Perbedaan Gejala Corona dengan Flu dan Tipes, Awas Jangan Salah!

Perbedaan Gejala Corona dengan Flu dan Tipes
Perbedaan Gejala Corona dengan Flu dan Tipes, Awas Jangan Salah! Foto: Ist/Net

Perbedaan gejala Corona dengan flu dan tipes masih jadi perbincangan. Gejala dari tiga penyakit tersebut sering terlihat sama.

Sehingga, banyak orang yang tidak menyadari bahwa sebenarnya gejala yang sedang menimpanya adalah Covid-19 karena virus Corona. Oleh sebab itu, setiap orang harus mengetahui gejala dari ketiga penyakit tersebut.

Flu sendiri sebenarnya merupakan infeksi yang menyerang saluran pernapasan bagian atas. Virus yang menyerangnya bernama rhinovirus.

Biasanya, keluhan yang muncul datang dari tenggorokan dan hidung. Sementara itu, penyebab Covid-19 adalah virus yang bernama Coronavirus.

Baca Juga: Gejala Infeksi Corona Kata Para Ahli Terdapat 6 Tipe, Ini Jenisnya

Berbeda dengan flu dan Corona, tipes merupakan sebuah penyakit yang timbul karena infeksi bakteri. Sehingga, gejala yang timbul dari ketiga penyakit tersebut berbeda-beda.

Hanya saja, antara Corona dan flu kadang memiliki gejala yang hampir mirip. Penyakit Corona sendiri sebenarnya sering menyebabkan keluhan pada saluran pernapasan atas.

Perbedaan Gejala Corona dengan Flu dan Tipes

Saat wabah Covid-19 semakin menjadi-jadi, Anda harus membekali diri dengan pengetahuan yang cukup tentang penyakit ini. Karena itu, tidak ada salahnya Anda mengetahui perbedaan gejala antara Covid-19, flu, dan tipes.

Gejala Flu Biasa

Gejala dari flu biasanya sakit tenggorokan, sakit kepala, hidung tersumbat, hidung berair, bersin-bersin, batuk, sampai demam.

Biasanya, gejala penyakit ini muncul ketika sudah berinteraksi dengan orang yang sakit. Kebanyakan kasus menyebutkan bahwa anak-anak usia kurang dari 6 tahun rentan mengalami flu. Hal ini karena mereka memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah.

Gejala Corona

Perbedaan gejala Corona dengan flu dan typus akan semakin jelas ketika melihat gejala dari Corona itu sendiri.

Sebenarnya, ada 3 gejala utama yang biasanya muncul pada seseorang penderita Corona, yaitu demam tinggi, sesak napas dan batuk. Selain itu, ada berbagai gangguan lain yang menjadi gejala dari penyakit ini.

Biasanya, para penderita akan mengalami gangguan pada pengecapan dan penciuman. Bahkan beberapa dari merka ada yang menunjukkan gejala berupa sakit kepala, pilek, diare, nyeri otot, mual, sampai muntah.

Baca Juga: Flu dan Batuk Akibat Cuaca Panas, Begini Cara Mengatasinya

Pada sebuah kasus yang lebih parah, infeksi dari Coronavirus bisa menyebabkan komplikasi serius. Hal ini bisa menjadi penyebab meningkatnya angka kematian.

Perbedaan gejala Corona dengan flu dan tipes pun sebenarnya bisa terlihat dari virus yang menyerang bagian sistem pernapasan mana. Pada flu, virus menyerang sistem pernapasan atas.

Sedangkan pada Corona, virus menyerang sistem pernapasan bagian bawah. Oleh sebab itu, pada kasus berat ada banyak komplikasi yang berhubungan dengan paru-paru.

Gejala Tipes

Tipes bukanlah penyakit yang karena virus seperti halnya Corona dan flu. Melainkan karena adanya infeksi dari bakteri.

Gejala penyakit tipes biasanya muncul pada 1 sampai 3 minggu. Gejala yang timbul antara lain sakit kepala, demam tinggi, diare, sampai sakit perut. Kondisi ini akan semakin memburuk setiap waktunya.

Baca Juga: Pantangan Sakit Tipes yang Wajib Dihindari Agar Cepat Sembuh

Meskipun gejalanya agak mirip dengan Corona, tapi penyebab penyakitnya berbeda. Hanya saja, perbedaan Corona dengan flu dan tipes tidak bisa langsung diketahui. Perlu adanya penanganan terlebih dahulu. Sehingga, bisa diketahui sebenarnya penyakit apa yang sedang menyerang tubuh.

Cara Penanganan Corona, Flu dan Tipes

Setelah mengetahui perbedaan gejala dari Covid-19, flu, dan tipes, Anda juga harus mengetahui cara penanganan ketiga penyakit ini. Berikut penjelasannya:

Penanganan Flu Biasa

Biasanya, flu hanya terjadi dalam waktu 4 sampai 9 hari. Daya tahan tubuh yang baik akan membuat flu semakin cepat sembuh.

Oleh sebab itu, biasanya seseorang yang terinfeksi flu akan disarankan untuk banyak istirahat, makan makanan bernutrisi, sampai minum air mineral yang cukup. Untuk meringankannya, diberikan resep obat flu yang sudah cukup umum.

Penanganan Corona

Perbedaan gejala Corona, flu dan tipes tentunya membuat penanganannya pun berbeda. Untuk mereka yang sudah konfirmasi positif Covid-19 dengan gejala ringan seperti flu, biasanya cukup dengan mengonsumsi obat flu dan tetap melakukan isolasi mandiri.

Sementara, bagi penderita dengan gejala berat akan langsung ditangani oleh rumah sakit. Meskipun demikian, masih belum ada vaksin yang cocok untuk virus ini.

Penanganan Typus

Penanganan tipes biasanya dengan memberikan terapi antibiotik. Biasanya, para pasien harus obat penurun demam untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi. Untuk pengobatan typus, penderita bisa melakukannya dari rumah.

Demikianlah beberapa perbedaan gejala Corona, flu dan tipes. Sekaligus penanganan ketiga penyakit tersebut. Tetap jaga kesehatan ya. (Ndu/R7/HR-Online)