Pendaftaran Prakerja Sedang Dievaluasi Pada Dashboard, Berarti Lolos?

Pendaftaran Prakerja Sedang Dievaluasi
Pada dasboard Prakerja muncul keterangan Pendaftaran Sedang Kami Evaluasi. Foto: Ist/Net

Pendaftaran Prakerja Sedang Dievaluasi muncul pada dashboard akun Prakerja saat Anda sudah mendaftar kartu Prakerja.

Pada dashboard peserta biasanya akan tertera keterangan ‘Yay! Pendaftaranmu Sedang Kami Evaluasi’.

Selain itu pada bagian bawah pilihan gelombang Kartu Prakerja ada juga keterangan ‘Sedang Evaluasi’.

Anda mungkin bertanya-tanya apa maksud dari keterangan tersebut. Apakah Anda lolos? Berapa lama evaluasi yang pihak manajemen pelaksana Kartu Prakerja lakukan?

Baca Juga: Pengumuman Prakerja Gelombang 9, Cek untuk Pastikan Anda Lolos!

Arti Pendaftaran Prakerja Sedang Dievaluasi

Sebelum pengumuman kartu Prakerja resmi terkirim kepada pendaftar melalui SMS, pihak manajemen mengevaluasi pendaftaran yang Anda lakukan pada website Kartu Prakerja.

Setelah proses pendaftaran berakhir pada satu gelombang, misalnya pendaftaran kartu Prakerja gelombang 9 yang tutup pada Senin, 21 September 2020.

Manajemen pelaksana kartu Prakerja memiliki waktu 4 hari untuk mengevaluasi apakah pendaftar lolos atau tidak?

Saat tahap tersebut berlangsung, pada dashboard akun Prakerja akan ada keterangan Pendaftaran Prakerja Sedang Dievaluasi.

Sejumlah peserta Prakerja yang sudah lolos dan menerima insentif mengemukakan, jika sudah ada keterangan tersebut, maka kemungkinan untuk lolos makin besar.

Anda perlu ingat juga bahwa setiap gelombang pendaftaran Kartu Prakerja selalu ada kuota. Misalnya untuk kuota Prakerja gelombang 9 hanya untuk 800 ribu peserta. Sementara jumlah pendaftar bisa lebih dari 800 ribu.

Target peserta Kartu Prakerja sendiri sebanyak 5,7 juta. Saat ini kuota yang tersedia tinggal 1 juta peserta lagi, termasuk kuota untuk gelombang 9.

Jika kuota peserta Kartu Prakerja gelombang 9 sebanyak 800 ribu orang, maka sisanya tinggal 200 ribu saja.

Jika dalam dashboard muncul keterangan Pendaftaran Prakerja Sedang Dievaluasi, ada kemungkinan Anda bisa lolos. Namun bisa juga Anda tidak lolos, lantaran kuota peserta kartu Prakerja terbatas.

Baca Juga: Gagal Daftar Kartu Prakerja, Perbaiki Kesalahan Ini Agar Lolos!

Saat Lolos Daftar Prakerja, Ini yang Harus Anda Lakukan

Jika Anda lolos sebagai peserta program Kartu Prakerja, yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti pelatihan. Namun sebelumnya jika Anda menggunakan e-wallet, maka pastikan e-wallet yang Anda daftarkan telah menerima saldo untuk pembelian pelatihan.

Jika sudah ada saldo untuk membeli pelatihan, maka segera pilih pelatihan sesuai kebutuhan Anda.

Berbeda ketika status dalam dashboard masih tertera keterangan Pendaftaran Prakerja Sedang Dievaluasi. Saat Anda sudah lolos, Anda pilih pelatihan dari vendor yang bekerja sama dengan manajemen pelaksana Kartu Prakerja.

Cara Memilih Pelatihan yang Tepat

Pilihlah yang sekiranya mudah Anda ikuti. Pilihan pelatihan yang tersedia berasal dari Tokopedia, Skill Academy, mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, SekolahMu, Kemnaker, dan Pijar.

Dalam akun Instagram Prakerja, terdapat tips untuk Anda yang sudah lolos pendaftaran Prakerja dan ingin memilih pelatihan yang tepat.

Anda bisa terlebih dahulu membandingkan antara konten, silabus, harga, sampai durasi pelatihan pada satu platform dengan platform lainnya. Pastikan juga persyaratan dalam pelatihan tersebut sanggup Anda penuhi.

Jika sebelumnya dalam dashboard ada keterangan Pendaftaran Prakerja Sedang Dievaluasi, maka saat sudah lolos, segera pilih pelatihan yang tepat.

Anda bisa terlebih dahulu memeriksa ulasan maupun rating pada platform pelatihan yang tersedia. Ulasan dan rating tersebut berasal dari pengguna lain. Perhatikan dengan cermat ulasannya sebelum Anda memutuskan untuk memilih pelatihan mana yang akan Anda ikuti.

Jika saldo sudah masuk pada e-wallet Anda sebesar Rp 1 juta, Anda boleh memilih pelatihan yang Anda bisa ikuti. Jumlah dan harganya pun tergantung pilihan Anda.

Anda pun perlu memeriksa apakah pelatihan yang Anda pilih sudah menyediakan sertifikat. Karena sertifikat ini penting untuk proses mendapatkan insentif Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan.

Lebih penting lagi Anda memilih pelatihan yang sesuai dengan minat. Jika sudah yakin dengan pelatihan yang akan Anda ikuti, maka segera pilih.

Saat dalam dashboard masih ada keterangan Pendaftaran Prakerja Sedang Dievaluasi, Anda bisa menunggu sampai pengumuman lolos sebagai peserta.

Baru anda bisa memilih pelatihan dan mengikuti pelatihannya sampai tuntas. Selain itu, ikuti juga tahapan evaluasi. Jika sudah selesai sampai evaluasi, pastikan Anda mendapatkan sertifikat kelulusan.

Insentif Kartu Prakerja

Perlu Anda ingat sertifikat ini penting untuk mendapatkan insentif Prakerja. Peserta program Kartu Prakerja akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 3,55 juta.

Rinciannya, RP 1 juta untuk pelatiuhan yang Anda ikuti. Sedangkan insentif yang benar-benar akan Anda terima langsung sebesar Rp 2,4 juta.

Baca Juga: Penyebab Insentif Prakerja Gagal Cair, Begini Cara Mengatasinya!

Insentif tersebut akan tersalurkan lewat e-wallet maupun rekening BNI dari peserta. Setiap pencairan insentif sebesar Rp 600 ribu per bulan. Anda akan mendapatkannya selama 4 bulan.

Sisanya Rp 150 ribu untuk survey yang Anda isi. Akan ada tiga kali survey, masing-masing survey bernilai Rp 50 ribu. Pastikan Anda mengikuti ketiga survey tersebut.

Itulah penjelasan terkait keterangan pada dashboard akun Pendaftaran Prakerja Sedang Dievaluasi. Jika sudah lolos maka ikuti tahapannya sampai selesai untuk mendapat insentif. (R7/HR-Online)