Strategi Digital Marketing yang Efektif dan Wajib Dikuasai Pelaku Bisnis

Strategi Digital Marketing yang Efektif dan Wajib Dikuasai Pelaku Bisnis
Ilustrasi Strategi Digital Marketing. Foto: Ist/net

Strategi digital marketing yang efektif akan membuat sebuah bisnis mampu bersaing untuk meraih sukses. Karena itu sangat penting bagi setiap pelaku bisnis untuk mengenal dan memanfaatkan berbagai hal yang berkaitan dengan digital marketing.

Berbicara bisnis saat ini tentu tidak bisa lepas dengan perkembangan dunia digital. Era digital sekarang ini tidak hanya terfokus pada bisnis sektor teknologi informasi, namun juga merambah hampir pada semua bidang.

Marketing era digital tidak terbatasi ruang dan waktu. Setiap bisnis bisa menawarkan produknya kepada siapa saja, kapan saja dan di mana saja. Anda pun bisa menawarkan produk jika misalnya di bulan ada manusia dan internet.

Berbicara mengenai bisnis pada era digital tentu tak bisa lepas dari strategi digital marketing. Strategi marketing era digital sangat berbeda dengan strategi pemasaran dunia nyata yang bersifat konvensional.

Perbedaan yang paling mendasar adalah pada sarana komunikasinya. Pemasaran konvensional biasanya dengan menawarkan jasa atau barang secara face to face atau lisan.

Baca juga: Strategi Konten Marketing yang Menarik untuk Meningkatkan Penjualan

Strategi pemasaran digital memiliki keunggulan karena kita bisa merangkul pasar seluas-luasnya. Karena itulah pemasaran digital akan bisa menyasar semakin banyak orang yang berpotensi untuk membeli produk Anda.

Efektivitas Strategi Digital Marketing

Ada tantangan tersendiri dalam menerapkan strategi digital marketing. Saat Anda terkoneksi dengan konsumen melalui internet, maka Anda juga akan bersaing dengan penjual dari seluruh dunia. Berikut ini media marketing yang efektif untuk memenangkan persaingan.

Marketing Sosial Media

Jika ingin memenangkan persaingan pada era digital maka Anda tak bisa lepas dari sosial media. Sosial media adalah jenis media digital yang sangat populer, termasuk di Indonesia. Sosial media menjadi sarana bersosialisasi dengan gadget.

Strategi digital marketing dengan memanfaatkan sosial media juga sangat penting terutama untuk bersosialisasi dengan calon pembeli. Semakin lama berkomunikasi, akan semakin besar kemungkinan target akan membeli produk Anda.

Menurut penelitian, 42 orang dari 100 orang di muka bumi memiliki akun sosial media. Indonesia sendiri ada 56 orang dari 100 orang memiliki akun media sosial. Persentase pemilik akun sosial media akan terus meningkat di perkotaan.

Selain itu, bisnis Anda juga bisa lebih dekat dengan konsumen atau pelanggan. Hal ini berguna membuat mereka lebih percaya terhadap produk Anda. Dengan sosial media Anda bisa membangun loyalitas pelanggan dengan lebih efektif.

Email Marketing

Email marketing adalah salah satu strategi digital marketing yang tak kalah ampuh. Jika tertarget dengan baik, maka potensi tujuan bisnis untuk terkonversi menjadi transaksi juga cukup tinggi.

Tak heran jika ada orang yang berjualan database yang berisi jutaan alamat email. Meskipun begitu, anda harus berhati-hati dalam membeli database alamat email. Penerapan email marketing secara massal termasuk aktivitas spam.

Baca juga: Bingung dalam Strategi Penetapan Harga? Yuk Cari Inspirasinya Disini!

Membeli database email bukan berasal dari orang yang dengan sukarela memberikan alamat emailnya untuk Anda. Metode spam seperti ini bisa saja justru merusak branding yang telah Anda bangun selama ini.

Email marketing juga termasuk strategi marketing era digital dengan biaya cukup rendah. Email marketing bisa Anda andalkan terutama untuk Anda yang memiliki bujet marketing yang terbatas.

Marketing Menggunakan Iklan

Marketing menggunakan iklan merupakan strategi digital marketing yang juga efektif. Ini adalah cara pemasaran instan karena Anda tidak perlu bersusah payah mencari target. Penyedia jasa iklan yang akan melakukannya sesuai target pasar Anda.

Baca juga: Website Bisnis Online Gratis Bagi Pemula untuk Memulai Berjualan

Jasa iklan yang paling terkenal adalah Google ads, produk Google. Google merupakan mesin pencari terbesar yang memiliki database lengkap. Data mereka inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk meraih target pasar dengan biaya tertentu.

Menggunakan jasa iklan memang tidaklah gratis. Namun jika anda tahu strategi yang tepat, maka menggunakan iklan seperti Google Ads bisa meningkatkan penjualan secara signifikan dan cepat. Dengan iklan berbayar juga berguna membangun branding.

Itulah berbagai bentuk strategi digital marketing perusahaan yang terpopuler dan banyak menjadi pilihan karena efektivitasnya. Memanfaat berbagai media yang ada juga penting untuk memenangkan persaingan bisnis yang ketat. (R11/HR-Online)