuk mengatasi demma berdarah. Pisang juga kaya kalori dan protein yang berguna untuk segera memulihkan tubuh.

Buah Apel

Buah apel juga sangat baik bagi penderita sakit demam berdarah. Nutrisinya bisa membantu meningkatkan sel-sel darah merah dalam tubuh. Buah ini juga kaya antioksidan yang penting untuk melindungi kerusakan sel darah merah.

Untuk mengonsumsinya, bisa dengan makan secara langsung dalam bentuk segar atau dengan sajian minuman jus. Konsumsi buah surga ini secara rutin untuk mendukung pengobatan herbal biar cepat sembuh.

Buah Kiwi

Buah kiwi juga mengandung banyak nutrisi yang berkhasiat sebagai obat herbal demam berdarah. Kandungan vitamin C-nya dapat merangsang produksi trombosit darah.

Kandungan vitamin dan mineral buah kiwi juga dapat meningkatkan imunitas tubuh dan meringankan gejala demam berdarah. Untuk membuatnya tinggal sajikan dalam minuman jus secara rutin.

Itulah beberapa jenis obat herbal demam berdarah yang bisa Anda pilih dan mudah cara pembuatannya. Namun bila penyakit tidak menunjukkan kesembuhan, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk penanganan yang lebih efektif. (R11/HR-Online)

Loading...