Program Listrik Gratis Diperpanjang Sampai Desember 2020

Program Listrik Gratis Diperpanjang Sampai Desember 2020
Program listrik gratis diperpanjang sampai Desember 2020. Foto:Ist/Net

Program listrik gratis diperpanjang hingga bulan Desember 2020. Bagi anda penerima program ini, tentu kabar ini sedikit membuat lega.

Adapun stimulus listrik gratis ini hanya untuk pelanggan PLN berdaya 450 VA. Pelanggan ini tidak akan membayar tagihan listrik sepeserpun setiap bulannya.

Sementara itu, untuk pelanggan 900 VA (bersubsidi), akan mendapat diskon 50 persen dari setiap penggunaan listrik perbulannya.

Program listrik gratis tak hanya menyasar pelanggan rumah tangga saja. Namun, mereka yang termasuk pelanggan golongan industri dan bisnis berdaya 450 VA juga mendapatkan listrik gratis.

Sebagai informasi saja, awalnya pemerintah memberikan stimulus listrik gratis dari bulan April sampai September (6 bulan).

Baca Juga: Token Listrik Gratis September, Begini Cara Mendapatkannya

Program Listrik Gratis Jadi 9 Bulan

Namun, karena dampak pandemi Covid-19 belum juga berakhir, pemerintah memperpanjang program listrik gratis hingga Desember 2020. Artinya, listrik gratis menjadi 9 bulan.

Untuk bisa mengakses program listrik gratis, anda bisa melakukan klaim dengan cara masuk ke www.pln.co.id. Selain itu, anda juga bisa mengirimkan nomor meteran atau ID Pelanggan ke nomor WhatsApp, 08122-123-123.

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana, belum lama ini membenarkan perpanjangan listrik gratis bagi masyarakat.

Meski demikian, ia meminta kepada penerima stimulus agar menjaga konsumsi listrik dengan penggunaan yang sewajarnya.

Program listrik gratis memang cukup membantu masyarakat yang kesulitan akibat pandemi Covid-19.

Lalu bagaimana cara mendapatkan listrik gratis untuk pelanggan prabayar atau token? Berikut langkah-langkahnya akan kita sampaikan:

Klaim Token Listrik Gratis

Klaim token gratis bisa dengan mengirimkan chat ke nomor whatsapp PLN 08122-123-123 ataupun dengan login ke website www.pln.co.id

Berikut cara mendapatkan program listrik gratis via website:

1. Masuk browser dan login ke www.pln.co.id

2. Masukan Nomor meteran atau ID.

3. Jika klaim berhasil, token gratis bakal muncul.

4. Anda tinggal memasukan nomor token tersebut ke meteran.

Program listrik gratis juga bisa diklaim melalui nomor whatsapp resmi PLN. Caranya sebagai berikut ini:

1. Pastkan kamu memiliki aplikasi whatsapp pada gadget.

2. Kirim pesan ke nomor WA PLN 08122-123-123 .

3. Akan muncul balasan, dan admin akan menyuruh kamu memasukan nomor ID pelanggan.

4. Ikuti petunjuk dengan memasukan nomor ID pelanggan atau meteran

5. Apabila berhasil, maka token gratis akan dikirim mellaui balasan WA.

6. Masukan nomor token itu pada meteran.

Bagaimana mudah kan klaim program listrik gratis?

Namun ternyata, kebanyakan orang menganggap kliam tokem listrik gratis lebih mudah menggunakan WA daripada harus login dulu ke www.pln.co.id.

Hal tersebut karena klaim lewat WA tidak ribet dan tak harus masuk ke website PLN ww.pln.co.id.

Baca Juga: Begini Cara Mendapatkan Listrik Gratis PLN untuk Pelanggan Prabayar!

Klaim Token Listrik Gratis Agar Langsung Berhasil

Program listrik gratis memang sudah jelas penerimanya. Namun adakalanya, si penerima tidak langsung berhasil saat klaim token gratis.

Hal tersebut terjadi karena beberapa hal. Agar klaim token gratis berhasil, ada beberapa triknya. Perhatikan hal-hal berikut ini.

Pertama usahakan tidak melakukan klaim listrik pada jam sibuk sibuk, siang dan sore hari. Lakukan klaim token gratis pagi atau pun malam hari.

Membedakan Listrik Subsidi dan Non Subsidi

Sebagai informasi, tidak semua pelanggan PLN mendapatkan program listrik gratis dari pemerintah. Hanya pelanggan PLN yang berdaya 450 V yang dapat stimulus.

Sementara itu, bagi pelanggan 900 (bersubsidi), pemerintah akan memberi diskon 50 persen dari setiap penggunaan.

Nah, untuk itu, anda harus bisa membedakan mana pelanggan yang dapat listrik subsidi dan mana yang tidak. Untuk bisa membedakannya, perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Lihat kode pada struk pembayaran listrik, apabila terdapat kode R1, artinya anda berhak dapatkan token listrik gratis.

2. Namun jika yang ada pada struk berkode R1M, anda tidak berhak mendapat listrik gratis.

3. Kode pelanggan yang berhak dapat program listrik gratis adalah R1T/450 VA (Gratis), R1/450 VA (Gratis), kode R1T/900 VA (Diskon) dan kode R1/900 VA (Diskon).

4. Sedangkan pelanggan berdaya 900 VA yang dapat diskon 50 persen yakni yang berkode R1MT/900 VA dan R1M/900 VA (Kode Mamp).

Sudah kita sampaikan cara kliam listrik gratis untuk pelanggan prabayar atau token. Lantas bagaimana cara klaim listrik untuk pelanggan pasca bayar?

Listrik Gratis untuk Pelanggan Pascabayar

Program listrik gratis menyasar pelanggan pra bayar dan pasca bayar. Bagi pelanggan listrik pasca bayar 450 VA, ternyata akan langsung mendapatkan listrik gratis tanpa harus melakukan klaim lewat website atau WA.

Sedangkan bagi pelanggan PLN berdaya 900 VA pascabayar (bersubsidi), PLN hanya akan membebankan biaya 50 persen dari penggunaan.

Itulah beberapa informasi yang bisa kita sampaikan seputar program listrik gratis dari PLN. Semoga bermafaat, selamat mencoba. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...