Pasien Terkonfirmasi Positif Corona di Kota Tasikmalaya Makin Bertambah

Pasien Terkonfirmasi Positif Corona di Kota Tasikmalaya Makin Bertambah
Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dr. Uus Supangat. Foto : Apip/HR

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Jumlah pasien terkonfirmasi positif Corona di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, terus bertambah. Bahkan, penambahan hari ini, Sabtu (26/9/2020) saja mencapai 23 pasien yang tersebar dari beberapa kecamatan.

Dengan penambahan tersebut, maka jumlah kasus yang positif Covid-19 naik menjadi 107 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dr. Uus Supangat, membenarkan perihal tersebut. “Iya hari ini ada 23 kasus. Tim surveilans juga terus melakukan tracing,” ungkapnya kepada HR Online, Sabtu (26/9/2020).

Uus menjelaskan, penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut berasal dari lembaga pendidikan sebanyak 12 kasus, perkantoran 6 kasus, dan klinik 3 kasus. Sedangkan untuk daerah Awipari Cibeureum dan Cibunigeulis Bungursari, masing-masing satu kasus.

“Kemarin 12 pasien tersebut sudah menjalani isolasi di RSUD dr. Soekardjo. Sedangkan sisanya sudah masuk ruang isolasi hari ini,” jelasnya.

Uus menambahkan, pasien terkonfirmasi positif Corona dan propabel itu, kini sudah mendapatkan penanganan dari tim medis.

“Kita sedang melakukan percepatan tracing serta tes PCR, agar kasus dapat lebih cepat terkendali. Dengan kondisi saat ini, masyarakat jangan panik dan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara benar,” ujarnya.

Menurutnya, banyak faktor penyebab tertularnya Covid-19, salah satunya adalah bermula dari pelaku perjalanan.

“Laporlah ke puskesmas atau fasilitas kesehatan, jika datang dari luar kota serta akan bepergian ke luar kota,” pungkasnya.

Pantauan HR Online, saat ini, hampir seluruh ruang isolasi beberapa rumah sakit kondisinya sudah penuh oleh pasien Covid-19. Setidaknya 42 pasien terkonfirmasi positif Corona masih menjalani perawatan. (Apip/R5/HR-Online)