Populasi Monyet di Situs Astana Gede Kawali Ciamis Terus Meningkat

Populasi Monyet di Situs Astana Gede Kawali Ciamis Terus Meningkat
Rabu (30/9/2020), sejumlah monyet kini sering berada pada halaman parkir situs untuk mencari makanan. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Populasi monyet di Situs Astana Gede Kawali Kecamatan Kawali,Kabupaten Ciamis, Jawa Barat terus meningkat. Padahal awalnya keberadaan monyet tersebut hanya tiga ekor, kini jumlahnya sampai puluhan ekor.

Puluhan monyet itu kini kerap menggasak tanaman palawija milik warga. Karena kurangnya ketersediaan makanan dari  Situs Astana Gede Kawali. Seperti yang terlihat pada Rabu (30/9/2020), sejumlah monyet kini sering berada pada halaman parkir situs untuk mencari makanan, bahkan ada yang sampai menghampiri warung.

“Keberadaan monyet Astana Gede Kawali ini awalnya hanya tiga ekor saja. Tapi semakin lama jumlah populasi monyet semakin bertambah. Dalam kurun waktu beberapa tahun saja jumlahnya mencapai sekitar 50 ekor,” ujar Asep, warga sekitar Situs kepada HR Online.

Asep menjelaskan, ketika monyet hanya ada tiga ekor, tanaman palawija sekitar Situs Astana Gede aman-aman saja. Namun, setelah populasinya bertambah kawanan monyet sering menggasak tanaman palawija.  Sehingga warga mengalami kerugian akibat ulah kawanan monyet tersebut. Tanaman palawija tidak bisa lagi dipanen karena rusak.

“ketersediaan makanannya kurang. Sehingga selain merusak tanaman palawija, monyet ini juga terkadang mencuri dagangan warung sekitar situs,” ucapnya.

Asep pun mengingatkan  kepada para pengunjung yang datang ke Situs Astana Gede untuk berhati-hati. Seiring bertambahnya populasi monyet, kini semakin berani untuk menyerang dan merebut makanan pengunjung.  (Edji/R9/HR-Online)