Pulang Berlibur, 1 Keluarga di Tasikmalaya Positif Covid-19, 2 Meninggal

Berita Tasikmalaya (harapanrakyat.com),- 1 keluarga di Kota Tasikmalaya terkonfirmasi positif Covid-19, usai pulang berlibur dari luar pulau Jawa.

Bahkan 2 orang anggota keluarganya sampai meninggal.

Saat ini, Gugus Tugas Kota Tasikmalaya sedang melakukan tracking kepada 38 orang yang kontak erat dengan keluarga tersebut.

Menurut informasi, keluarga tersebut melakukan perjalanan ke luar Jawa menggunakan bus.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat membenarkan kasus positif covid-19 yang menimpa 1 keluarga.

Kata Uus, Sepulang berlibur, salah satu anggota keluarga ada yang mengeluh sakit.

“Setelah mengikuti pemeriksaan, hasilnya suspek covid-19, maka yang lain juga kita periksa, ada dua orang yang positif,” ujarnya, Senin (21/9/2020).

Ia pun membenarkan jika dua orang anggota keluarga tersebut meninggal dunia akibat terpapar Covid-19.

“Yang meninggal itu, jenis kelaminnya laki laki (50) 1 orang, kemudian yang 1 orang lagi perempuan (48) terkonfirmasi Covid-19, dari kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya,” jelasnya.

Baca Juga: Bidan Positif Covid-19, Puskesmas Urug Tasikmalaya Tutup Sementara

Lakukan Tracking

Pihaknya pun langsung melakukan traceking terhadap 38 anggota keluarga dan kerabat yang kontak erat dengan keluarga tersebut.

“Hari ini kita lakukan tracking dan pemeriksaan labolatorium swab terhadap mereka yang kontak erat, terutama yang kemarin ikut bersama rombongan melakukan perjalanan ke luar Jawa,” kata Uus.

Pihaknya juga memeriksa warga sekitar yang memang pernah kontak dengan anggota keluarga tersebut.

“Upaya yang sedang kami lakukan adalah melakukan pelacakan terhadap kasus ini, siapa saja yang ikut, siapa aja yang pernah kontak, karena mungkin memang pas pulang ke kota Tasik pernah kontak dengan keluarga yang lain sperti tetangga dan teman dekat,” jelasnya.

Dengan adanya penambahan ini, jumlah kasus Covid-19 Kota Tasikmalaya hingga Senin (21/9/2020) menjadi 72 kasus.

“Yang aktif hanya 17 dan ini sedang mendapatkan perawatan RSUD dr Soekardjo dan beberapa rumah sakit swasta Kota Tasikmalaya,” ungkap Uus.

Pihaknya mengimbau kepada warga Tasikmalaya agar selalu menerapkan protokol kesehatan.

“Juga usahakan jika tidak penting, jangan dulu bepergian ke luar kota apalagi luar pulau Jawa yang zona merah,” pungkasnya. (Apip/R8/HR Online)