Sistem UI Terhenti, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Sistem UI Terhenti
Sistem UI Terhenti, Foto: Ist/net

Mendapati sistem UI terhenti pada HP anda, sudah pasti ini menjadi salah satu gangguan yang harus segera anda tangani. Pada dasarnya, sistem UI ini merupakan sistem user interface atau tatap muka.

Yang mana telah memuat pengaturan segala hal mengenai tampilan. Sistem UI sendiri memiliki hubungan yang erat dengan tampilan layar HP Android.

Baik itu dari font, status bar, tema, menu, icon, dan juga yang lainnya. Ketika sistem tersebut mengalami error atau muncul pesan error, biasanya HP akan blank seketika.

Kemudian layar akan berubah warna menjadi hitam gelap. HP Android yang mengalami error, terutama pada sistem UI bisa saja terjadi ketika anda mengganti tema HP Android tersebut.

Cara Mengatasi Sistem UI Terhenti pada HP

Terdapat berbagai faktor yang menyebabkan sistem UI pada HP ini mengalami masalah atau error. Salah satunya adalah sistem Android Bug.

Baca juga: HP Lemot? Ini Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasinya

Sistem Android yang mengalami bug, seringkali terjadi karena pemakaian, sehingga ini dapat berdampak pada sistem UI-nya. Penyebab lainnya adalah RAM yang penuh.

Sistem UI berjalan dengan menggunakan dan mengambil sebagian wadah dari kapasitas RAM. Bila RAM terlalu penuh, tentu akan membuat sistem UI berhenti bekerja.

Sistem yang tidak stabil pun juga menjadi penyebab sistem UI terhenti. Kestabilan sistem dapat membuat sistem UI menjadi error atau bermasalah, dan ini cukup sering terjadi.

Update sistem yang terjadi dari pengembang tidak selalu berjalan lancar. Terkadang terdapat pula masalah yang membuat HP menjadi error, tak terkecuali dengan sistem UI.

Dengan memperhatikan beberapa penyebabnya ini, kita dapat mencegah masalah pada sistem UI agar tidak terjadi. Akan tetapi, bila sudah terlanjur ada masalah, tak perlu khawatir. Berikut ini adalah cara mengatasinya dengan mudah dan terbukti efektif.

Menghapus Cache Sistem UI

Cara untuk mengatasi sistem UI terhenti yang dapat anda lakukan adalah dengan menghapus cache sistem UI. Cara ini anda lakukan ketika masih memungkinkan untuk masuk pada menu Pengaturan tanpa terjadi masalah pesan error.

Langkah ini juga dapat membuat sistem UI menjadi lebih fresh. Langkahnya pun cukup mudah, pertama anda masuk ke Pengaturan yang ada pada HP Android.

Baca juga: HP Lemot? Ini Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasinya

Bila anda sudah masuk ke Pengaturan, silahkan gulir ke bawah, kemudian cari saja Menu Aplikasi. Langkah selanjutnya, silahkan anda memilih aplikasi sistem.

Biasanya terdapat tiga pilihan, yaitu semua, sistem, dan juga terinstall. Dari ketiga pilihan ini, maka pilih saja aplikasi sistem.

Berikutnya, gulir ke bawah sampai anda menemukan sistem UI. Kemudian pilih sistem UI dan klik Hapus Cache. Sistem UI yang bermasalah pun dapat anda atasi dengan mudah dan cepat.

Mencopot Pemasangan pada Salah Satu Aplikasi Terinstall

Mencopot pemasangan pada salah satu aplikasi terinstall yang menggunakan banyak RAM dapat mengatasi sistem UI terhenti. Pada dasarnya, RAM berfungsi untuk proses penyimpanan sementara yang kemudian akan tersimpan pada cache aplikasi.

Untuk mengatasi sistem UI yang error, anda perlu memutuskan satu atau dua aplikasi yang diuninstall agar RAM menjadi lebih ringan dan lega.

Sebelum melakukan cara ini, pastikan anda mengetahui mana aplikasi yang menggunakan RAM dalam kapasitas besar. Anda bisa melihatnya ke Pengaturan kemudian mencari menu aplikasi.

Kemudian geserlah ke kanan sampai temukan Aplikasi Berjalan (Menjalankan). Pada bagian ini, anda bisa mengetahui berbagai jenis aplikasi yang menggunakan RAM Android dalam jumlah yang besar.

Perbarui Sistem Android

Cara mengatasi sistem UI terhenti lainnya adalah dengan memperbarui sistem Android. Ketika anda tengah menggunakan versi Android yang masih lama, bisa jadi ini menjadi penyebab sistem UI bermasalah.

Baca juga: HP Sering Mati Sendiri, Cek Dulu Penyebab Kerusakan yang Terjadi

Apabila ponsel tidak terawat dengan baik dari segi software maupun hardware, maka dapat menyebabkan masalah. Bahkan kerusakan yang jauh lebih parah.

Meskipun update sistem Android membutuhkan banyak kuota, akan tetapi cara ini penting untuk anda lakukan. Selain itu, manfaatnya pun juga sangat besar bagi HP anda.

Seperti halnya mengatasi bug pada sistem UI terhenti dan sebagainya. Maka dari itu, jangan sampai anda lupa untuk update sistem Android. (R10/HR-Online)