Pilihan Obat Kista Tradisional Terbaik Tanpa Perlu Operasi

Pilihan Obat Kista Tradisional Terbaik Tanpa Perlu Operasi
Ilustrasi penyakit kista pada wanita. Foto: Ist/net

Mengonsumsi obat kista tradisional bisa menjadi pilihan yang baik untuk meredakan atau mengatasi penyakit kanker ini. Apalagi pengobatan tradisional telah lama menjadi cara masyarakat Indonesia melawan penyakit.

Kista merupakan penyakit tumor jinak yang termasuk yang sering terjadi, khususnya pada kaum wanita. Sebenarnya mengatasi sel tumor kista ini cukup mudah yaitu dengan jalan operasi pembedahan.

Namun tak sedikit penderita kista yang takut menjalani pembedahan. Apalagi jika kondisinya belum berubah menjadi parah. Karena itulah banyak orang yang lebih memilih menggunakan herbal untuk mengatasinya.

Mengobati penyakit kista tanpa operasi dengan obat kista tradisional mungkin masih jarang terpikirkan oleh sebagian besar orang. Apalagi pengobatan modern sudah semakin canggih sehingga lebih menjadi pilihannya.

Jenis Obat Kista Tradisional Terbaik

Penanganan terbaik penyakit kista sebaiknya dengan berkonsultasi dan pengobatan medis dari dokter. Namun sebaiknya hindari mengonsumsi pil dan obat kimia tanpa menggunakan resep dokter.

Baca juga: Mengatasi Kista dengan Bahan Alami

Mengonsumsi pil dan obat kimia dapat memberikan efek samping yang buruk bagi tubuh, seperti ketergantungan, kerusakan ginjal, dan kerusakan hati. Sehingga bukannya memberikan kesembuhan namun malah akan dapat menimbulkan penyakit baru.

Sebagai alternatifnya Anda dapat memilih menggunakan herbal untuk mengatasi kista. Nah, berikut ini berbagai jenis herbal obat kista tradisional pilihan untuk meredakan penyakit tersebut.

Buah Tomat

Tomat merupakan buah sayuran yang populer dan dapat berguna sebagai obat anti penuaan atau anti aging. Namun ternyata orang juga telah lama memanfaatkan tomat sebagai obat alami untuk mengatasi kista dan menurunkan berat badan.

Kunyit Putih

Kunyit putih (curcuma zedoaria) merupakan rimpang herbal yang kaya dengan kandungan curcumin, tianin, resin, saponin, flavonoid, dan minyak atsiri. Berbagai senyawa kimia ini ampuh membunuh sel kanker. Termasuk mengatasi kista.

Baca juga: 10 Makanan Penyebab Kista Ovarium Yang Wajib Dihindari Ini Ternyata Disukai Banyak Orang

Untuk membuat obat kista tradisional ini dengan mencampurkan kunyit putih, pegagan, tapak liman, dan cakar ayam segar. Rebus semua bahan dengan seliter air lalu minum air rebusan tersebut tiga kali sehari.

Kayu Manis

Jenis herbal lainnya yang juga berkhasiat untuk mengobati kista adalah kayu manis. Kayu manis merupakan jenis rempah aromatik yang berguna dapat menurunkan tingkat insulin dalam tubuh.

Kayu jenis ini juga dapat membantu mengatasi masalah obesitas. Selain itu khasiat utama dari kayu manis lainnya yang mungkin belum banyak diketahui adalah dapat membantu dalam memerangi penyakit kista ovarium.

Kulit Buah Manggis

Kulit buah manggis juga ampuh sebagai obat kista tradisional karena banyak mengandung zat xanthone yang berguna untuk menetralkan darah. Darah yang bersih dapat membantu meluruhkan kolesterol, lemak dan zat-zat kimia yang berbahaya bagi tubuh.

Lemak dan zat kimia yang masuk ke tubuh bisa menyebabkan terjadinya berbagai macam penyakit yang merugikan kesehatan tubuh. Jadi apabila darah kita bersih, maka pembentukan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik.

Selain itu produksi sel darah putih yang merupakan agen utama dalam sistem imun juga akan melimpah. Ini menjadi sangat penting agar dapat membantu melawan sel-sel kista yang sangat berbahaya.

Rimpang Jahe

Alternatif obat kista tradisional lainnya yang juga efektif adalah jahe. Jahe merupakan rimpang yang terkenal memiliki sifat anti radang yang kuat sehingga berguna mengurangi radang dan nyeri.

