Pemkab Ciamis Dukung Makam Gunungsari Jadi Destinasi Wisata

Pemkab Ciamis Dukung Makam Gunungsari Jadi Destinasi Wisata
Tempat persemayaman Syekh Abdul Wajah ini ada di Desa Imbanagara, Kecamatan Ciamis, Jawa Barat. Foto: Ferry/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Pemerintah Kabupaten Ciamis mendukung Makam Gunungsari Jadi destinasi wisata religi.  Tempat persemayaman Syekh Abdul Wajah ini ada pada Desa Imbanagara, Kecamatan Ciamis, Jawa Barat. Selain makam Waliyulloh juga terdamat makam Adipati dan Bupati Galuh.

“Bisa jadi wisata religi. Karena, banyak pengunjung dari luar Kota Ciamis datang ke makam untuk ziarah ke makam Waliyulloh Syekh H Abdul Wajah,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Ciamis, H Wasdi Ijudin, Sabtu (26/9/2020).

Wasdi mengatakan, Syekh Abdul Wajah merupakan penyebar agama islam sekaligus penerus Syekh Abdul Muhyi (Pamijahan) dari Mataram. Sedangkan Syekh Abdul Wajah bersemayamnya pada Makam Gunungsari karena keturunan Galuh.

“Kalau orang mengetahui tentang keturunan-keturunan Waliyulloh, pasti mereka akan datang untuk melakukan ziarah. Termasuk Ciamis ini, adalah Waliyulloh penerus dari Syekh Abdul Muhyi yang dari Pamijahan, Tasikmalaya,” katanya.

Menurutnya, kalau untuk menjadi destinasi wisata religi. Pihaknya akan mendukung, serta akan mendorong intansi terkait dan Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk membentuk legalitas wisata daerah.

“Ini sangat berpotensi, saya sangat mendukung jika menjadi wisata religi. Namun, jika mau menjadi wisata religi atau desa wisata harus membuat perdesnya dan bentuk pengelolaanya,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua BPPD Ciamis, Endang Haris Juandana menambahkan, pihaknya selaku Badan Promosi Pariwisata Daerah Ciamis siap mempromosikan wisata religi untuk Makam Gunungsari ini.

“Kalau sudah jadi, kami siap membantu dengan cara mempromosikan destinasi tersebut. Karena, itu sangat berpotensi sekali. Terlebih, ada nilai religi didalamnya,” pungkasnya. (Ferry/R9/HR-Online)