Penyebab Insentif Prakerja Gagal Cair, Begini Cara Mengatasinya!

Penyebab Insentif Prakerja Gagal Cair Cara Mengatasi Insentif Prakerja Gagal Cair
Penyebab Insentif Prakerja Gagal Cair, Ini Cara Mengatasinya!. Foto: Dok HR

Penyebab insentif Prakerja gagal cair perlu Anda ketahui. Pasalnya masih ada sejumlah peserta Kartu Prakerja yang insentifnya tak kunjung cair. Anda juga perlu mengetahui cara mengatasi insentif Prakerja yang gagal cair.

Baca Juga: Gagal Daftar Kartu Prakerja, Perbaiki Kesalahan Ini Agar Lolos!

Dalam FAQ Kartu Prakerja tercantum sejumlah penyebab insentif Prakerja yang tak kunjung cair. Hal ini perlu Anda cermati agar tahu solusinya sehingga insentif Kartu Prakerja Anda secepatnya cair.

Penyebab Insentif Prakerja Gagal Cair

Ada sejumlah penyabab kenapa Anda tak kunjung menerima insentif. Perhatikan penjelasan berikut agar tahu cara mengatasinya:

Akun e-Wallet

Anda belum meng-upgrade akun e-wallet, sehingga insentif Prakerja tidak juga cair. Selain itu bisa juga karena akun e-wallet Anda masih dalam proses.

Padahal e-wallet ini penting, lantaran pencairan insentif kartu Prakerja melalui akun e-wallet yang Anda daftarkan saat bergabung menjadi peserta kartu Prakerja.

Selain belum upgrade dan masih dalam proses, Anda juga bisa bermasalah dengan identitas yang Anda masukkan pada akun e-wallet.

Misalnya identitas yang Anda cantumkan dalam e-wallet tidak sesuai dengan data Anda yang terdaftar dalam program Kartu Prakerja. Hal ini pun bisa menjadi penyebab insentif Prakerja gagal cair.

Rekening

Anda tidak menggunakan e-wallet untuk proses pencairan insentif Prakerja, namun menggunakan nomor rekening bank yang ditunjuk oleh manajemen Kartu Prakerja.

Hal ini pun bukannya tanpa masalah. Jika Anda menggunakan rekening bank atas nama orang lain, maka ini bisa jadi salah satu alasan tidak cairnya insentif.

Rating dan Ulasan

Jika Anda tidak memberikan rating dan ulasan pada lembaga pelatihan yang Anda ikuti, ini pun bisa jadi penyebab insentif Prakerja gagal cair. Anda pun harus mengisi ulasan pada mitra pelatihan Prakerja.

Metode Pembayaran

Metode pembayaran yang Anda ubah juga bisa menyebabkan gagalnya pencairan insentif. Terutama apabila Anda mengubah metode pembayaran insentif tepat seminggu sebelum jadwal pencairan.

Jika pencairan insentif Prakerja bertepatan dengan hari libur, ini pun bisa jadi alasan kenapa insentif Anda tak kunjung cair.

Sistem

Jika sistem pada website Prakerja bermasalah, ini pun bisa jadi penyebab insentif Prakerja gagal cair. Untuk hal ini, Anda perlu bersabar hingga pihak manajemen memperbaiki kesalahan pada sistem Prakerja.

Cara Mengatasi Insentif Prakerja Gagal Cair

Setelah Anda mengetahui penyebab gagalnya pencairan insentif Prakerja, Anda kini harus tahu cara mengatasinya.

Baca Juga: Insentif Prakerja Belum Cair Juga? Cek Penyebabnya di Sini!

Anda terlebih dahulu harus mencari tahu apa yang menjadi penyebab Anda gagal menerima insentif Prakerja.

Pertama, Anda bisa mengecek identitas pada e-wallet. Jika sudah sesuai maka tidak ada masalah, jika identitas pada akun e-wallet berbeda, maka Anda bisa meminta bantuan pihak e-wallet melalui email atau hubungi call center.

Pastikan juga Anda meng-upgrade akun e-wallet Anda menjadi akun premier. Jika Anda menggunakan rekening, pastikan juga rekening yang Anda daftarkan atas nama sendiri, bukan atas nama orang lain.

Kedua, Anda cek terlebih dahulu apakah Anda sudah memberi rating dan ulasan pada lembaga pelatihan dan mitra pelatihan Prakerja. Jika sudah maka tidak ada masalah, namun jika belum, maka segera beri rating dan ulasan.

Ketiga, Anda perlu ingat juga, jangan sekali-kali mencoba untuk mengubah metode pembayaran. Karena hal ini bisa jadi penyebab insentif Prakerja gagal cair.

Jika jadwal pencairan insentif kartu Prakerja bertepatan dengan hari libur, maka akan Anda keterlambatan Anda menerima insentif.

Meskipun begitu, jangan khwatir, jika Anda tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang disebutkan sebelumnya, maka tinggal tunggu waktu saja sampai insentif kartu Prakerja sampai ke tangan Anda.

Anda bisa menunggu sampai 7 hari setelah rilis jadwal pencairan insentif. Begitu juga jika e-wallet sedang mengalami gangguan, maka Anda bisa menunggu dalam beberapa hari lagi. Harap bersabar ya.

Keempat, bagaimana jika alasan insentif Prakerja tak kunjung cair karena masalah sistem? Untuk masalah ini, memang membutuhkan waktu untuk proses pencairan insentif.

Penyebabnya pun bisa bermacam-macam, karena itu sekali lagi jika penyebab insentif Prakerja gagal cair akibat masalah sistem, maka Anda perlu bersabar. Tapi jangan khawatir, karena dana insentif pasti cair jika Anda sudah melakukan semua tahapan dengan benar. (Ndu/R7/HR-Online)