Baca juga: Haid Tidak Teratur? Bisa Jadi Anda Kena Penyakit Ini

Minum jahe juga berkhasiat dalam membuat suhu tubuh meningkat sehingga haid menjadi lebih lancar. Cara mengobati kista dengan jahe cukup mudah, Anda tinggal merebus teh jahe 2 rimpang dan minum secara rutin.

Daun Sirsak

Memberikan obat kista tradisional daun sirsak juga bisa menjadi pilihan yang baik. Hal ini karena daun sirsak kaya dengan kandungan acetogenin maupun fitokimia yang ampuh membunuh sel-sel tumor dan kanker, termasuk kista.

Untuk membuatnya tinggal merebus beberapa lembar daun sirsak dengan air hingga tersisa setengahnya. Setelah itu saring dan minum saat masih hangat secara teratur. Anda bisa tambahkan madu agar lebih enak.

Akar Bit

Orang mungkin lebih mengenal buah bit yang enak untuk diet. Namun akar tanaman ini juga berkhasiat sebagai obat kist tradisional karena kandungan betasianin yang ampuh dalam mengusir toksin dari tubuh.

Kandungannya juga bersifat alkali yang mampu mengontrol tingkat keasaman dalam tubuh. Campurkan saja jus akar bit dengan sedikit gel aloe vera dan blackstrap molasses lalu minum setiap pagi sebelum sarapan.

Bunga Chamomile

Chamomile atau camomile merupakan jenis tanaman yang masuk dalam keluarga Asteraceae. Tanaman mirip aster ini terkenal sebagai herbal untuk obat kista tradisional maupun meredakan nyeri.

Kandungan camomile bersifat sedaktif yang juga berguna untuk melancarkan peredaran darah dan membuat datang bulan juga lebih lancar.

Untuk membuatnya cukup masukkan beberapa bunga chamomile kering dalam secangkir air panas. Diamkan sebentar lalu saring dan tambahkan madu. Minum pada pagi dan sore secara rutin.

Teripang

Teripang atau biasa disebut juga dengan timun laut merupakan hewan laut yang bisa kita manfaatkan sebagai herbal obat kista tradisional yang cukup ampuh.

Saat ini sudah banyak beredar obat herbal dari teripang yang sudah dikemas dalam bentuk kapsul. Sehingga Anda bisa lebih mudah untuk mendapatkannya dan mengonsumsinya secara rutin untuk meredakan kista.

Kacang Almond

Kacang yang rasanya enak untuk camilan ini juga ampuh untuk meredakan penyakit kista ovarium. Hal ini karena kandungan sarat dan magnesiumnya ini dapat mengatasi kram yang terjadi akibat kista ini.

Baca juga: Gejala Kanker Otak Stadium Awal yang Perlu Anda Waspadai

Untuk menggunakannya cukup dengan mengonsumsi makanan penghancur kista ini secara rutin. Anda juga bisa mencampurkan minyak almond dan minyak zaitun lalu menggosokkannya pada sekitar perut.

Cuka Apel

Manfaat cuka apel tak hanya untuk diet atau menjaga kesehatan namun juga ampuh dalam mengatasi kista ovarium. Minum herbal ini mampu mengatasi defisiensi potasium yang menyebabkan kista dan mengatasi gangguan haid.

Untuk mengonsumsi obat kista tradisional ini cukup mudah. Siapkan saja segelas air hangat lalu tambahkan setengah sendok teh cuka apel dan aduk. Minum segelas setiap hari untuk hasil yang optimal.

Cara Penanganan Kista Ovarium

Selain dengan menggunakan berbagai bahan herbal tersebut untuk mengobati penyakit kista, Anda juga perlu melakukan minum air putih dalam jumlah yang cukup. Usahakan untuk minum air putih setidaknya 6 liter sehari.

Asupan air putih yang cukup sangat penting untuk membantu dalam membuang toksik yang masuk ke dalam tubuh. Kecukupan air juga penting untuk mengoptimalkan sistem imunitas tubuh.

Untuk cara penanganan kista ovarium lainnya yang bisa membantu adalah dengan mengonsumsi air degan atau kelapa muda. Kandungan elektrolit dan zat lain di dalamnya bermanfaat dalam menetralkan tubuh dari kuman dan zat kimia.

Begitu juga jika kista ovarium menyebabkan kram atau rasa nyeri yang sangat, Anda bisa menggunakan atau melakukan kompres dengan air hangat. Lakukan ini dengan menempelkan kain kompres di sekitar perut yang sakit.

Itulah berbagai jenis obat kista tradisional yang bisa dipilih untuk mengatasi penyakit tumor tersebut. Selain dengan bahan herbal, Anda juga perlu menjalankan pola hidup sehat agar jauh dari sel kanker dan tumor. (R11/HR-Online)

Loading...