Perbedaan Angiospermae dan Gymnospermae Berdasarkan Strukturnya

Perbedaan Angiospermae dan Gymnospermae
Ilustrasi Perbedaan Angiospermae dan Gymnospermae. Foto Istimewa

Perbedaan angiospermae dan gymnospermae dapat kita lihat dari jenisnya. Angiospermae adalah tumbuhan dengan biji tertutup. Sedangkan gymnospermae adalah tumbuhan dengan biji yang terbuka.

Kedua jenis tumbuhan ini termasuk ke dalam golongan atau kategori spermatophyta atau tumbuhan berbiji. Untuk gymnospermae memiliki empat divisi yang bertahan sampai sekarang ini. Sementara itu, angiospermae terdiri atas tumbuhan monokotil dan juga dikotil.

Mengenal Perbedaan Angiospermae dan Gymnospermae

Perbedaan yang lebih jelas lagi dapat kita lihat dari beberapa ulasan mengenai pengertian dan juga jenis kedua tumbuhan ini. Karena kedua tumbuhan ini adalah sama-sama termasuk ke dalam spermatophyta.

Yang mana spermatophyta adalah tanaman yang pada bagian tubuhnya terdapat akar, daun, dan juga batang. Lalu bundel vaskular mereka berkembang dengan cukup baik.

Kemudian, spermatophyta adalah tumbuhan yang menghasilkan biji. Jika melihat dari pengertiannya, kita juga dapat mengetahui perbedaan kedua tumbuhan ini.

Melansir dari Wikipedia, perbedaan angiospermae dan gymnospermae dapat terlihat dari pengertiannya. Tumbuhan dengan biji terbuka atau gymnospermae adalah kelompok tumbuhan yang memiliki biji dan biji tersebut tidak terlindungi bakal buah (ovarium).

Sedangkan, untuk tumbuhan dengan biji tertutup atau angiospermae memiliki biji dengan biji yang selalu tertutup atau terlindungi oleh bakal buah.

Baca Juga: Perbedaan Arteri dan Vena, Fungsi, Struktur, dan Jenisnya

Gymnospermae

Sebenarnya, sebutan untuk gymnospermae berasal dari bahasa Yunani, yakni dari kata gymnos artinya telanjang dan juga sperma yang artinya biji. Pada tumbuhan ini serbuk sarinya dapat langsung jatuh pada calon biji.

Calon biji tersebut yang belum pernah terjadi pembuahan serta bukan merupakan kepala putik seperti pada tumbuhan yang berbunga. Jadi, dapat kita ambil penjelasan secara singkat, gymnospermae adalah tanaman berbiji yang tanpa buah.

Lalu perbedaan angiospermae dan gymnospermae, tanaman gymnospermae sangat identik dengan pohon berkayu atau juga seperti perdu. Sebagian besar dari tanaman ini tidak mempunyai xilem dan menjadi sekelompok kecil tanaman yang ada.

Angiospermae

Angisospermae adalah tanaman dengan jenis yang paling banyak hidup pada muka bumi ini. Ia termasuk ke dalam suku rumput-rumputan yang mendominasi lingkungan.

Kemampuan tanaman ini untuk berkembang dan juga hidup hampir terdapat pada semua lingkungan. Mereka memiliki buah, biji, dan juga bunga. Tanaman ini banyak yang bermanfaat untuk kehidupan manusia, sehingga selalu dikembangkan dengan bantuan atau secara alami.

Perbedaan Berdasar Struktur dan Ciri

Berikut adalah perbedaan angiospermae dan gymnospermae berdasarkan struktur serta ciri-ciri bagian tubuhnya, antara lain:

Biji

Biji yang ada pada tumbuhan gymnospermae adalah biji terbuka. Sedangkan pada angiospermae tertutup. Sehingga, daun buahnya tak terlihat dari luar.

Baca Juga: Perbedaan Monokotil dan Dikotil, Lengkap dengan Ciri dan Contohnya

Pembuahan

Proses dari pembuahan pada jenis tumbuhan gynospermae adalah dengan pembuahan secara tunggal. Hal ini memiliki arti kata jika hanya terjadi satu kali pembuahan, yakni antara sperma dan juga ovum.

Untuk pembuahan tunggal ini hanya terdapat satu sel sperma. Yang kemudian, akan membuahi satu sel telur dan membentuk zigot. Sementara itu, untuk proses pembuahan pada angiospermae adalah dengan pembuahan ganda.

Perbedaan angiospermae dan gymnospermae pada pembuahan ganda ini, terdapat dua sel sperma yang melebur. Proses dari pembuahan ganda ini terjadi dua kali. Pertama, spermatozoa 1 membuahi sel telur, lalu menghasilkan zigot. Zigot inilah yang nantinya akan menjadi biji.

Sedangkan untuk proses pembuahan kedua yakni spermatozoa 2. Dimana membuahi kantung lembaga sekunder yang akan menghasilkan endospermae dan nantinya menjadi daging buah.

Ovarium

Pada tumbuhan gynospermae tidak memiliki ovarium. Sedangkan untuk tumbuhan angiospermae mempunyai ovarium yang berupa putik.

Bentuk Daun

Tumbuhan gymnospermae memiliki bentuk daun yang sempit dan kaku. Misalkan saja pada tumbuhan pakis haji yang daunnya majemuk dan bentuk tulang daunnya tidak beragam.

Sementara itu, untuk tumbuhan angisospermae memiliki bentuk daun yang pipih (ada juga yang menyirip dan menjari) dengan susunan daun yang bervariasi.

Baca Juga: Perbedaan Planet dalam dan Planet Luar yang Wajib Diketahui

Alat Reproduksi

Perbedaan angiospermae dan gymnospermae terdapat juga pada alat reproduksinya. Tumbuhan gymnospermae memiliki alat reproduksi yang bernama strobilus. Alat reproduksi ini merupakan sebuah kumpulan sporofil yang mempunyai struktur seperti kerucut pada ujung cabang (tunas fertile).

Untuk alat reproduksi pada angiospermae merupakan bunga yang terdiri atas putik sebagai alat reproduksi betina dan benang sari untuk yang jantan. Pembuahan akan terjadi saat benang sari masuk ke dalam kepala putik.

Batang

Tumbuhan gymnospermae memiliki kambium. Sedangkan pada angiospermae terdapat kambium (tumbuhan berkeping dua) dan juga ada yang tidak (berkeping tunggal).

Akar

Perbedaan angiospermae dan gymnospermae yakni pada akar. Gymnospermae memiliki akar tunggang. Sedangkan pada angiospermae memiliki akar yang bervariasi. Untuk tumbuhan yang berkeping ganda, akarnya tunggang. Sedangkan yang berkeping tunggal, berakar serabut. (R10/HR Online)