Pengaturan Jam di HP Samsung, Simak Caranya Berikut Ini!

Pengaturan Jam di HP Samsung
Ilustrasi Pengaturan Jam di HP Samsung, Foto: Ist/net

Pengaturan jam di HP Samsung, tentu saja dapat kita ubah sesuai dengan keinginan. Seperti yang kita tahu bahwa HP merupakan perangkat elektronik multifungsi.

Salah satu fungsi pentingnya adalah untuk mengingatkan waktu segala aktivitas harian kita. Bahkan, tak jarang sebagian pengguna HP sering sibuk mengecek jam karena banyaknya kegiatan yang harus kita lakukan.

Setiap HP yang kita gunakan, pastinya memiliki perbedaan pada pengaturan waktu atau jamnya. Terdapat pengguna yang sengaja men-setting waktu atau jam secara manual dan juga ada yang secara otomatis.

Simak Berikut Ini Cara Melakukan Pengaturan Jam di HP Samsung!

Pada dasarnya, jam atau waktu pada HP ini memiliki peranan yang sangat penting. Biasanya terdapat beberapa aplikasi yang membutuhkan data waktu yang ada pada HP.

Baca juga: Tombol Volume HP Tidak Berfungsi, Begini Cara Mengatasinya

Terutama membutuhkan data waktu yang sesuai dengan waktu yang sebenarnya. Bukan hanya itu saja, waktu atau jam yang salah juga akan membuat koneksi internet terputus.

Bahkan tak jarang mengalami kegagalan, sehingga dapat menyusahkan penggunanya. Dari ponsel yang kini tengah beredar, seperti Samsung, Asus, Xiaomi, dan merek ponsel lainnya memiliki perbedaan, terutama dalam segi pengaturan jamnya.

Hal tersebut tentu saja harus kita perhatikan agar kita tidak salah dalam melakukan pengaturan yang mengakibatkan kegagalan. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan penjelasan mengenai cara melakukan pengaturan jam di HP Samsung.

Berikut ini adalah langkah-langkah mudahnya yang bisa anda ikuti. Kali ini kita akan mencobanya pada HP Samsung Galaxy S7.

Untuk HP Samsung jenis lainnya, bisa jadi cara pengaturannya berbeda. Sehingga, anda harus cermat ketika melakukan pengaturan jam tersebut.

Langkah Pertama

Geser ke arah bawah dari atas layar HP Samsung anda terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk membuka Notification Shader.

Setelah itu, silahkan anda mengetuk tombol pengaturan pada sudut kanan atas. Tombol pengaturan tersebut terlihat seperti roda gigi, sehingga jangan sampai anda keliru mengetuknya.

Berikutnya anda ketuk tombol tanggal dan waktu. Tombol ini terletak pada bagian bawah layar pengaturan.

Langkah Kedua

Setelah anda sudah mengetuk tombol tanggal dan waktu, masuk ke langkah berikutnya untuk pengaturan jam di HP Samsung. Alihkan tombol tanggal serta waktu otomatis ke kiri.

Hal tersebut bertujuan agar dapat mengatur waktu atau jam secara manual. Anda juga bisa sekaligus melakukan pengaturan tanggal.

Baca juga: Mode Malam HP Samsung, Berikut Ini Cara Mengaktifkannya!

Caranya adalah dengan mengetuk Setel Tanggal untuk meluncurkan kalender. Setelah itu, ketuk pada tanggal yang anda inginkan untuk mengatur telepon.

Langkah Ketiga

Bila pengaturan jam sudah anda lakukan, maka silahkan untuk ketuk selesai untuk menyimpan perubahan yang anda lakukan. Kemudian, ketuk waktu atau jam yang anda tentukan untuk meluncurkan rol jam.

Anda dapat menggulirkan ke pengulangan untuk mengatur jam, menit, dan AM/PM. Sesuaikan saja dengan kebutuhan pengaturan jam di HP Samsung anda.

Langkah Keempat

Langkah selanjutnya adalah dengan ketuk selesai untuk melakukan penghematan waktu. Ketuk pilih zona waktu untuk meluncurkan daftar pilihan zona waktu.

Baca juga: Screenshot HP Samsung, Simak Cara Mudahnya Berikut Ini!

Setelah itu, ketuk zona waktu yang ingin anda atur pada HP anda. Pengaturan jam anda sekarang harus anda atur secara manual ke waktu, tanggal, dan zona waktu yang sudah anda tentukan.

Cara Menggunakan Jam 24 Jam pada HP Samsung

Bila anda lebih suka mengatur tampilan waktu dalam format 24 jam, juga bisa anda lakukan dengan mudah. Pengaturan jam di HP Samsung ini hampir sama dengan cara sebelumnya. Berikut ini adalah langkah mudahnya untuk anda.

Langkah Pertama

Geser ke arah bawah dari atas layar anda untuk membuka Notification Shade. Ketuk tombol pengaturan pada sudut kanan atas (terlihat seperti roda gigi).

Langkah Kedua

Setelah itu, silahkan anda untuk mengetuk tombol tanggal dan waktu pada bagian bawah layar pengaturan. Kemudian gerakkan tombol untuk menggunakan format 24 jam ke arah kanan.

Hal ini bertujuan untuk mengaktifkan pengaturan ini. Itulah tadi cara melakukan pengaturan jam di HP Samsung yang bisa anda lakukan. Cara ini bisa anda lakukan pada HP Samsung Galaxy S7, terdapat kemungkinan untuk HP Samsung lainnya cara pengaturannya berbeda. (R10/HR-Online)

Loading...