Pengunjung Wisata Cireong Ciamis Tak Pakai Masker, Petugas Beri Sanksi

Pengunjung Wisata Cireong Ciamis Tak Pakai Masker, Petugas Beri Sanksi
Operasi yustisi dilaksanakan petugas gabungan Polsek Cikoneng, Koramil Cikoneng dan Karang Taruna Sukaresik, di obyek wisata alam Cireong, Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, kabupaten Ciams, Minggu (20/9/2020). Foto:Istimewa

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Sebanyak 30 pengunjung obyek wisata alam Cireong, Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, kabupaten Ciams, kedapatan tak pakai masker, Minggu (20/9/2020).

Petugas gabungan dari Polsek Cikoneng yang tengah melaksanakan operasi yustisi langsung memberikan teguran dan sanksi.

Operasi yustisi Polsek Cikoneng tersebut bekerjasama dengan Koramil Cikoneng dan Karang Taruna Desa Sukaresik.

Operasi tersebut sasarannya para pengunjung obyek wisata Cireong Ciamis yang tak menggunakan masker.

Kapolsek Cikoneng, Kompol Widarjo memimpin langsung operasi yustisi penegakan disiplin penggunaan masker tersebut.

“Operasi ini melibatkan 5 personel Polsek Cikoneng, 1 anggota Koramil 1301/Cikoneng, dan 5 anggota Karang Taruna Desa Sukaresik,” ujar Widarjo.

Kapolsek menyebut, selain pengunjung, sasaran dari kegiatan operasi ini yakni pedagang area obyek wisata Cireong Ciamis yang tak pakai masker.

“Kita juga imbau ke pengunjung agar tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti pakai masker dan jaga jarak saat berwisata,” katanya.

Baca Juga: Polsek Cikoneng Ciamis Imbau Pengunjung Wisata Cireong Pakai Masker

Menurutnya, operasi yustisi ini tak lain untuk menumbukan kesadaran warga agar selalu menggunakan masker saat beraktifitas terutama di lokasi keramaian.

“Penggunaan masker ini menjadi cara efektif dan efisien mencegah terpapar dari virus corona. Dengan penggunaan masker kita ikut membantu memutus rantai penyebaran Covid-19,” jelas Widarjo.

Pada kegiatan tersebut, pihaknya langsung memberikan sanksi dan teguran, bagi pengunjung wisata Cireong yang kedapatan tak pakai masker.

Pihaknya memberikan teguran lisan, teguran tertulis, sanksi sosial, hingga memberikan sanksi fisik.

Sebanyak 25 orang yang tak pakai masker kita langsung tegur secara lisan. Sementara 5 lainya kita suruh mengucap Pancasila, menyanyikan lagu Indonesia Raya serta push up,” jelasnya.

Selain memberikan edukasi tentang protokol kesehatan, pada kesempatan tersebut Polsek Cikoneng juga membagikan masker gratis kepada pengunjung wisata Cireong Ciamis yang tak pakai masker.

 “Ada 27 masker yang kita bagikan secara cuma-cuma ke pengunjung,” pungkasnya. (Jujang/R8/HR Online)