Obat Herbal Penurun Gula Darah Pilihan Efektif dan Bisa Buat Sendiri

Obat Herbal Penurun Gula Darah Pilihan Efektif dan Bisa Buat Sendiri
Obat Herbal Penurun Gula Darah. Foto: Ist/net

Menggunakan obat herbal penurun gula darah bisa menjadi pilihan yang efektif untuk menghindari risiko penyakit degeneratif yang berbahaya. Apalagi negara kita terbilang kaya dengan herbal untuk gula darah yang berkhasiat.

Kondisi tubuh dengan kadar gula darah tinggi populer dengan sebutan hiperglikemia. Kadar gula dalam darah yang tidak terkontrol merupakan penyebab diabetes melitus. Bahkan saat ini jumlah penderita diabetes terus meningkat.

Selain diabetes, seperti mengutip dari Wikipedia, hiperglikemia juga berbahaya karena bisa merusak organ tubuh lainnya. Bahkan kadar gula darah yang tidak terkontrol akan meningkatkan risiko terjadinya komplikasi gangguan jantung.

Salah satu sebab tingginya kadar gula darah adalah terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat. Untuk itu penting mengurangi karbohidrat seperti nasi agar kadar gula darah dalam tubuh bisa tetap terkendali.

Jenis Obat Herbal Penurun Gula Darah Terbaik

Ada banyak tanaman, buah, maupun sayuran yang berkhasiat untuk menurunkan gula darah. Hal ini karena herbal tersebut memiliki efek untuk mengaktifkan insulin dalam tubuh.

Masyarakat kita sebenarnya telah lama memanfaatkan herbal dalam menerapkan pengobatan tradisional. Nah, berikut ini sejumlah pilihan herbal penurun gula darah terbaik yang bisa Anda manfaatkan.

Bawang Putih

Rempah ini termasuk bahan bumbu masak yang terkenal. Rimpang ini juga telah populer dalam pengobatan tradisional. Hal ini karena kandungan dalam bawang putih yang sangat berguna untuk kesehatan maupun mengatasi berbagai penyakit.

Sejumlah riset menemukan manfaat bawang putih yang efektif dalam mendongkrak sensitivitas dan sekresi insulin sehingga menurunkan kadar gula dalam darah. Anda bisa mengonsumsi bawang putih langsung atau mencampurnya dalam makanan.

Ginseng

Ginseng juga terkenal ampuh sebagai herbal penurun gula darah. Rimpang ini mengandung zat fitokimia yang efektif memperlambat proses penyerapan karbohidrat. Ginseng juga dapat merangsang sel tubuh dalam menyerap glukosa agar tidak menumpuk dalam darah.

Rimpang ini juga mampu mendorong pankreas melepaskan insulin sehingga kadar gula darah turun. Untuk mengonsumsi herbal ini Anda bisa membelinya karena banyak yang menjual dalam bentuk kapsul. Anda juga bisa meminum air rebusannya secara rutin.

Pare

Buah sayuran terkenal karena rasanya yang pahit. Namun justru dari rasanya yang pahit itulah terkandung khasiatnya sebagai herbal penurun gula darah. Hal ini karena dalam pare terkandung charntin yang menyerupai insulin dan alkaloid.

Senyawa ini ternyata secara aktif mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Pare juga mempunyai efek pengatur dalam proses penyerapan glukosa dari makanan yang terjadi saat proses metabolisme tubuh sehingga dapat menangkal penurunan insulin.

Untuk menggunakannya tinggal menyiapkan 200 gram buah pare lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Minum air rebusan itu setelah dingin secara teratur untuk mengontrol kadar gula darah.

Yogurt

Yogurt merupakan hasil fermentasi susu yang selama ini terkenal baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Namun tahukah Anda jika minuman kesehatan ini juga efektif sebagai herbal penurun gula darah.

Baca juga: Manfaat Daun Insulin Menurunkan Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Sejumlah penelitian menemukan bahwa kandungan probiotik dalam yogurt ternyata juga bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah. Karena itu Anda bisa mencobanya dengan mengonsumsi yogurt sebanyak 150 gram perhari.

