Pengunci Jok Motor Macet, Berikan Cairan Pelumas Khusus

Pengunci Jok Motor Macet Berikan Cairan Pelumas Khusus
Ilustrasi pengunci jok motor. Foto istimewa

Pengunci jok motor biasanya terintegrasi dengan rumah kunci utama. Namun, ada juga kendaraan yang memiliki kunci berbeda pada bagian tersebut dan rumah kunci stop kontak.

Pada tipe stop kontak yang terpisah akan lebih rentan terhadap masalah. Misalnya kunci sulit dibuka karena rumah kunci terhalang debu yang menggumpal.

Apalagi jika pengunci jok yang berada pada posisi atas atau belakang. Jok motor memiliki fungsi yang cukup penting bagi pemilik kendaraan.

Apalagi saat ini sudah banyak produk sepeda motor yang menyediakan jok berukuran luas. Jok motor biasa digunakan untuk meletakkan barang-barang penting ketika pengendara bepergian.

Tidak perlu repot-repot membawa tas untuk tempat barang, namun jok motor bisa membantu membawanya. Sayangnya, pengunci jok motor kerap bermasalah. Masalah yang sering terjadi pada kunci jok, yaitu macet. Hal ini biasanya karena faktor kunci yang sudah aus atau berkarat.

Pengunci Jok Motor Bermasalah

Komponen kunci yang susah terbuka membuat pemilik kendaraan merasa kerepotan. Apalagi bagi kendaraan yang tangki bensinnya berada di dalam, pastinya akan kesulitan.

Lantas apa saja yang menyebabkannya macet? Biasanya rumah kunci yang berkarat menjadi penyebab macetnya kunci. Keberadaan rumah kunci pada setiap kendaraan berbeda-beda.

Ada yang posisinya berada pada bagian belakang, samping, hingga atas. Rumah kunci yang berada pada bagian belakang memang rentan kemasukan debu, air, dan yang lainnya.

Jika hal ini terjadi pada anda, sebaiknya jangan paksakan untuk membukanya. Sebab, bisa-bisa kunci patah di dalam. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan ketika pengunci jok motor bermasalah.

Atasi debu-debu yang mengakibatkan seretnya kunci yang membuat tuas terdalamnya menjadi macet. Agar hal ini bisa anda atasi, sebaiknya ketahui apa saja penyebab dan cara mengatasinya. Ketika anda tahu apa saja penyebabnya, berarti cara mengatasinya pun akan lebih mudah.

Baca Juga : Motor Jarang Dipakai, Perhatikan Semua Komponennya Termasuk Aki

Penyebab Kunci Jok pada Motor Macet

Kunci pada bagian motor yang satu ini perlu perawatan seperti komponen lainnya. Jika tidak anda rawat dengan baik, maka terjadi masalah yang bisa timbul.

Salah satu yang biasa terjadi dan dialami pemilik motor yaitu macetnya kunci hingga sulit terbuka. Bahkan ada juga yang terus mencobanya dan justru kini patah.

Biasanya komponen ini tidak bisa terbuka karena banyaknya debu yang menempel pada sela-sela tempat tersebut. Oleh karena itu, rawat dan pastikan komponen ini tetap dalam keadaan bersih.

Debu bisa masuk dengan mudah saat kendaraan berjalan. Debu itulah yang masuk ke dalam rumah kunci dan membuat beberapa tuas menjadi seret.

Baca Juga : Kick Starter Macet, Sebaiknya Selalu Fungsikan Agar Tidak Terjadi

Cara Mengatasi Pengunci Jok Macet

Setelah anda tahu apa penyebab kunci jok roda dua macet, sebaiknya cari tahu bagaimana cara mengatasinya. Jangan tergesa-gesa bawa ke bengkel karena anda bisa mengatasinya sendiri.

Biasanya untuk mengatasi pengunci jok motor macet, cairan penetran atau sejenis chain lube mampu mengatasinya. Saat anda membeli cairan pelumas ini, biasanya memiliki kelengkapan pipa kecil.

Pipa ini bisa anda pasang pada lubang semprot untuk mengaplikasikannya pada rumah kunci jok. Semprotkan cairan pelumas melalui lubang rumah kunci.

Ketika kunci bisa masuk dan jok terbuka, anda juga bisa semprotkan ke beberapa engsel dan tuas. Hal ini bertujuan agar rumah kunci bisa kembali bekerja secara maksimal.

Menyemprotkan cairan pelumas memang bisa anda lakukan dengan mudah, sebab sudah tersedia sedotan kecil. Jika jok sudah bisa terbuka, jangan lupa semprot juga bagian dalam rumah kunci.

Namun, jika kondisi rumah kunci sudah tidak bagus, pegas, atau lemah, lebih baik anda ganti. Anda bisa dapatkan cairan pelumas tersebut dengan harga terjangkau.

Namun, semua tergantung dari merek dan besarnya botol pelumas tersebut. Banyak bengkel yang menyediakan cairan pelumas ini dan bisa anda dapatkan dengan mudah.

Jok motor memiliki fungsi yang cukup penting. Ketika sulit terbuka, pastinya bisa menimbulkan masalah. Terutama ketika akan mengisi bahan bakar.

Pengunci jok motor yang tidak bisa berfungsi dengan baik membuat pemilik kendaraan merasa kesal. Apalagi hal ini terjadi ketika akan melakukan pengisian bahan bakar atau mengambil barang yang tersimpan dalam jok motor. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Tarikan Motor Berat, Bisa Disebabkan Karena Beragam Faktor Berbeda