Screenshot HP Samsung, Simak Cara Mudahnya Berikut Ini!

Screenshot HP Samsung
Ilustrasi Screenshot HP Samsung, Foto: Ist/net

Saat ini terdapat cara screenshot HP Samsung yang mudah untuk kita lakukan. Seperti yang kita tahu, screenshot merupakan salah satu aktivitas untuk pengambilan gambar pada layar HP.

Screenshot ini dapat kita lakukan dengan berbagai cara. Pada dasarnya, tujuan screenshot ini adalah untuk mengambil dokumen maupun foto yang terlihat di layar HP.

Meskipun terbilang sangat mudah dan sepele, kenyataannya masih saja ada beberapa pengguna merasa kebingungan. Tak jarang pula dari mereka yang merasa kesulitan.

Cara Screenshot HP Samsung

Untuk HP Samsung sendiri, pada umumnya dapat melakukan screenshot dengan cara yang hampir sama, yaitu menggunakan tombol fisik. Namun, anda juga dapat menggunakan aplikasi tertentu untuk melakukan screenshot.

Baca juga: Tombol Volume HP Tidak Berfungsi, Begini Cara Mengatasinya

Penggunaan aplikasi ini dapat kita manfaatkan ketika tombol fisik tidak berfungsi dengan baik. Sebagai sumber informasi bagi anda, berikut ini kami rangkumkan beberapa cara screenshot HP Samsung yang mudah dan unik.

Swiping Layar

Cara screenshot Samsung yang dapat anda lakukan adalah dengan swiping layar. Cara satu ini dapat anda lakukan dengan mengusap tangan dari arah kiri ke arah kanan layar HP.

Setelah melakukan cara ini, tunggulah hingga muncul suara shutter kamera, sebagai tanda bahwa screenshot yang anda lakukan telah berhasil. Akan tetapi, terdapat beberapa hal penting yang harus anda perhatikan.

Sebelum melakukan screenshoot dengan cara ini, pastikan anda mengaktifkan terlebih dahulu fitur tersebut. Biasanya, secara default fitur tersebut sudah aktif secara otomatis.

Bila mengalami kesulitan untuk mengaktifkan fitur tersebut, anda dapat melakukan pengecekan dengan cara sebagai berikut. Masuk ke menu Settings, kemudian Advanced Features atau juga bisa dengan menggunakan Settings, lalu Motions and Gestures.

Kemudian tekan fitur Palm Swipe sampai muncul tanda centang. Setelah proses selesai, tutup menu dan cobalah apakah dapat melakukan screenshot HP Samsung dengan sara swiping layar. Sedikit catatan, cara ini hanya dapat anda lakukan pada HP Samsung yang dirilis tahun 2014 ke atas.

Menggunakan Shortcut Tombol

Sebenarnya pilihan cara ini sudah ada pada HP-HP Android non Samsung lainnya. Sehingga bila menemukan cara ini sudah seharusnya tidak perlu heran lagi.

Sebagian HP Samsung memiliki fitur screenshot dengan menggunakan tombol fisik ini. Pada umumnya, pengguna ponsel seringkali menggunakan fitur ini.

Baca juga: Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power, Begini Caranya!

Terutama bagi mereka yang tidak terlalu menyukai motion gesture controls. Untuk melakukan pengambilan screenshot HP Samsung menggunakan cara ini cukup mudah.

Pertama-tama, anda dapat menekan tombol power secara bersamaan dengan tombol home. Cara tersebut anda lakukan dengan menahan tekanan selama beberapa detik.

Tunggu hingga anda mendengar bunyi atau suara cekrek atau melihat notifikasi atau juga dengan merasakan geratan pada HP Samsung anda. Kendala dari cara ini yaitu adanya penekanan kedua tombol yang kurang tepat.

Alih-alih ingin screenshoot, justru anda malah mengaktifkan pilihan untuk melakukan restart atau mematikan HP Samsung tersebut. Maka dari itulah, cara ini perlu anda perhatikan dengan baik sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Screenshot Panjang

Ternyata, screenshot HP Samsung juga dapat anda modifikasi yang salah satunya adalah dengan screenshot panjang. Screenshot panjang dapat anda gunakan bagi yang memiliki keinginan untuk menunjukkan beberapa hal di tangkapan layar.

Terutama untuk hasil screenshot yang lebih lega. Seperti halnya, anda yang menginginkan screenshot hingga scroll di bagian bawah. Agar tidak semakin penasaran, berikut ini adalah cara menggunakannya.

Pertama, anda harus melakukan pengaturan terlebih dahulu. Selanjutnya, masuk ke menu Settings. Lanjutkan langkah selanjutnya dengan masuk ke menu Advance features.

Baca juga: Cara Menggunakan Aplikasi 10 Rumah Aman, Pemutus Sebaran Covid-19

Setelah itu, tap menu Smart Capture yang terdapat pada tampilan. Teruskan dengan cara menekan tombol power serta home secara bersamaan dalam beberapa detik.

Selang beberapa detik layar akan berkedip beserta iringan suara shutter. Setelah itu, akan muncul Capture Mode, Share, serta Crop.

Bila anda ingin memperpanjang hasil screenshot tersebut, maka cukup pilih capture more atau menu Scroll Capture. Dengan demikian, anda sudah bisa mendapatkan hasil screenchot HP Samsung sesuai dengan keinginan. Terutama untuk hasil screenshot yang lebih panjang dan luas. (R10/HR-Online)

Loading...