SEO untuk UKM yang Bermanfaat dalam Meningkatkan Penjualan Produk

SEO untuk UKM yang Bermanfaat dalam Meningkatkan Penjualan Produk
Ilustrasi SEO untuk UKM. Foto: Ist/net

Apa sih manfaat dan pentingnya SEO Untuk UKM atau usaha kecil menengah? Saat ini banyak bisnis yang telah bertransformasi ke dunia digital. Ini merupakan keniscayaan dan tak sedikit bisnis yang bangkrut karena tak mengikuti perkembangan teknologi.

Karena itulah UKM juga harus mulai beralih ke industri digital jika tidak mau tergerus perkembangan jaman. Untuk meningkatkan branding dan penjualan, UKM harus memanfaatkan internet. Baik dengan membangun website bisnis maupun sosial media.

Namun untuk memenangkan persaingan, website saja tidak cukup. UKM juga harus berpikir bagaimana meningkatkan SEO website mereka. Tanpa SEO yang baik maka persaingan akan semakin sulit bagi UKM untuk meraih sukses.

Baca juga: Website Bisnis Online Gratis Bagi Pemula untuk Memulai Berjualan

SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization. Ini adalah teknik untuk meningkatkan posisi suatu kata kunci pada mesin pencarian seperti Google. SEO untuk UKM merupakan suatu komponen penting pada era digital saat ini.

Pentingnya dan Manfaat SEO untuk UKM

Misalkan sebuah UKM menjual barang bantal karakter. Tentunya banyak pedagang lain yang juga menjual bantal karakter di internet. Sedangkan biaya yang anda keluarkan mencapai jutaan rupiah untuk membuat website, membeli domain, hosting, dan lainnya.

Bayangkan saat biaya itu akan sia-sia saat seseorang mencari di Google dengan kata kunci “bantal karakter” namun tidak bisa menemukan website Anda. Tentunya penjualan produk anda tidak akan memberikan hasil signifikan.

Semakin orang susah menemukan website anda di Google, akan semakin sulit anda menjual barang. Memang bisa saja berjualan di sosmed seperti Facebook atau Instagram, namun tentu akan terbatas.

Baca juga: Usaha Kecil Menengah, Kelebihan dan Kekurangan Beserta Contohnya

Berbeda dengan Google, kebanyakan orang jika ingin membeli sesuatu maka akan lebih dahulu mencarinya pada mesin pencari seperti Google.

Kebanyakan orang akan membeli produk dari Facebook atau sosial media jika kebetulan melihat postingan anda saat membuka akun mereka. Tentu nilai konversinya sangat kecil. Itu sebabnya SEO untuk UKM sangat penting dalam menunjang usaha.

Keuntungan dan Manfaat SEO untuk UKM

Membangun SEO untuk brand anda memerlukan waktu berminggu – minggu bahkan bisa berbulan – bulan. SEO pun membutuhkan perawatan sedemikian rupa agar pencapaian anda yang sudah baik bisa tetap terjaga.

Lamanya waktu untuk meningkatkan website anda dari sebuah kata kunci juga tergantung persaingan yang ada. Semakin banyak yang mengincar kata kunci tersebut, maka anda harus bekerja keras untuk mendapatkan posisi terbaik pada mesin pencarian Google.

Karena itu berbicara mengenai SEO untuk UKM, ini berhubungan dengan profit untuk jangka panjang. Perlu Anda ingat juga bahwa SEO bukanlah teknik instan. Membangun sebuah SEO untuk usaha anda artinya membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Namun setelah mencapai posisi yang Anda harapkan, maka branding usaha bisa mulai terbentuk. Para pengunjung akan mulai mengenal usaha anda. Tak hanya itu, anda juga bisa menghemat jutaan rupiah perbulan untuk biaya iklan.

Bayangkan berapa juta yang Anda perlukan setiap bulan untuk beriklan agar suatu usaha bisa muncul pada halaman pertama Google. Dengan menerapkan SEO untuk UKM yang baik, maka anda bisa menghemat semua biaya tersebut.

Baca juga: Cara Jualan Online untuk Pemula Tanpa Modal Bisa Jadi Peluang Usaha

Jika anda sangat sibuk dan memiliki budget lebih untuk mengembangkan usaha, beriklan cocok untuk anda. Namun jika budget iklan sangat minim dan siap untuk bekerja keras, anda bisa mulai membangun SEO sendiri.

Ada banyak teknik yang bisa anda pelajari untuk membangun SEO untuk bisnis. Namun jika ingin lebih cepat, anda perlu mempertimbangkan mengikuti kursus SEO. Ini akan lebih efisien karena anda lebih cepat menerapkannya.

Dengan menerapkan SEO untuk UKM maka usaha anda akan semakin maju. Dengan semakin terkenal website Anda akan makin banyak pengunjung yang datang ke toko online anda. Sehingga potensi penjualan dagangan anda akan semakin meningkat. (R11/HR-Online)