Pengelolaan Bank Sampah Terbaik di Ciamis Bakal Dapat Motor

Ciamis Akan Beri Motor, Reward Pengelolaan Bank Sampah Terbaik
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya bersama Kadis DPRPKLH Ciamis Taufik Gumelar. Foto: Ferry/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Pemkab Ciamis akan beri hadiah motor untuk masyarakat yang aktif dalam mengelola persampahan, sebagai reward pengelolaan bank sampah terbaik.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyampaikan hal tersebut dalam kegiatan World Clean Up Day tahun 2020 tingkat Kabupaten Ciamis, Sabtu (19/9/2020), Kelurahan Benteng, Kecamatan Ciamis, Jawa Barat.

“Dalam upaya memotivasi masyarakat, kami akan berikan reward pengelola bank yang nabung sampahnya banyak. Akan ada hadiah motor, untuk penyerahan hadiah pada saat hari jadi Ciamis,” ujar Herdiat.

Pemkab Ciamis sangat serius dalam pengelolaan sampah. Inovasi sedekah sampah dan bank sampah dari DPRKPLH Ciamis menjadi inovasi terbaik di Jawa Barat dan Nasional.

“Inovasi pengelolaan Bank sampah saat ini sudah mencapai 152 yang tadinya hanya 70 bank sampah yang tersebar di 27 kecamatan,Kabupaten Ciamis,” tutur Herdiat.

Herdiat menambahkan, selain mempunyai bank sampah. DPRKLH Kabupaten Ciamis juga mempunyai magot yang mempunyai nilai bisnis tinggi. Magot itu juga dari sampah organik yang membusuk dengan wadah tertentu.

“Magot dari permentasi sampah yang membusuk itu bisa menjadikan makanan bagi ternak, seperti ikan, ayam dan ternak lainya. Selain untuk inovasi mengatasi persampahan, magot ini juga ladang bisnis yang menguntungkan,” terang Herdiat.

Sementara itu, Kepala DPRKPLH Kabupaten Ciamis, H. Taufik Gumelar mengucapkan terimakasih kepada Bupati Ciamis yang telah memberikan apresiasi tentang inovasi pengelolaan bank sampah Kabupaten Ciamis.

“Iya, nanti akan ada reward atau hadiah dari Bupati Ciamis, untuk penabung dan pengelola bank sampah terbanyak dan berprestasi, berupa 1 buah motor untuk penabung atau masyarakat, dan 1 buah viar untuk pengelola yang berprestasi sebagai penunjang kebersihan,” ucap Taufik.

Taufik berharap, dengan adanya reward ini dapat menjadikan motivasi bagi masyarakat Ciamis. Serta menumbuhkan kebiasaan yang baik dalam pengelolaan sampah.

“Saya sangat berharap Ciamis dengan pengelolaan bank sampah yang baik. Ke depannya menjadi kota yang bersih, asri dan juga bernilai. Sehingga menjadi daya tarik untuk mendatangkan pengunjung ke Ciamis,” pungkasnya. (Ferry/R9/HR Online)