Buah Apel

Buah legenda ini memang sangat terkenal sebagai buah keabadian. Selain rasanya yang enak dan baik untuk diet, buah ini ternyata juga efektif untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

Buah ini bisa menjadi herbal penurun gula darah karena mengandung serat larut, asam galat, asam klorogenat, dan quercetin. Sejumlah studi menemukan bahwa orang yang sering makan buah apel lebih rendah risiko terkena penyakit gula darah.

Buah Alpukat

Alpukat terkenal sebagai buah yang baik untuk menurunkan berat badan. Tak sedikit riset yang menemukan bahwa kandungan serat, lemak sehat, maupun vitamin dan mineral dalam buah ini berkhasiat dalam menurunkan gula darah.

Para penderita diabetes maupun rang yang mengalami kenaikan gula darah sebaiknya mengonsumsi buah ini dalam bentuk segar. Anda bisa membuatnya menjadi jus atau mengonsumsinya secara langsung.

Kayu Manis

Kayu manis termasuk jenis rempah dengan aroma yang harum dan rasa yang manis. Masyarakat umumnya menggunakan rempah ini sebagai bumbu dapur untuk memasak maupun mengolahnya sebagai minuman yang menyehatkan.

Kayu manis juga terkenal sebagai obat herbal penurun gula darah tradisional. Hal ini karena kayu manis mengandung antioksidan yang efektif dalam mengontrol kadar gula dalam darah.

Buah Beri

Jenis buah ini terkenal rasanya manis asamnya yang enak. Buah ini juga banyak mengandung vitamin, mineral, dan zat fitokimia yang baik untuk menjaga kesehatan. Apalagi kandungan serat dan antioksidan efektif untuk mengontrol kadar gula darah.

Jenis buah beri ini antara lain stroberi, raspberry, blackberry, dan blueberry. Sejumlah penelitian menemukan berbagai jenis buah beri mampu membuat sensitivitas insulin meningkat dan efektif untuk membersihkan glukosa darah.

Beras Ketan Hitam

Bahan makanan yang satu ini cukup populer sebagai makanan bubur yang penyajiannya biasanya dengan kacang hijau. Jenis beras ini juga terbukti khasiatnya sebagai herbal penurun gula darah yang efektif.

Untuk menurunkan kadar gula darah menggunakan beras ketan hitam Anda bisa menyeduhnya dengan segelas air panas. Tutup gelasnya dan biarkan beberapa saat hingga menjadi dingin.

Setelah itu tinggal minum air seduhan beras ketan tersebut. Sebaiknya minum sebanyak tiga kali sehari sebelum makan, yaitu pada pagi, siang, dan malam.

Buah Merah

Herbal buah khas Papua ini juga merupakan herbal penurun gula darah tradisional. Buah merah (Pandanus Conoideus) mengandung berbagai zat kimia yang berkhasiat dalam meningkatkan fungsi kerja pankreas sehingga mampu memproduksi insulin.

Buah merah telah lama memberikan manfaat sebagai obat alami yang dapat menghilangkan resistensi insulin oleh tubuh. Karena itulah buah ini berkhasiat untuk menurunkan dan mengontrol gula darah yang cukup efektif.

Brokoli

Sayuran ini cukup populer sebagai makanan yang kaya dengan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Brokoli juga bisa menjadi herbal penurun gula darah karena mengandung sulforaphane yang ampuh.

Beberapa riset menemukan bahwa senyawa sulforaphane bersifat anti diabetik dan mampu merangsang sensitivitas insulin. Karena itu untuk menurunkan gula darah secara efektif sebaiknya konsumsi rebusan sayur brokoli secara rutin.

Kacang-Kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan, khususnya almond, ternyata baik untuk mengatur kadar gula dalam darah. Sejumlah riset juga menemukan efektivitas makan camilan ini dalam membantu mengendalikan kadar gula darah.

Kacang-kacangan bisa menjadi bagian dari diet rendah karbohidrat yang akan membantu mengatasi tingginya glukosa dalam darah. Selain rasanya yang enak, memakan camilan ini bisa menjadi solusi Anda yang mengalami hiperglikemia.

Itulah berbagai pilihan jenis herbal penurun gula darah yang bisa Anda manfaatkan. Konsumsi obat alami ini akan lebih efektif jika berbarengan dengan menerapkan pola makan sehat dan olah raga yang teratur. (R11/HR-Online)