Satu Rumah di Raksabaya Ciamis Hangus Terbakar

Rumah Warga Raksabaya Ciamis Hangus Terbakar
Rumah milik Kusnadi, warga Desa Raksabaya, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, hangus terbakar, Jumat (18/09/2020). Foto : Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Lagi, satu rumah warga Desa Raksabaya, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, hangus terbakar, Jumat (18/09/2020). 

Ading Kardi, salah seorang perangkat Desa Raksabaya kepada HR Online membenarkan akan kejadian tersebut. Kata Ading, rumah yang hangus terbakar itu milik Kusnadi (62), warga Dusun Papandayan, RT 005/002, Desa Raksabaya, Kecamatan Cimaragas. 

“Kejadiannya tadi sekitar pukul 11:30 WIB, saat warga lain sedang melaksanakan sholat Jumat,” katanya.

Ading menambahkan, pada saat kebakaran tersebut yang mengetahui kejadian hanya ibu-ibu. “Sehingga mereka (ibu-ibu.red) tidak mampu untuk menjinakkan amukan api yang melalap rumah bambu berukuran 3×5 meter ini,” tuturnya.

Ading menduga bahwa sumber api berasal dari sebuah tungku yang ada di dalam dapur rumah korban.

“Saat pemilik rumah meninggalkan rumahnya untuk sholat Jumat, kemungkinan di dalam tungku masih ada bara yang menyala. Sehingga, bara tersebut menimbulkan percikan, hingga akhirnya menjadi sebuah kebakaran seperti ini,” jelasnya. 

Kusnadi sendiri, kata Asing, tinggal hanya seorang diri. Sehingga saat kejadian hangusnya rumah miliknya itu diyakinkan tidak ada korban jiwa. 

“Kalau kerugian itu ada. Karena selain rumah yang hangus terbakar. Semua isi rumah seperti perabotan rumah tangga serta pakaian, juga tidak ada yang bisa terselamatkan,” pungkasnya. (Suherman/R5/HR-Online)