Revitalisasi Banjar Water Park Berlanjut Tahun Depan Diapresiasi DPRD

Revitalisasi Banjar Water Park (BWP) berlanjut. Direktur BWP, bersama Asisten Daerah I Setda Kota Banjar, usai rapat pembahasan revitalisasi BWP dengan Komisi II DPRD Kota Banjar. Foto: Muhlisin/HR.
Revitalisasi Banjar Water Park (BWP) berlanjut. Direktur BWP, bersama Asisten Daerah I Setda Kota Banjar, usai rapat pembahasan revitalisasi BWP dengan Komisi II DPRD Kota Banjar. Foto: Muhlisin/HR.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Revitalisasi Banjar Water Park (BWP) yang merupakan destinasi wisata air milik Pemerintah Kota Banjar, Jawa Barat, rencananya bakal mulai dilaksanakan tahun 2021 mendatang.

Kepastian rencana revitalisasi itu terungkap saat expose Direktur BWP bersama PT. Maju Jaya Dwi Vira selaku pihak ketiga, dengan Komisi II DPRD Kota Banjar. Expose berlangsung di Ruang Papat Paripurna DPRD, Jum’at (18/09/2020).

Dalam forum tersebut, Direktur PT. Maju Jaya Dwi Vira, Daskim, mengatakan, nantinya konsep revitalisasi seperti penambahan wahana aquatik plaza, dan pintu masuk tiket. Kemudian, gazebo tempat istirahat pengunjung, dan taman wisata kolam renang untuk anak-anak.

Selain itu, juga akan merevitalisasi area tempat penataan parkir, mushola, kantin dan penambahan spot wisata, serta fasilitas penunjang lain dalam area BWP.

“Untuk konsep desain perencanaan sudah ada. Konsepnya juga sudah kami buat dengan matang, karena target wisata air ini bukan hanya untuk masyarakat Banjar saja. Tapi juga wisatawan luar daerah,” kata Daskim, dalam forum rapat.

Ia juga mengatakan, sesuai masukan dari Komisi II DPRD Kota Banjar, supaya tidak terkesan monoton dengan konsep wisata air, maka nantinya akan ada penambahan spot wisata baru. Seperti out bond dan berbagai spot wahana permainan.

“Kami kira untuk lokasi area BWP cukup luas dan sangat memungkinkan. Untuk tahap pertama kami akan renovasi ruang kantor. Setelah itu, bertahap renovasi fasilitas yang lain,” ujar Daskim.

Direktur Banjar Water Park, Dadan Suhendar, menambahkan, sebetulnya untuk pelaksanaan revitalisasi Banjar Water Park sudah mulai berlangsung sejak awal tahun 2020 kemarin. Namun, karena ada wabah pandemi sehingga untuk pelaksanaan revitalisasi menjadi terkendala. Baru sekarang mulai ada kelanjutan lagi.

Baca Juga : Banjar Water Park Tidak Terawat, Pengunjung Kecewa

“Pada awal tahun itu kami bersama pihak pemerintah sebetulnya sudah melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda mulainya revitalisasi. Kemudian terhenti karena ada pandemi. Tadi sudah kita sepakati bersama untuk kelanjutannya akan mulai lagi awal tahun depan,” terang Dadan.

DPRD Apresiasi Revitalisasi BWP

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Kota Banjar, Jojo Juarno, memberikan apresiasi terkait upaya kelanjutan revitalisasi oleh pihak BWP dan investor tersebut.

Menurutnya, upaya revitalisasi Banjar Water Park itu harus mendapat dukungan semua pihak. Karena bukan hanya menyelamatkan aset pemerintah saja, tetapi juga upaya untuk memajukan pembangunan Kota Banjar, terutama dari sektor pariwisata.

Namun demikian, kata Jojo, sebelum pelaksanaan revitalisasi, perlu ada pembahasan lebih lanjut tentang peninjauan kembali kesepakatan atau perjanjian yang telah disepakati.

Peninjauan evaluasi tersebut untuk melihat adanya pasal-pasal yang bisa jadi merugikan salah satu pihak. Karena, saat kesepakatan perjanjian yang dulu belum masuk dalam situasi pandemi Covid-19.

“Intinya kami semua sepakat mendukung upaya revitalisasi BWP ini untuk kemajuan Kota Banjar. Terpenting ada komunikasi, sehingga ketika ada permasalahan bisa kami carikan solusinya,” tandas Jojo. (Muhlisin/R3/HR-Online)