RS Asih Husada Langensari Kota Banjar Mulai Tangani Pasien Covid-19

RS Asih Husada Langensari Kota Banjar mulai tangani pasien Covid-19. Foto: Muhlisin/HR.
RS Asih Husada Langensari Kota Banjar mulai tangani pasien Covid-19. Foto: Muhlisin/HR.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- RS Asih Husada Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, kembali ditunjuk Pemerintah Kota Banjar untuk menangani pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal itu seiring dengan meningkatnya kasus positif Covid-19 Kota Banjar. Penunjukan Rumah Sakit Asih Husada sebagai tempat rujukan penanganan pasien Covid-19 berdasarkan SK Wali Kota Banjar Nomor 440 Tahun 2020.

Surat Keputusan (SK) Wali Kota itu dalam rangka percepatan penanganan dan antisipasi lonjakan pasien Covid-19 Kota Banjar.

“Mulai hari ini, RS Asih Husada Langensari sudah mulai menangani pasien Covid-19. Tadi SK Wali Kota sudah turun,” terang Direktur Utama RS Asih Husada, dr. Wiwik Nur Santi, kepada HR Online, Rabu (23/09/2020).

Namun demikian, lanjut dr. Wiwik, sesuai petunjuk dalam SK Wali Kota bahwa, RS Asih Husada itu hanya untuk menangani pasien terkonfirmasi positif dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG). Yakni kategori ringan dan kategori sedang.

“Jadi kami hanya menangani pasien dengan kategori ringan saja. Untuk pasien dengan kategori berat penangananya tetap oleh RSUD Kota Banjar,” terangnya.

Baca Juga : 5 Warga Banjar Terkonfirmasi Positif Covid-19, Begini Kronologisnya

RS Asih Husada Sudah Siapkan Sejumlah Fasilitas

Ia juga menyebutkan, saat ini pihak Rumah Sakit Asih Husada sudah menyiapkan sejumlah fasilitas yang meliputi tempat tidur sebanyak 9 bed. Kemudian, tenaga medis terdiri dari 4 orang dokter, dan untuk perawat sementara ini ada 12 orang.

Selain itu, petugas laboratorium ada 2 orang, penata rontgen 1 orang, apoteker 1 orang, dan asisten apoteker sebanyak 1 orang.

“Untuk petugas medis kita memanggil kembali sukarelawan yang kemarin sudah pernah bertugas. Intinya, kami sudah siap beroperasi. Malam ini juga sudah ada yang masuk tiga orang pasien,” kata dr. Wiwik.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Banjar, dr. Robyanto, mengatakan, dengan beroperasinya kembali RS Asih Husada Langensari sebagai rujukan penanganan pasien Covid-19, maka mulai saat ini untuk perawatan pasien kategori ringan akan masuk ke rumah sakit tersebut.

“Ya betul. Mulai sekarang untuk pasien Covid-19 perawatan dan isolasinya di Rumah Sakit Asih Husada. Pasien penambahan yang terkonfirmasi positif malam ini juga langsung masuk ke rumah sakit tersebut,” singkatnya. (Muhlisin/R3/HR-Online)