Pelindung Panas Knalpot, Mengurangi Resiko Terkena Suhu Panasnya

Pelindung Panas Knalpot, Mengurangi Resiko Terkena Suhu Panasnya
Ilustrasi pelindung panas knalpot. Foto istimewa

Pelindung panas knalpot mampu melindungi pengendara dan orang lain. Knalpot merupakan komponen yang ada pada kendaraan.

Tanpa pelindung knalpot orang yang ada di sekitarnya dapat mengalami resiko terkena knalpot yang panas. Jika terkena knalpot yang panas, kulit akan mengelupas atau luka bakar.

Selain itu, bekas lukanya itupun akan sulit hilang. Oleh karena itu, fungsi pelindung atau peredam panas keberadaannya cukup membantu. Panas knalpot akan teredam untuk mengatasi bahaya yang terjadi.

Baca Juga : Ukuran Bearing Motor, Berbeda Pada Setiap Jenis Kendaraan

Hal ini tidak bisa anda abaikan karena sudah banyak korban yang terkena panasnya knalpot motor. Apalagi saat ini sudah banyak peredam knalpot yang bisa anda gunakan.

Biasanya motor kustom menggunakan kain pembungkus yang dililitkan pada leher knalpot. Kain tersebut berfungsi sebagai pelindung panas knalpot. Biasanya kain tersebut berupa tremochool.

Lebih populernya, pembungkus knalpot ini memiliki sebutan exhaust wrap. Kegunaan pembungkus knalpot ini agar dapat meredam suhu panas yang ada.

Exhaust Wrap Pelindung Panas Knalpot

Menggunakan exhaust wrap pada motor kustom selain untuk meredam panasnya knalpot, komponen ini dapat menambah estetika kendaraan. Perban pembungkus knalpot ini terbuat dari bahan fiber glass yang mampu meredam panas dengan baik.

Selain berfungsi demikian, komponen ini juga mampu meningkatkan performa pada kendaraan. Sebab hawa panas tidak secara langsung menyebar keluar.

Baca Juga : Fungsi Spoiler Mobil Beragam, Termasuk Berpengaruh pada Penampilan

Semakin panas suhu knalpot, maka aliran gas buangnya juga semakin cepat. Tidak hanya itu saja, adanya perban knalpot ini mampu melindungi kabel-kabel agar tidak meleleh atau bahkan terbakar.

Exhaust wrap mampu meredam panasnya knalpot agar tidak mengeluarkan suhu yang berlebihan. Sebab suhu yang panas tersebut akan membahayakan orang lain maupun pengendara.

Lakban ini memang dirancang khusus untuk menjadi pelindung knalpot. Sehingga kaki pengendara akan terlindungi dari sengatan panasnya. 

Fungsi Pelindung Panas Knalpot

Lakban knalpot atau exhaust wrap ini tidak hanya melindungi knalpot agar tidak menyengat orang. Namun masih banyak fungsi yang bisa bermanfaat untuk kendaraan.

Bagi anda yang belum mengenal lebih jauh apa itu lakban knalpot, maka berikut ini ulasannya. Ada beberapa fungsi yang bisa bermanfaat untuk kendaraan.

Menjaga Gas Buang Agar Tidak Terbuang Percuma

Fungsi lain dari perban knalpot yaitu mampu menjaga panas gas buang agar tidak terbuang sia-sia. Jika gas buang tersebut tidak terlalu panas, maka pergerakan udara dingin semakin lambat.

Baca juga : Modifikasi Stang Motor, Kenali Jenisnya Sebelum Membeli 

Hal ini terjadi pada ruang bakar. Sehingga justru dapat menghambat pembakaran. Jika hal ini terjadi, akan menyebabkan back preassure atau tekanan balik.

Menurunkan Suhu Area Knalpot

Pelindung panas knalpot ini pastinya mampu menurunkan suhu yang berada pada knalpot motor. Hal ini mampu memberikan beberapa manfaat untuk komponen kendaraan.

Seperti menurunkan tingkat kerusakan komponen area knalpot akibat panas yang berlebih. Misalnya saja komponen seperti kelistrikan, fairing, dan komponen mesin lainnya.

Meningkatkan Efisiensi Mesin

Sudah bisa terlihat sejak awal jika perban knalpot ini mampu meningkatkan keefisienan mesin. Udara yang masuk pada mesin dapat berkurang dan udara dingin akan semakin padat.

Hal ini justru dapat menaikkan VE dan mampu membuat kekuatan mesin semakin bertambah. Oleh sebab itu, kegunaan perban knalpot cukup penting pada kendaraan.

Perawatan Exhaust Wrap

Fungsinya yang cukup penting membuat komponen ini juga perlu perawatan rutin. Pasalnya, exhaust wrap menjadi tempat mengendapnya kotoran yang berada pada knalpot.

Baca Juga : Komponen Kopling Mobil Lengkap Dengan Fungsi dan Cara Kerjanya

Apalagi jika motor sering berkendara dalam kondisi hujan atau berlumpur, maka komponen ini akan memiliki banyak endapan. Sebaiknya berikan perawatan yang tepat dan rutin pada perban knalpot.

Jika perawatan anda lakukan dengan tepat, pelindung panas knalpot akan berfungsi dengan maksimal. Selain itu, knalpot akan terhindar dari kotoran yang menimbulkan karat pada komponen ini.

Hal ini perlu anda lakukan pada jenis knalpot apa saja, termasuk bahan stainless steel. Meskipun terbuat dari stainlees steel, knalpot bisa juga berkarat jika tidak terawat.

Kecuali knalpot dari bahan alumunium, tidak akan mudah berkarat. Jika tidak, anda bisa melapisi knalpot dengan cat tahan panas sebelum menggunakan perban ini.

Menggunakan pelindung panas knalpot motor cukup membantu agar terhindar dari suhunya yang panas. Solusi yang tepat yaitu menggunakan exhaust wrap atau perban khusus knalpot. (R10/HR-Online)

Loading...