Sinyal Kosmis Guncang Bumi, Getaran Energi yang Menghancurkan

Sinyal Kosmis Guncang BumiSinyal Kosmis Guncang Bumi
Ilustrasi Sinyal Kosmis Guncang Bumi. Foto Istimewa

Sinyal kosmis guncang Bumi dengan energi yang begitu besar akan terjadi. Butuh waktu sekitar tujuh miliar tahun agar sinyal kosmis tersebut bisa mencapai Bumi. Tidak sedikit ilmuwan yang mengungkapkan bahwa sinyal ini bisa mengguncang Bumi.

Bayangkan apabila sinyal tersebut mencapai Bumi dalam waktu dekat, maka akan terjadi banyak gangguan. Sinyal kosmis ini berasal dari tabrakan dua lubang hitam. Tabrakan ini akan menghasilkan satu tubuh yang lebih besar dari Matahari.

Kurang lebih sekitar 142 kali lebih besar. Berdasarkan ilmu pengetahuan, ada banyak hal yang menyangkut tentang lubang hitam. Mulai dari ukurannya yang kecil hingga besar bahkan ada yang belum terdeteksi.

Baca Juga: Bentuk Muka Bumi Terdiri Beserta Penjelasan Lengkap

Sinyal Kosmis Guncang Bumi Dengan Energi Besar

Pengamatan yang baru ini memberikan informasi mengenai lubang hitam dengan ukuran sedang. Lubang hitam ini memiliki massa hingga 100 sampai 1000 kali dari massa Matahari. Hal ini menjadi perhatian dari para ilmuwan.

Sebenarnya ilmu pengetahuan telah melacak keberadaan lubang hitam dalam waktu lama. Sehingga ada beberapa fakta dan data yang berkaitan dengan lubang hitam. Analisa ini berasal dari LIGO internasional yang berkolaborasi dengan VIRGO.

Analisa tersebut mengoperasikan tiga super sensitif dengan sistem deteksi gelombang. Tepatnya berada pada kawasan Amerika dan Eropa. Sinyal kosmis guncang Bumi ini sebenarnya sudah menggebrak detektor laser Amerika Serikat dan Italia.

Kejadian ini terjadi sekitar bulan Mei pada tahun lalu. Dengan adanya guncangan sinyal ini, penelitian tentang lubang hitam semakin jelas. Salah satunya adalah penelitian mengenai apa itu lubang hitam?

Melansir dari BBC News, lubang hitam merupakan sebuah wilayah ruang dengan runtuhan materi. Lubang hitam memiliki tarikan gravitasi yang sangat kuat sehingga tidak ada deteksi cahaya sama sekali.

Benda atau objek antariksa yang berada mendekatinya pasti akan tertarik. Bahkan untuk melarikan diri saja sangat sulit.  Sehingga lubang hitam memang berbahaya dengan kekuatan gravitasinya. Kemunculan lubang hitam berasal dari ledakan bintang yang berukuran besar.

Kemudian lubang hitam juga memiliki ukuran yang besar. Bahkan melebihi massa matahari dan memiliki pengaruh kepada lingkungannya. Pendeteksian lubang hitam ini bermula dari cara mereka berpengaruh dengan objek sekitar Lubang hitam juga dapat menghasilkan gelombang gravitasi yang dapat terdeteksi.

Gelombang ini berbentuk spiral dan bisa memberikan sebuah tanda. Sama halnya dengan sinyal kosmis guncang Bumi yang lebih dulu menggetarkan laser Amerika Serikat. Saat itu, instrumen inferometer laser mendengarkan sebuah getaran.

Getaran ini merupakan hasil dari peristiwa kosmik yang menjadi sebuah bencana. Pemicunya adalah sinyal tajam dengan waktu yang sangat singkat yakni sepersepuluh detik. Profesor Nelson Christensen dari Observatorium Perancis menyebutkan bahwa hal ini sangat mencengangkan.

Baca Juga: Struktur Penyusun Bumi, Lengkap dengan Karakteristik dan Materialnya

Sinyal Kosmis Guncang Bumi, Bagaimana Dengan Gelombang Gravitasi?

Algoritma komputer menjadi salah satu sumber penentuan sinyal kosmis. Jarak yang berhasil ditentukan adalah 150 miliar triliun km. Penentuan ini merupakan hasil merger dari massa Matahari dan lubang hitam.

Apabila sinyal kosmik ini akan mengguncang Bumi lalu bagaimana dengan gelombang gravitasi? Gelombang gravitasi merupakan prediksi dari Teori Relativitas Umum. Butuh waktu yang lama agar bisa mendeteksi gelombang tersebut. Dalam hal ini, teknologi sangat berperan penting.

Sinyal kosmis guncang Bumi akan berdesir dalam ruang waktu. Hal ini merupakan salah satu akibat dari peristiwa hebat yang akan terjadi. Gelombang ini akan merambat dengan kecepatan cahaya. Massa dari gelombang tersebut juga akan berakselerasi yang menghasilkan gelombang tersebut.

Gelombang ini memiliki sumber yang dapat terdeteksi. Deteksi ini berasal dari penggabungan bintang neutron dan lubang hitam. Inti dari deteksi gelombang ini dapat membuka pengamatan terkait dengan penyelidikan alam semesta baru.

LIGO VIRGO akan menembakkan laser ke dalam terowongan panjang. Hal ini akan mengganggu bagian gelombang cahaya. Kemudian pendeteksian dapat berjalan dengan lancar. Para ilmuwan lebih meningkatkan kerja sama dengan pemahaman lebih luas.

Sinyal kosmis guncang Bumi membutuhkan massa yang berkisar sangat besar. Bermula dari lubang hitam yang merupakan hasil bintang sekarat. Butuh kekuatan yang besar agar bintang tersebut menghancurkan diri sendiri. Proses kehancuran tersebut juga tidak meninggalkan sisa apa pun. (R10/HR Online)

Loading...