Proses Evaluasi Kartu Prakerja, Berapa Lama dan Apakah Lolos?

Proses Evaluasi Kartu Prakerja
Proses Evaluasi Kartu Prakerja, Berapa Lama dan Apakah Lolos? Foto: Ist/Net

Proses evaluasi Kartu Prakerja terus berjalan setelah pendaftar berhasil mengisi data dalam website prakerja.go.id. Setelah pendaftaran Kartu Prakerja tutup, biasanya pada dashboard akan ada pemberitahuan bahwa pendaftaran Kartu Prakerja sedang dievaluasi.

Ini berarti pihak manajemen pelaksana Kartu Prakerja sedang memeriksa data yang sudah Anda isi saat mendaftar Kartu Prakerja.

Manajemen juga akan mempertimbangkan apakah Anda bisa lolos sebagai peserta kartu Prakerja atau tidak.

Jika ada data yang tidak sesuai yang Anda masukkan saat mendaftar, maka tidak ada harapan Anda bisa lolos saat pengumuman peserta Kartu Prakerja.

Baca Juga: Pendaftaran Prakerja Sedang Dievaluasi Pada Dashboard, Berarti Lolos?

Berapa Lama Proses Evaluasi Kartu Prakerja?

Jika sudah ada pemberitahuan dalam dashboard terkait pendaftaran sedang dalam proses evaluasi, Anda tinggal menunggu saja sampai ada pengumuman lolos atau tidak sebagai peserta.

Lantas berapa lama Anda harus menunggu? Setelah proses penutupan pendaftaran, proses selanjutnya adalah evaluasi.

Manajemen pelaksana Kartu Prakerja biasanya membutuhkan waktu sekitar 4 hari sampai pengumuman kelolosan peserta.

Jadi jika Anda mendaftar Prakerja gelombang 10, penutupan pendaftaran pada Senin, 28 September 2020. Selanjutnya manajemen pelaksana Kartu Prakerja akan melakukan evaluasi sampai 4 hari kerja.

Ini berarti, maksimal pada Jum’at, 2 Oktober 2020 sudah ada pengumuman dan pemberitahuan apakah Anda lolos atau tidak.

Proses evaluasi Kartu Prakerja biasanya memang selama 4 hari kerja. Namun, karena pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 10 hanya dalam waktu singkat, ada kemungkinan evaluasi juga tidak sampai 4 hari kerja.

Apalagi kuota untuk Prakerja gelombang 10 juga hanya 200 ribu peserta. Sehingga proses evaluasi bisa saja singkat. Tidak sampai menghabiskan waktu 4 hari kerja. Bahkan kabarnya untuk Prakerja gelombang 11, akan segera ada pengumuman hari ini, 29 September 2020.

Apa yang Harus Dilakukan?

Jika pendaftaran Kartu Prakerja sedang dievaluasi, lantas apa yang harus Anda lakukan? Jawabannya tidak ada yang bisa Anda lakukan. Anda hanya perlu menunggu saja sampai ada pengumuman lolos atau tidaknya menjadi peserta Kartu Prakerja.

Untuk memastikan Anda lolos, saat mendaftar identitas yang Anda isi harus sesuai. Mulai dari NIK, nama lengkap, sampai e-wallet atau rekening BNI yang Anda daftarkan untuk menerima insentif.

Rekening BNI atau e-wallet yang Anda daftarkan harus memiliki nama sama dengan nama yang Anda isi saat mendaftar kartu Prakerja.

Jika ada ketidaksesuaian data, maka ketika proses evaluasi Kartu Prakerja, manajemen pelaksana bisa memutuskan Anda tidak bisa lolos Kartu Prakerja.

Pendaftaran Kartu Prakerja Sedang Dievaluasi, Lolos atau Tidak?

Proses evaluasi menentukan Anda lolos atau tidak. Namun, ada beberapa peserta yang mengatakan jika pada dashboard sudah ada pemberitahuan sedang proses evaluasi maka sudah pasti lolos.

Hanya saja, hal ini juga belum pasti. Karena itu lebih baik saat mendaftar Anda pastikan saja isi data pribadi dengan betul.

Baca Juga: Gagal Daftar Kartu Prakerja, Perbaiki Kesalahan Ini Agar Lolos!

Selain itu, saat memasukkan foto selfie, pastikan juga Anda membuat foto selfie yang sesuai untuk daftar Kartu Prakerja.

Lalu ketika mendaftarkan e-wallet ataupun rekening BNI untuk proses transfer insentif Kartu Prakerja, pastikan e-wallet ataupun rekening BNI tersebut atas nama Anda. Bukan atas nama orang lain.

Hal ini karena data pada e-wallet atau rekening BNI menentukan kelolosan saat proses evaluasi Kartu Prakerja berlangsung.

Lolos Kartu Prakerja, Apa yang Harus Anda Lakukan?

Jika sudah melewati evaluasi, lalu Anda lolos sebagai peserta Kartu Prakerja, maka yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti pelatihan.

Cek apakah insentif sudah masuk. Jika sudah, maka ikuti pelatihan Prakerja yang sudah tersedia dalam website. Anda bisa memilih pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Penyebab Insentif Prakerja Gagal Cair, Begini Cara Mengatasinya!

Pastikan juga pelatihan yang Anda ikuti sudah menyediakan sertifikat. Karena sertifikat ini adalah syarat Anda mendapatkan insentif.

Setelah mengikuti pelatihan, Anda akan mendapatkan sertifikat. Jika sudah mendapatkan sertifikat maka selanjutnya, manajemen pelaksana Kartu Prakerja akan melakukan proses pencairan insentif Anda.

Jika Anda sudah mengikuti pelatihan, namun tidak mendapatkan sertifikat, maka proses pencairan insentif Anda pun akan terhambat.

Karena itu jika proses evaluasi Kartu Prakerja sudah selesai, dan Anda berhasil lolos sebagai peserta, segeralah ikuti pelatihan sesuai kebutuhan Anda. Lalu dapatkan sertifikatnya agar insentif Anda dari program Kartu Prakerja segera cair. (Ndu/R7/HR-Online)