Sepatu Kulit Berjamur, Hilangkan dengan Cara Mudah dan Tepat

Sepatu Kulit Berjamu,, Hilangkan dengan Cara Mudah dan Tepat
Sepatu kulit berjamur. Foto ist/net

Sepatu kulit berjamur segera tangani agar tidak semakin parah. Alas kaki dari bahan kulit memang kerap sekali mengalami yang namanya berjamur.

Jamur yang datang biasanya terlihat ketika sepatu sudah dalam kondisi tersimpan di boks atau lemari sepatu. Padahal sepatu merupakan komponen penting yang dapat membantu sebagai aksesoris saat beraktifitas.

Selain itu, aksesoris yang satu ini juga memiliki fungsi penting, yaitu melindungi kaki dari benda tajam maupun benda berbahaya lainnya. Banyaknya jenis sepatu, baik itu dari desain, model, hingga merknya, sepatu kulitlah yang paling populer.

Bahan kulit memang memiliki daya tarik tersendiri ketika seseorang memakainya. Selain nyaman dikenakan, sepatu bahan kulit juga memiliki penampilan yang menarik dan berkelas.

Meski berbahan kualitas yang bagus, kulit juga bisa terkena jamur atau noda sehingga membuat penampilannya buruk. Salah satu kekurangannya yaitu mudah berjamur.

Mungkin bagi anda yang memiliki aksesoris bahan kulit sudah pernah melihat jamur pada permukaannya. Hal ini menjadi salah satu kekurangan bahan kulit dalam pembuatan sepatu.

Baca juga: Sepatu Olahraga Wanita, Pilih yang Nyaman dan Sesuai Ukuran

Sepatu kulit berjamur sering terjadi karena tingkat konsentrasi airnya cukup tinggi. Udara lembab mampu memicu datangnya jamur pada bahan kulit.

Padahal harga sepatu ini cukup tinggi mengingat kualitasnya yang bagus. Oleh karena itu, sebaiknya rawat alas kaki ini agar tidak terkena jamur yang sering menempel.

Jamur akan mudah tumbuh saat sepatu berada dalam kondisi udara yang lembab. Namun jangan khawatir, ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi jamur pada bahan kulit.

Cara Mengatasi Sepatu Kulit Berjamur

Sepatu kulit yang terkena jamur pada bagian permukaan memang mengganggu penampilan. Sebaiknya jangan hanya membeli sepatu saja tanpa anda tahu bagaimana cara merawatnya.

Perawatan secara rutin perlu anda lakukan agar kotoran dan debu yang menempel tidak membuat sepatu mudah rusak. Namun, ketika sepatu berjamur, maka anda jangan panik.

Saat ini sudah banyak terjual beberapa produk khusus pembersih jamur untuk bahan kulit. Namun, jika jamur yang ada pada sepatu belum terlalu berat, maka anda bisa mengatasinya sendiri.

Berikut ini ada cara mudah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sepatu bahan kulit. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

1. Bersihkan dengan Kuas atau Kain

Langkah pertama mengatasi jamur pada permukaan yaitu menggunakan kain atau kuas. Jika sepatu memiliki tali, sebaiknya anda cuci secara terpisah agar tidak membasahi sepatu.

Baca juga: Sepatu Lokal Terbaik Kualitas Nomor Satu Tampilan Fashionable

Cuci tali sepatu dengan sabun dan air hingga bersih. Namun, jika ingin menghilangkan jamurnya, anda bisa menyikat sepatu secara perlahan agar kotoran lepas.

Pada tahap terakhir, barulah gosok alas kaki dengan kain kering yang bersih. Jangan terlalu keras agar tekstur kulitnya tidak rusak.

2. Lemon atau Jeruk Nipis

Cara mengatasi sepatu kulit tumbuh jamurnya juga bisa anda gunakan lemon atau jeruk nipis. Cara menggunakan alat ini cukup mudah. Anda cukup campurkan air bersih dengan perasan jeruk atau lemon.

Gunakan spon atau kain halus untuk mengoleskan bahan yang sudah anda buat tadi. Saat noda pada permukaan sepatu hilang, diamkan hingga mengering. Namun, jangan keringkan dibawah sinar matahari secara langsung.

3. Air Bersih dengan Alkohol

Cara membersihkan sepatu kulit berjamur yang lainnya yaitu menggunakan campuran air dengan alkohol. Gunakan kain putih bersih dan celupkan pada campuran tersebut.

Baca juga: Sepatu Tenis Meja, Pilih yang Pas dan Nyaman Saat Dikenakan

Selanjutnya usap pada bagian permukaan sepatu yang berjamur. Anda bisa gunakan kapas untuk mengatasi bagian celah sepatu. Jika sudah, barulah anda lap dengan kain bersih yang sudah dicelupkan pada air biasa.

Biarkan sepatu mengering, namun hindari dari sinar matahari secara langsung. Hal ini bertujuan agar alas kaki yang ada jamurnya tidak rusak.

4. Sabun

Menghilangkan jamur yang menempel memang cukup sulit. Hanya saja, bahan yang anda butuhkan cukup mudah. Anda bisa bersihkan jamur dengan sikat lembut.

Sikat bagian permukaan dengan perlahan, kemudian bersihkan dengan lap. Sebaiknya lakukan perawatan yang pas agar kualitas sepatu tetap terjaga. Cara ini cukup mudah anda lakukan di rumah.

Sepatu kulit berjamur masih bisa teratasi jika belum terlalu parah. Jika sudah dalam kondisi berat, anda membutuhkan cairan khusus untuk menghilangkannya. (R10/HR-Online)