Receiptify di Spotify, Struk Lagu Favorit yang Cukup Viral di Medsos

Receiptify di Spotify
Ilustrasi Receiptify di Spotify. Foto Istimewa

Receiptify di Spotify merupakan daftar lagu top yang saat ini lagi viral pada akun media sosial. Unggahan tersebut terdapat pada media sosial Twitter dan Instagram.

Perlu anda ketahui, Receiptify Herokuapp adalah sebuah laman web yang akan membuat daftar beragam lagu yang paling sering pengguna putar pada aplikasi Spotify.

Pengguna dapat mengetahui jenis lagu-lagu yang paling sering masyarakat putar atau dengarkan dalam waktu satu bulan atau enam bulan terakhir.

Receiptify bukanlah aplikasi resmi dari platform musik streaming asal Swedia tersebut. Akan tetapi, aplikasi ini terinspirasi dari akun Instagram @albumreceipts yang telah membuat lagu dalam bentuk sebuah struk belanja.

Baca Juga: Aplikasi Menghitung Usia Kehamilan Gratis, Hasil Terbaik

Mengenal Fitur Receiptify di Spotify

Receiptify hampir mirip dengn struk belanjaan karena tampilan kertas, tata letak, serta jenis huruf atau font. Faktanya, dalam kertas tersebut berisi informasi judul serta durasi lagu. Postingan tersebut hadir dengan menggunakan Receiptify.

Receiptify adalah plugin atau fitur tambahan yang bermanfaat untuk membuat daftar lagu atau track generator favorit. Secara lebih spesifikasi berupa daftar 10 lagu teratas yang paling sering pengguna putar dari aplikasi Spotify.

Sebenarnya Receiptify hampir sama dengan Wrapped yang seringkali akan ngehits pada setiap akhir tahun. Receiptify di Spotify merupakan daftar lagu yang sering kita dengarkan. Akan tetapi, dalam bentuk bill atau struk belanja.

Fitur track generator ini dapat merangkum lagu favorit pengguna yang mereka putar selama rentan waktu tertentu. Selain itu, para pengguna akan memperoleh hasil total durasi pada setiap lagu sebagai jumlah tagihan. Dari bill tersebut, pengguna juga akan memperoleh total durasi lagu yang telah mereka putar.

Plugin ini merupakan ciptaan dari seorang pengembang aplikasi muda bernama Michelle Liu yang saat ini masih kuliah tahun pertamanya. Mahasiswa ini kuliah program studi Sistem Informasi pada Carnegie Mellon University.

Dalam situs Receiptify di Spotify, Liu mengatakan bahwa ia membuat plug ini terinspirasi dari akun Instagram @albumreceipts. Sejak plugin tersebut muncul melalui Twitter, Liu telah memperoleh lebih dari 25.000 retwett dalam satu hari.

Oleh karena itu, Liu akan lebih serius dalam menggarap Receiptify. Termasuk dengan berinvestasi menggunakan platform cloud berbayar. Dengan tujuan agar Receiptify dapat menangani trafik yang kian banyak secara lebih baik.

Baca Juga: Aplikasi Tulisan Arab Terbaik Android, Berikut Pilihannya!

Cara Membuat Receiptify Spotify

Untuk dapat membuat Receiptify, maka para pengguna harus memiliki aplikasi ini pada ponsel serta sering menggunakan aplikasi tersebut sebagai aplikasi pemutar musik.

Selanjutnya, anda hanya perlu masuk ke halaman situs Receiptify Herokuapp yang dapat anda temukan dengan melakukan pencarian melalui Google.

Biar tidak ketinggalan tren, berikut ini cara buat Receiptify di Spotify. Perhatikan beberapa langkah simple ini:

Login Akun Spotify

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengetikkan “Receiptify” pada kolom pencarian Google serta pilih laman paling atas.

Selanjutnya anda harus login pada akun Spotify agar dapat terbaca lagu apa saja yang akan masuk dalam playlist. Dalam proses login ini, dapat anda lakukan dengan memasukkan email atau nama pengguna serta password.

Baca Juga: Acer Swift 5 Dengan Layar Sentuh Mampu Jalankan Banyak Aplikasi

Pilih Track List Sesuai Dengan Jangka Waktu

Apabila anda telah berhasil masuk pada akun Spotify, maka akan muncul tampilan berikutnya yang akan menghadirkan 3 rentang waktu.

Rentang waktu tersebut antara lain last month, last 6 month, dan all time. Last mont merupakan track list yang paling sering anda dengarkan pada bulan lalu.

Untuk last 6 month adalah daftar lagi pada track list dalam kurun waktu setengah tahun terakhir. Sedangkan untuk all time adalah lagu terbanyak serta paling sering anda dengarkan sepanjang waktu.

Langkah berikutnya dalam membuat Receiptify di Spotify. Setelah anda memilih salah satu dari rentang waktu tersebut, maka akan muncul bill.

Bill tersebut akan menunjukkan track list lagu-lagu yang sering anda dengarkan. Lalu pada bagian cardholder selanjutnya akan muncul username akun Spotify milik anda.

Pilih Get Image lalu download, maka gambar akan masuk ke dalam galeri. Selanjutnya Top Track Generator siap anda bagikan pada akun media sosial anda. Inilah cara membuat Receiptify di Spotify. Tentu membantu anda yang penasaran untuk membuat daftar lagi dengan menggunakan aplikasi ini. (R10/HR Online)