Permintaan Tinggi, Petani Milenial Ciamis Kembangkan Tanaman Porang

Tanaman Porang
Petani milenial dari PPPN Ciamis saat menunjukkan hasil umbi porang. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Potensi tanaman porang sebagai komoditas pangan menjadi daya tarik sendiri bagi kalangan petani maupun milenial sejumlah daerah, terutama wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Ketua Perkumpulan Petani Pegiat Porang Nusantara (PPPN) Ciamis, Taufan Nugraha, mengatakan, peluang bisnis tumbuhan jenis umbi-umbian ini sangat tinggi dan menjanjikan.

Apalagi kebutuhan dari dalam maupun luar negeri cukup tinggi, sehingga perlu pengembangan lebih lanjut.

“Alhamdulillah pegiat tanaman ini sangat tinggi. Tercatat sekitar 100 petani milenial bersama lainnya mulai membudidayakan porang dengan total perkiraan 50 hektar,” jelasnya, Rabu (30/9/2020).

baca juga: Komunitas Petani Porang “Purut Makmur Sauyunan” Ciamis Terbentuk

Menurutnya, budidaya porang sangat mudah, apalagi memiliki karakter sebagai tumbuhan liar. Sehingga bisa memanfaatkan lahan atau kebun yang kurang produktif.

Hingga saat ini, porang asal Ciamis sudah masuk ke pabrik sejumlah wilayah, seperti Jawa Tengah maupun Jawa Timur dengan rentang harga mulai Rp 8 ribu sampai Rp 10 ribu per kilogram umbinya.

“Pabrik-pabrik sekarang sangat butuh banyak, sehingga ini menjadi kesempatan kita untuk membudidayakannya. Selain itu, kegiatan ini juga bisa menambah penghasilan tambahan,” pungkasnya. (Fahmi/R6/HR-Online)