Roda Depan Motor Goyang, Atasi Agar Bisa Lebih Stabil Berkendara

Roda Motor Depan Goyang, Atasi Agar Bisa Lebih Stabil dalam Bekerja
Ilustrasi roda depan motor goyang. Foto: istimewa

Roda depan motor goyang perlu anda lakukan pengecekan segera. Setiap komponen kendaraan memiliki fungsinya masing-masing. Bagian-bagian tersebut mampu mempengaruhi kinerja motor itu sendiri.

Salah satunya yaitu roda. Roda sepeda motor memiliki peranan dalam pengoperasian dan kestabilan pengendara. Sehingga harus bisa memenuhi kebutuhan untuk semua kondisi jalan.

Baca Juga : Modifikasi Stang Motor, Kenali Jenisnya Sebelum Membeli

Roda depan utamanya sebagai bantalan penahan beban sepeda motor. Sehingga harus dapat mengatasi beban hentakan yang muncul akibat kondisi permukaan jalan.

Roda juga harus mampu mengatasi gaya yang muncul saat mengemudi, pengereman, dan gaya horizontal ketika memutar. Pentingnya peranan roda membuat pengendara harus lebih hati-hati.

Alasan inilah mengapa ketika roda depan motor goyang akan terasa saat pengemudi menjalankan kendaraannya. Jika hal ini terjadi, mampu mengurangi kenyamanan saat berkendara.

Segera lakukan pengecekan pada setiap komponen kendaraan. Hal ini bertujuan hanya untuk keselamatan bagi pengendara itu sendiri.

Penyebab Roda Depan Motor Goyang

Seiring pemakaian sepeda motor, maka komponennya pun juga bisa mengalami yang namanya permasalahan. Namun, sayangnya masih banyak pengendara sepeda motor yang menyepelekan kerusakan pada bagian roda.

Padahal jika hal ini terjadi, masalah pada roda depan itu berakibat fatal. Sebaiknya segera atasi agar tidak berakibat buruk.

Salah-salah nanti hanya karena roda depan bermasalah, memicu terjadinya kecelakaan. Oleh karena itu, bagi anda yang belum paham apa saja penyebabnya, sebaiknya segera cari tahu.

Berikut ini ada beberapa penyebab yang mengakibatkan roda depan motor bergoyang. Bagi pemilik motor, anda perlu tahu apa saja penyebabnya.

Lingkar Roda Bengkok

Penyebab pertama roda depan goyang yaitu karena bagian lingkar roda yang bengkok. Hal ini bisa terjadi ketika ada benturan keras. Sehingga perputaran yang timbul tidak maksimal.

Jika hal ini terjadi, juga berpengaruh pada kondisi kendaraan saat berjalan. Pengemudi akan susah mengendalikan kemudinya sehingga perlu penanganan yang serius.

Bearing Roda Depan Aus

Penyebab roda depan motor goyang juga bisa terjadi karena bearing roda depan aus. Bearing merupakan komponen yang cukup penting pada sepeda motor.

Fungsi dari komponen ini yaitu untuk memutar bagian yang bergerak. Jika komponen ini sudah aus atau bahkan rusak, dapat mengakibatkan ketidakstabilan pada kemudi.

Selain itu, juga akan berpengaruh pada roda yang tidak bisa bekerja secara maksimal. Sebenarnya banyak penyebab yang bisa membuat roda depan goyang dan salah satunya pada komponen bearing motor.

Oleh karena peranannya yang cukup penting, ketika sudah aus sebaiknya berikan pelumas. Namun, ketika komponen ini rusak atau pecah, sebaiknya segera ganti.

Ban Rusak

Kerusakan ban atau tidak sempurna juga bisa mengakibatkan roda tidak berjalan dengan stabil. Ban terpasang pada rim dan berputar secara bersamaan.

Baca Juga : Kick Starter Macet, Sebaiknya Selalu Fungsikan Agar Tidak Terjadi

Keduanya berfungsi untuk menyerap hentakan permukaan jalan dan mencegah motor agar tidak slip saat pengereman. Namun, ban juga bisa mengalami kerusakan atau kondisi gundul.

Jika hal ini terjadi, maka saat berjalan pun akan berpengaruh pada kondisi putaran kendaraan. Sehingga saat berjalan akan berpengaruh pada kestabilan pengemudinya.

Oleh sebab itu, segera ganti ban jika kondisinya sudah gundul atau rusak. Jika ban dalam kondisi baik, saat berkendara pun akan terasa stabil.

Mur As Terlepas

Ketika penggantian ban atau pelek, sebaiknya perhatikan juga posisi kekencangan mur. Mur pada as roda jika terlepas bisa mengakibatkan roda depan motor goyang.

Jika hal ini terjadi, dapat berakibat buruk pada pengemudi. Bisa-bisa terjadi kecelakaan gara-gara mur as terlepas. Sebaiknya teliti hingga pada bagian sekecil mungkin agar komponen motor bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Oli Garpu Depan Kurang atau Lebih

Masalah berikutnya yang bisa mengakibatkan roda depan goyang yaitu oli garpu depan kurang atau lebih. Jika oli suspensi terlalu lembek, mengakibatkan kurangnya rasa nyaman saat berkendara.

Namun, jika terlalu berlebihan, oli suspensinya mengeras membuat pengendara juga kurang nyaman. Sebaiknya ukur saat pengisian oli shock sesuai dengan standarnya.

Komponen pada motor memiliki fungsi masing-masing yang cukup penting. Oleh karena itu, berikan perawatan dan penggantian secara tepat.

Hal yang sering terjadi yaitu roda depan motor goyang. Ada beberapa penyebabnya dan sebaiknya segera tangani dengan tepat. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Tarikan Motor Berat, Bisa Disebabkan Karena Beragam Faktor Berbeda